Semua pasti sudah pernah mendengar nama Neptunus. Soalnya planet yang satu ini memang lazim diajarkan di pelajaran-pelajaran sekolah sebagai salah satu planet dalam tata surya.

Namun jika ditanya lebih jauh, hanya sedikit dari kita yang tahu tentang fakta-fakta menarik dari Planet Neptunus. Berikut ini telah kita kumpulkan fakta paling menarik yang telah ditelaah para pakar astronomi tentang Planet Neptunus.

1Dari Nama Dewa Neptunus

nacculla.wordpress.com

Tahukah kamu bahwa semua nama planet di tata surya menggunakan nama dewa-dewa dalam kepercayaan Romawi kuno. Tak terkecuali Planet Neptunus yang juga berasal dari dewa Neptunus.

Dewa Neptunus dalam kepercayaan romawi kuno adalah dewa air atau dewa yang menguasai lautan. Itu karena planet ini sering digambarkan dengan warna biru tua seperti warna lautan.

Tidak jelas alasan para astronom masa lalu menamakan banyak benda langit dengan nama dewa, padahal kebanyakan dari mereka seperti Galileo adalah beragama Nasrani.

Kemungkinan akibat konflik antara ilmuwan astronomi dengan kalangan gereja, sehingga boleh jadi penamaan itu sebagai bentuk perlawanan. Atau karena para ilmuwan ini ingin mengembalikan kemajuan ilmu pengetahuan seperti di zaman Romawi dan Yunanin kuno.

2Neptunus Planet Terjauh dari Matahari

wikipedia.org

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang hal ini, semenjak Pluto oleh persatuan astronom se-dunia (IAU) dikeluarkan dari planet tata surya, maka otomatis Planet Neptunus menjadi planet terjauh dari matahari.

3Neptunus Juga Memiliki Cincin

liya07caito.tripod.com

Dalam penggambaran tata surya, hanya Planet Saturnus yang sangat jelas digambarkan memiliki cincin. Padahal tiga planet lain, yakni Neptunus, Uranus, dan Jupiter memiliki cincin juga.

Hanya saja karena bahan pembantuk cincin tidak sekokoh milik Saturunus, sehingga akan sulit untuk melihat cincin pada ketiga planet itu. Butuh instrumen khusus untuk dapat melihat cincin pada Planet Neptunus.

Ada beberapa cincin yang ditemukan pada Planet Neptunus. Tiga cincin utama adalah cincin Adams, 63000 km dari pusat Neptunus, cincin Le Verrier pada ketinggian 53000 km, dan Cincin Galle pada ketinggian 42000 km.

4Bulan yang Mengorbit Berlawanan Arah

wikipedia.org

Seperti planet lainnya, Neptunus juga memiliki banyak satelit atau bulan yang mengelilinginya. Dari 13 bulan di Planet Neptunus, yang terbesar adalah Triton.

Uniknya bulan Triton adalah satu-satunya bulan din tata surya yang mempunyai orbit berlawanan arah dengan planet induknya.

Dari situ para ilmuwan menduga, bahwa Triton bukan terbentuk di sekitar Neptunus, tapi merupakan objek yang tertarik dari sabuk Kuiper.

5Triton Bakal Hancur dan Membentuk Cincin Terbesar

annesastronomynews.com

Ada dua peristiwa spektakuler yang diduga akan terjadi pada Planet Neptunus kelak. Yang pertama yakni hancurnya satelit terbesarnya Triton, karena tren satelit tersebut yang semakin mendekati gravitasi Planet Neptunus.

Jika itu benar terjadi, hancurnya Triton akan membentuk cincin yang diperkirakan lebih spektakuler dari cincin Saturnus.

6Butuh 165 Tahun untuk Mengelilingi Matahari

wikipedia.org

Karena jaraknya yang paling jauh di antara planet lainnya, maka butuh waktu lama atau sekitar 165 tahun bagi Neptunus untuk dapat mengorbit penuh mengitari Matahari.

Itu berarti semenjak ditemukannya Planet Neptunus pada tahun 1846, planet ini baru sekali mengorbit penuh, yakni pada tahun 2011 kemarin.

7Ditemukan Karena Planet Uranus

luthfya.blogspot.com

Awal pertama kali ditemukan sebagai planet baru, para ilmuwan sebenarnya sudah menangkap Neptunus melalui teleskop. Ketika itu mereka menemukan sesuatu yang aneh tentang orbit Uranus.

Para astronom itu percaya ada sesuatu yang menarik-narik Uranus. Mereka lalu menghitung posisi planet dan membandingkan dengan orbit Uranus. Segera setelah itu, ditemukan Neptunus sebagai planet baru.

8Dugaan Bahwa Pluto adalah Satelit Neptunus

youtube.com

Sudah terkonfirmasi dengan pasti bahwa Pluto bukanlah sebuah planet dalam tata surya. Lalu muncul teori lain yang mengatakan bahwa Pluto bisa jadi adalah satelit yang berasal dari Planet Neptunus.

Pluto adalah satelit yang lolos dari tarikan gravitasi Neptunus. Tetapi dicegah untuk melarikan diri dari tata surya oleh tarikan gravitasi Matahari.