Tata surya adalah sebuah sistem alam luar biasa yang diatur sedemikian rupa dengan segala keteraturannya. Termasuk bintang, planet dan semua benda langit di dalamnya.

Dalam sistem tata surya kita, matahari merupakan pusatnya dengan delapan planet lain yang mengelilinginya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Jupiter selama ini dikenal sebagai planet terbesar dalam sistem tata surya. Berikut ini akan disajikan sejumlah fakta unik tentang Jupiter, sang planet terbesar dalam tata surya.

1Ukuran dan Posisi

akromadabi.com

Jika dilihat dari matahari, Jupiter berada di posisi kelima terdekat dari matahari. Volume Jupiter cukup untuk ditempati 1.300 volume bumi.

Karena ukurannya yang besar, Jupiter juga memiliki gravitasi besar. Gravitasi yang dimiliki adalah dua setengah kali lebih kuat dibandingkan dengan bumi.

Sedangkan massanya adalah 317 kali dari massa bumi.

2Nama Jupiter

kucinghemat.blogspot.co.id

Jupiter merupakan nama yang diambil dari mitologi Romawi. Karena ukurannya yang besar, Jupiter diambil dari nama dewa utama mereka.

Dalam mitologi, Jupiter disebutkan sebagai anak Saturnus, saudara Pluto dan Neptunus. Jupiter menikah dengan Juno.

Tetapi, Jupiter juga berselingkuh dengan banyak wanita dan memiliki anak yang namanya dijadikan empat nama bulan terbesar Jupiter, yakni Io, Europe, Ganymede dan Callisto.

3Paling Cepat Mengorbit Matahari

springerimages.com

Meskipun memiliki ukuran sangat besar, ternyata Jupiter justru merupakan planet yang paling cepat mengitari matahari.

Jupiter hanya butuh sekitar 10 jam saja untuk menyelesaikan satu rotasinya. Kecepatan rotasi ini memberikan kontribusi kuat pada bidang magnetik planet bersama radiasi yang mengelilinginya.

4Jupiter Memiliki Cincin

spatialreasoning.net

Meski tidak seterkenal planet tetangganya, Jupiter ternyata juga memiliki cincin. Cincin ini terbentuk dari debu yang tertinggal dari meteorid saat bertabrakan dengan empat bulannya (Thebe, Metis, Adrastea dan Almathea).

Belum lama ini, ilmuwan juga menemukan cincin serupa dengan bentuk donat dan bernama halo cincin.

5Dikelilingi Badai Besar

black-cat-studios.com

Permukaan Jupiter selalu dikelilingi oleh badai besar. Ada beberapa kesamaan badai di Jupiter dengan badai di Bumi. Tetapi, badai di Jupiter tidak berlangsung lama, hanya sekitar 3-4 hari saja.

Meski demikian, badai besar kadang terjadi akibat debu yang membuat udara basah naik ke bagian atas troposfer dan berubah menjadi awan termasuk petir.

Ukuran badai kuat di Jupiter jauh lebih besar dari pada di Bumi. Badai besar ini terjadi di Jupiter setiap 15-17 tahun sekali.

6Memiliki Banyak Bulan

unit5.org

Selain ukurannya yang besar, Jupiter juga tercatat sebagai planet dengan banyak satelit alam atau bulan.

Menurut catatan, Jupiter memiliki 63 bulan. Ada 4 bulan besar yang disebut Galilea, ditemukan pada 1610 oleh Galileo Galilei. Bulan tersebut adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Ukuran bulan terbesar Jupiter adalah 3.270 mil yang dipegang Ganymede. Hal menarik lainnya, bahwa Io sang bulan Jupiter ternyata memiliki gunung berapi, danau lava dan juga kaldera besar.

Ukuran gunung Io bisa mencapai ketinggian 52.000 kaki atau 16 kilometer.

7Memiliki Titik Merah Besar

nurulcienaga.blogspot.com

Atronom Giovanni Cassini mengidentifikasi adanya titik merah besar di Jupiter pada 1665. Saat itu, ukurannya sekitar 40.000 km dan seperti sebuah badai raksasa. Tetapi saat ini ukurannya tinggal setengah dari ukuran semula.

Titik merah ini merupakan ciri khas Jupiter dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Meski ukurannya tampak kecil dibanding ukuran Jupiter, tapi badai ini dapat dengan mudah menelan benda seukuran bumi saat melewatinya.

8Pernah Didatangi 8 Pesawat Luar Angkasa

kucinghemat.blogspot.co.id

Menurut catatan, sudah ada 8 misi yang dilakukan untuk meneliti Jupiter. Misi itu menerbangkan sejumlah pesawat luar angkasa untuk mendekati Jupiter.

Kedelapan misi tersebut yakni Pioneer 10, Pioneer 11, Voyager 1, Voyager 2, Galileo, Ulysses, Cassini-Haugens dan New Horizon.

New Horizon adalah pesawat luar angkasa terakhir yang diluncurkan untuk misi mendekai Jupiter pada tahun 2007.

Pesawat ruang angkasa lainnya yang diterbangkan adalah Juno pada Agustus 2011 dan diperkirakan akan mencapai Jupiter Agustus 2016.

9Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu

kucinghemat.blogspot.co.id

Ukurannya yang besar ternyata membuat Jupiter bisa dilihat dengan mata telanjang. Ketika langit malam cerah, Jupiter merupakan obyek terang bersama venus dan bulan.

Ada kalanya, Jupiter bahkan lebih terang dibanding dengan bintang Sirius. Jika menginginkan penampakan yang lebih menarik, gunakan teleskop kecil.

Jupiter terlihat muncul dengan lingkaran putih dengan empat bulang terang lainnya (Ganymede, Io, Europa dan Callisto).

10Medan Magnet Jupiter Sangat Kuat

blog.platechno.com

Sebagai planet yang besar, tidak mengherankan jika medan magnet Jupiter juga besar. Tercatat medan magnet Jupiter 14 kali medan magnet bumi.

Sejumlah astronom percaya bahwa ini disebabkan oleh gerakan hidrogen metalik yang ditemukan jauh di dalam planet. Medan magnet menangkap partikel terionisasi dari angin dan kecepatan matahari.

Sebagai akibatnya, radiasi besar tercipta di sekitar Jupiter. Hal ini buruk, sebab dapat menyebabkan kerusakan parah pada pesawat luar angkasa yang ingin mendekati Jupiter untuk mengambil gambar.

11Jupiter Memiliki Radiasi Sendiri

amazine.co

Tidak hanya medan magnetnya yang besar, Jupiter juga dapat memancarkan cahaya sendiri. Jika planet pada umumnya hanya memantulkan cahaya matahari, ini tidak berlaku untuk Jupiter.

Jupiter bersama Saturnus, adalah planet yang mampu memancarkan energi radiasi sendiri. Penjelasannya, Jupiter sebenarnya mengalami penyusutan dan seiring prosesnya melepaskan energi gravitasi.

12Jupiter Pernah Ditabrak Komet

versesofuniverse.blogspot.com

Umumnya, sulit menyaksikan sebuah planet yang ditabrak langsung oleh komet yang lewat. Tetapi, ilmuwan sempat menyaksikan kejadian saat pecahan komet Shoemaker-Levy 9 menabrak Jupiter yang menghasilkan titik gelap di daerah benturan.