Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata kawah? Apakah itu cekungan? Atau gunung berapi?

Mungkin kawah yang biasa kamu tahu adalah kawah tempat keluarnya magma yang berada di bagian puncak gunung berapi .

Akan tetapi selain kawah dari gunung berapi, ternyata ada juga kawah meteor di planet bumi ini. Lalu apakah yang disebut dengan kawah meteor itu?

Kawah Meteor adalah penyebutan untuk lokasi jatuhnya sebuah meteor yang membentuk cekungan dengan diameter cukup besar sehingga menyerupai kawah gunung berapi.

Kawah meteor terbentuk akibat adanya hantaman antara meteor yang jatuh dari angkasa dengan kecepatan yang sangat tinggi dan melesat ke dalam tanah.

Kecepatan yang terbilang super itulah yang menciptakan sebuah cekungan mirip kawah.

Berikut ini adalah 7 kawah meteor terbesar yang ada di planet bumi.

1Barringer, Arizona

zozoco.blogspot.com

Kawah Barringer merupakan sebuah kawah yang berada di gurun utara Arizona, Amerika Serikat. Kawah ini terbentuk sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Letak dari Kawah Barringer berada di ketinggian sekitar 1.740 meter di atas permukaan air laut dengan diameter sekitar 1.200 meter dan kedalaman sekitar 170 meter.

Ternyata Kawah Barringer dimiliki secara pribadi oleh keluarga Barringer melalui perusahaan Barringer Creater.

2Gosses Bluff, Australia

daftarhtkaskus.blogspot.com

Gosses Bluff adalah kawah yang terletak di bagian selatan Northern Territory. Kawah yang terbentuk akibat dari hantaman sebuah komet berdiamter 22 kilometer.

Kecepatan komet mencapai 40 km/detik ini terjadi sekitar 142 juta tahun yang lalu dan menghasilkan ledakan dahsyat yang sama dengan ledakan 22.000 megaton TNT.

Diameter kawah Gosses Bluff adalah 24 kilometer dengan kedalaman sampai 5.000 meter.

3Aorounga Impact Creater, Chad

earthobservatory.nasa.gov

Kawah Aorounga terbentuk sekitar 200-300 juta tahun lalu yang terletak di Gurun Sahara. Peneliti mengungkapkan bahwa kawah ini terbentuk dari hantaman sebuah asteroid berdiameter sepanjang 1,6 kilometer di tanah.

Kawah Aorounga adalah satu dari serangkaian tiga kawah yang terbentuk karena tabrakan berantai dari meteor. Diameter dari Kawah Aoronga sekitar 17 kilometer.

4Bosumtwi, Ghana

brainwritting.com

Tabrakan meteorit yang terjadi sekitar 1,3 juta tahun yang lalu membuat lubang dengan diameter sepanjang 10,5 kilometer di tanah yang berada di sebelah tenggara Kumasi, Ghana.

Lubang hasil tabrakan meteorit tersebut terisi dengan air sehingga menjadi danau yang merupakan satu-satunya danau alam negara Ghana. Nama dari danau hasil dari hantaman meteorit itu adalah Danau Bosumtwi.

Danau tersebut dikelilingi dengan hutan hujan yang lebat. Sehingga Danau Bosumtwi ketika dilihat menggunakan satelit nampak seperti lubang dalam kertas hijau yang ternyata adalah hutan.

5Clearwater, Kanada

ndominic75.blogspot.com

Clearwater merupakan dua buah danau berbentuk lingkaran yang berada di Canadian Shield di Quebec. Terjadinya danau clearwater karena tabrakan dari pasangan asteroid yang menghantam bumi sekitar 290 juta tahun yang lalu.

Diameter dari kawah Clearwater yang berada di sebelah barat adalah 32 kilometer, sedangkan kawah kedua berada di sebelah timur dengan diameter 22 kilometer.

6Kara-kul, Tajikistan

wikiwand.com

Tajikistan merupakan daerah dekat perbatasan China, disana terdapat kawah berdiameter 25 kilometer yang disebut Kara-kul atau dikenal dengan nama lain Qarokul.

Kawah yang terbentuk sekitar 5 juta tahun ini berada di ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut.

7Kawah Vredefort, Afrika Selatan

commons.wikimedia.org

Kawah dengan tabrakan terbesar yang pernah ditemukan di planet bumi adalah Kawah Vredefort, diameter kawah ini lebih dari 300 kilometer.

Kawah Vredefort terletak di Provinsi Free State, Afrika Selatan. Kawah ini dikenal juga dengan sebutan Kubah Vredefort.

Pada tahun 2005, Kubah Vredefort telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena nilai geologisnya.

SHARE