Tim astronom di dunia, sampai detik ini tengah disibukkan dengan pencarian planet yang memiliki kehidupan. Para astronom ini ingin mencari rumah ke dua bagi bumi.

naukawpolsce.pap.pl
naukawpolsce.pap.pl

Kenapa mencari rumah ke dua bagi bumi ya? Ya mungkin karena bumi sudah terlalu penuh menampung manusia. Polusi sudah mulai tidak bisa terbendung, sumber daya sudah mulai menipis dan bisa jadi banyak alasan lainnya.

Menarik sekali ya bisa punya rumah kedua. Jadi udah ngebayangin aja tinggal di planet yang bukan planet bumi lagi. Kalau lebaran berarti mudiknya keren ya. Pesawat mah nggak level.

ngapainaja.com
ngapainaja.com

Tapi, apakah sampai sekarang sudah ditemukan planet yang mirip bumi dan memiliki tanda-tanda kehidupan? Kalau nggak ada kehidupan, berarti kan kita nggak bisa tinggal di sana.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai planet-planet yang sudah ditemukan dan diduga mirip bumi, maka langsung saja kita lihat ulasannya berikut ini ya!

1Kepler 10c

sci-news.com

Nah, salah satu planet yang sudah ditemukan oleh para astronom adalah Kepler 10c. Kepler 10c ini ditangkap oleh teleskop antariksa dan diduga memiliki berat 17 kali lipat lebih dibandingkan bumi. Wow, berarti planet ini raksasa sekali ya!

Diameter dari planet ini mencapai 29.000 kilometer atau kira-kira 2,3 kali lebih besar dari planet bumi. Dengan ukurannya yang besar, kira-kira planet ini bisa ditinggali oleh makhluk hidup nggak ya?

youtube.com
youtube.com

Oiya, dugaan sementara dari ahli astronomi, Planet Kepler 10c ini diduga sebagai planet batuan. Selain itu, planet ini pun memiliki implikasi positif terhadap kehidupan.

Planet Kepler 10c ini terbentuk 11 juta tahun silam. Sebuah fakta yang perlu kita ketahui, bahwa planet ini hanya membutuhkan waktu 45 hari untuk mengelilingi matahari, jauh berbeda dengan bumi kan? Kalau bumi butuh 365 hari.

Planet ini sangat singkat mengelilingi matahari, karena planet ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan matahari. Dengan jaraknya yang sangat dekat dengan matahari ini, maka dugaan bahwa planet ini bisa dihuni oleh makhluk hidup terpatahkan sudah.

Selain itu, satu hal yang perlu kita ketahui, yaitu jarak planet ini sangat dekat dan Kepler 10b. Kepler 10b adalah planet berlumur lava yang berputar cepat. Planet ini pun hanya butuh waktu 20 hari untuk mengelilingi bintang induknya.

2Kepler 453

astronomynow.com

Jika kamu tahu Tatooine di kisah Saga Star Wars, maka kamu akan menemukan kemiripannya dengan planet ini, Kepler 453. Dikatakan mirip, karena planet ini memiliki dua matahari atau bintang induk.

Para ahli astronomi memiliki keyakinan bahwa planet ini tidak mendukung adanya kehidupan. Kenapa? Karena planet raksasa ini penuh dengan gas. Namun walaupun demikian, bukan berarti kalau organisme tidak bisa hidup di sini lho, tetap masih ada kemungkinan.

Seperti yang dikutip oleh NBC News, planet ini kemungkinan memiliki bulan-bulan yang berbatu, hal inilah yang bisa menciptakan kehidupan di sana.

Jika satu tahun di bumi terdiri dari 365 hari, maka jumlah hari di Kepler 453 ini hanya 240 hari setahunnya, lebih cepat dari bumi. Oiya, matahari sebagai bintang induknya di sana lebih besar 94 persen dan 20% dari matahari sebagai bintang induk bumi.

natureworlnews.com
natureworlnews.com

Berarti planet-planet yang ditemukan di atas berbeda galaksi dengan planet bumi ya. Mereka punya matahari sendiri, berbeda dengan matahari yang selama ini kita lihat.

Wow! Ternyata kekuasaan Allah atas alam semesta ini tidak berbatas ya, sampai-sampai kita hanya mengetahui sepersekiannya saja dari seluruh ciptaan-Nya.