Planet ini mungkin adalah planet yang paling kita ingat dalam pelajaran. Ciri cincin yang melingkarinya adalah hal menarik yang mudah kita ingat.

Namun, tahukah kamu? Ada sejumlah fakta menarik dari Planet Saturnus yang selama ini jarang kita ketahui. Berikut beberapa fakta menarik dan unik dari planet Saturnus.

1Saturnus Memiliki 62 Bulan

garm.nu

Sebagai planet terbesar kedua di tata surya, Saturnus juga memiliki jumlah bulan yang banyak. Total ada 62 bulan, sedikit di bawah Jupiter yang memiliki 67 bulan.

Diantara 62 bulan, 16 bulan sudah dikonfirmasi dan diberi nama oleh badan antariksa. diantaranya ada bulan Titan yang merupakan satelit terbesar yang dimiliki Saturnus.

Lainnya bulan Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, dan Rhea. Bulan Titan dan Enceladus kini tengah banyak disorot peneliti, karena dianggap memiliki kesamaan fisik dengan Bumi,

Peniliti menduga kedua bulan itu memiliki tanda-tanda kehidupan dan kondisi yang menunjang kehidupan.

2Paling Tidak Padat dan Tidak Mungkin Dipijak

melangkahdengankaki.blogspot.com

Saturnus disebut sebagai planet yang paling tidak padat. Perbandingannya benda yang tidak padat seperti air memiliki kerapatan 1gram/cm³ sedangkan Saturnus memiliki kerapatan hanya 0,678 gram/cm³.

Artinya bahkan planet Saturnus lebih tidak padat daripada air. Benda-benda seperti helium, hidrogen dan es yang mengisi planet tersebut, hanya mengapung saja seperti di kolam raksasa.

Sudah pasti planet ini tidak dapat dipijaki apalagi dihuni layaknya Bumi.

3Uniknya Cincin Saturnus

versesofuniverse.blogspot.com

Para Ilmuwan zaman dahulu seperti Galileo sudah dapat melihat cincin milik Saturnus. Namun dia tidak tahu bahwa itu adalah cincin. Galileo mengira yang dia lihat adalah dua bulan yang ada di kedua sisi Saturnus.

Baru pada tahun 1955 dengan teleskop yang lebih baik, Christian Huygens memastikan bahwa apa yang melingkari Saturnus bukan dua bulan melainkan cincin.

Cincin yang sangat besar, bahkan jika dilihat dari bumi hanya cincinnya saja yang terlihat. Namun uniknya, cincin besar itu ternyata hanya memiliki ketebalan yang sangat tipis, yakni hanya setebal 1 kilometer.

Keunikan lain dari cincin Saturnus yakni keberadaannya yang kadang menghilang dalam pengamatan mata.

Sesungguhnya bukan benar-benar hilang, hanya saja karena penglihatan dari bumi cuma satu sisi dan keadaan Saturnus yang terus bergerak, membuat Saturnus beberapa kali terlihat hanya bagian tepinya saja.

Bagian tepi yang tipis dan tak terlihat, memunculkan kesan cincin Saturnus menghilang. Ini pernah terjadi pada tahun 2008-2009, dan akan terjadi lagi kira-kira pada tahun 2024-2025.

Ada dua pendapat tentang usia cincin Saturnus. Yang pertama beranggapan usia cincin lebih tua dari usia Saturnus sendiri, yakni seumur dengan lahirnya tata surya 4,5 miliar tahun yang lalu.

Yang kedua usia cincin relatif masih baru dibanding dengan usia Saturnus. Mereka menduga cincin tersebut terbentuk dari es yang terlepas dari Saturnus karena saking cepatnya rotasi.

Dugaan lain cincin berasal dari meterial pembentukan bulan. Namun kebanyakan astronom menyangsikan asumsi tersebut karena bahan pada cincin Saturnus terlalu bersih untuk kemungkinan tersebut.

4Planet Paling Datar dan Rata

rizaldy45.blogspot.com

Kalau kamu melihat gambar-gambar planet ini, bentuknya benar-benar bulat rata. Saturnus memiliki putaran rotasi yang sangat cepat, saking cepatnya sampai khatulistiwanya sangat terlihat.

Dengan kecepatan rotasi 6200 mil per jam, menyebabkan daratan planet tersebut begitu datar dan rata.

Belum lagi karena jarak diameter yang luas yakni 120.536 km dan diameter kutub 108.728 km makin menjadikan planet Saturnus sebagai planet paling datar di tata surya.

5Kemungkinan Adanya Kehidupan

wikimedia.org

Tidak ada yang mengetahuinya pasti, namun para astronom menganggap tidak tertutup kemungkinan bahwa di Saturnus pernah, sedang, dan akan anda kehidupan layaknya di Bumi.

Yang jelas bukan di Planet Saturnus itu sendiri, karena di dalamnya hanya bermaterikan gas. Namun temuan yang tengah diselidiki adalah dua satelit Saturnus yakni Titan dan Enceladus.

Pada bulan Titan diduga mengandung curah hujan, sungai, lautan, atmosfer tebal, permukaan bebatuan, dan lempeng tektonik seperti Bumi.

Dugaan itu diperkuat dengan ditemukannya angin kutub yang menarik gas dari atmosfer langsung ke luar antariksa.

Sebelumnya, para ahli juga menemukan materi kimia yang dipercaya bisa memberikan tipe selaput yang sama cocoknya untuk perkembangan sel dalam tubuh manusia.

id.wikipedia.com
id.wikipedia.com

Sedangkan pada satelit Enceladus, telah ditemukan adanya ledakan es gyser yang keluar dari Encladus. Pesawat luar angkasa NASA, Cassini berhasil mengambil gambar tersebut pada tahun 2006.

Itu berarti ada sumber hangat pada Encladus yang membuat es tersebut mencair dan menguap. Prinsip kehidupan pada prinsip bumi, di mana ada air di situ ada kehidupan.