Bingung mencari camilan di toko kue atau swalayan? Kenapa nggak coba bikin sendiri, guys? Kali ini, kamu akan diberi resep camilan lezat dan gurih tapi tetap sehat dan bergizi.

Daripada harus ngantri di penjaja makanan pinggir jalan, mendingan kamu buat sendiri di dapur rumah. Selain mudah dan cepat saji, juga terjamin kualitasnya.

Camilan yang dimaksud tersebut tidak lain adalah pisang keju. Kamu semua pasti tahu dong, pisang merupakan buah yang kaya serat alami. Kalau kamu sulit BAB nih, cocok banget mengonsumsi buah pisang.

Selain itu, buah pisang juga menjadi makanan sumber energi, lho. Terbukti bahwa dalam setiap satu buah pisang mengandung sekitar 100 kalori. Jadi, tidak heran, orang yang makan buah pisang satu sisir saja bisa langsung kekenyangan.

Pisang juga baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Pokoknya lengkap deh vitamin yang ada dalam pisang.

Bosan dengan buah pisang yang gitu-gitu saja? Kamu boleh coba resep pisang keju berikut ini. Ada pisang keju risoles dan sate pisang keju. Atau jika ingin variasi yang lain, kamu bisa menambahkan coklat dan stroberi sesukamu.

Mudah dan praktis, itulah resep pisang keju. Yuk, langsung saja, simak ulasannya!

1Pisang Keju Risoles

catatanpandan.wordpress.com

Risoles biasanya berisi sayuran. Tapi, kali ini, kamu akan membuat risoles isi pisang keju. Pastinya berasa lebih gurih dan enak.

Sediakan pisang kapok yang manis, kulit risoles, keju parut, susu kental manis merek apa saja, coklat meses (boleh juga yang chips), tepung roti kasar, dan putih telur.

nyonyasutisna.blogspot.com
nyonyasutisna.blogspot.com

Langkah pertama, gepengkan pisang yang sudah kamu sediakan. Kemudian, letakan keju parut di satu lembar kulit risoles disusul pisang gepeng.

Selanjutnya, tuangkan susu kental manis secukupnya saja. Taburkan coklat meses di atasnya dan juga keju parut di atas coklat meses sampai pisang tertutup.

Lalu, bungkus pisang keju menggunakan kulit risoles tadi. Berikutnya, gulung semua risoles pisang keju ke dalam putih telur dilanjutkan menggulingkannya di atas tepung roti. Begitu seterusnya sampai risoles terakhir.

resepmasakanindonesia.info
resepmasakanindonesia.info

Risoles digoreng hingga warnanya kuning keemasan. Angkat dan sajikan.

2Sate Pisang Keju

tokopedia.net

Lazimnya sate berisi daging sapi, kambing atau ayam. Sate yang satu ini justru berisi buah pisang. Tepatnya pisang keju.

Ingin mencobanya? Sediakan bahan-bahan berupa buah pisang (apa saja sesuai selera), tepung terigu, tepung beras, tusukan sate (seperlunya saja), telur ayam, garam, keju parut, coklat meses, dan mentega.

irma79.blogspot.com
irma79.blogspot.com

Pertama, kamu harus memotong buah pisang menjadi bulatan-bulatan berukuran sedang. Usahakan satu tusuk sate berisi 3 pisang keju. Sisihkan potongan pisang tersebut dalam tempat tersendiri.

Kedua, sediakan wadah baskom, lalu masukan tepung beras, tepung terigu, garam, telur (kocok lepas), garam, dan air. Aduk adonan sehingga terasa licin. Namun, jangan sampai menggumpal.

Selanjutnya, tusukan potongan pisang pada masing-masing tusuk sate.

Jika potongan pisang sudah ditata dalam tiap tusuk sate, celupkan ke dalam adonan tepung. Hasil celupan tepung harus merata ke seluruh bagian potongan pisang.

Tahap berikutnya adalah menggoreng sate pisang. Masukan sate pisang ke dalam penggorengan. Tunggu sampai warna pisang berubah kuning keemasan.

Angkatlah sate pisang kalau sudah matang. Kemudian, dinginkan selama beberapa saat.

youtube.com
youtube.com

Setelah dingin, oleskan mentega ke seluruh bagian sate pisang dan taburkan keju parut di atasnya. Pada lapisan berikutnya, taburkan meses coklat sampai pisang tertutup rapat.

Lakukan semua tahapan di atas pada semua sate pisang. Apabila kamu sudah selesai melakukan langkah-langkah tadi, sajikan sate pisang keju sebagai camilan di pagi atau siang hari.

Selamat mencoba!