damontucker.com

Pohon Lava! Percaya atau Tidak, Tapi Ini Benar-benar Ada dan Nyata

Posted on

Fenomena pohon lahar atau disebut dengan Lava Tree State Monument dapat ditemui di Taman Negara Hawaii, Distrik Puna, Hawaii.

Menurut sejarah, pada tahun 1790, aliran lahar panas melewati hutan yang kini menjadi bagian dari Taman Negara Hawaii ini.

Dari peristiwa tersebut, pepohonan yang di lalui lahar tersebut menjadi tempat lahar yang mengeras. Itulah asal muasal pohon lahar yang kini menjadi atraksi paling populer bagi turis yang datang.

Apa Itu Pohon Lava?

iberitasains.blogspot.com
iberitasains.blogspot.com

Saat gunung berapi meletus dan laharnya mengalir ke hutan, terkadang kebakaran bukanlah satu-satunya kemungkinan yang terjadi.

Lahar itu bisa mengelilingi pohon, membuatnya punya lapisan baru. Inilah yang terjadi di sebuah Taman Nasional dekat Kota Pahoa, Distrik Puna, Hawaii.

Akibat Lahar Panas

unserenature.blogspot.com
unserenature.blogspot.com

Pohon-pohon lahar ini terbentuk ketika gunung api Kilauea meletus ratusan tahun lalu. Laharnya mengalir ke hutan dan mengelilingi pohon-pohon. Lahar itu kemudian membentuk lapisan baru, yang saat kering berwarna kehitaman.

Panas membara dari lahar memang membakar pohon tersebut sampai bagian dalam. Namun lapisan yang sudah mendingin di bagian luarnya tetap menjadikannya berbentuk pohon.

Terbentuknya Pohon Lava

versesofuniverse.blogspot.com
versesofuniverse.blogspot.com

Ketika lava panas dari letusan gunung berapi menyerbu hutan, sering lava tidak menggulingkan pohon besar, tetapi mengalir di sekitar mereka.

Kelembaban pohon mendinginkan lava yang bersentuhan dengan batang dan eksterior keras pun terbentuk. Saat aliran lava mereda, hanya “pohon-pohon lava” yang padat ini yang tersisa berdiri.

Panas yang luar biasa membakar habis kayu di dalam dan gips berongga dalam bentuk pohon asli yang tertinggal.

iberitasains.blogspot.com
iberitasains.blogspot.com

Dalam beberapa kasus, pohon dapat tetap berdiri selama bertahun-tahun sebagai kerangka hangus yang hitam, dan dalam kasus yang langka, beberapa pohon bahkan bertahan dan terus tumbuh setelah letusan.

Contoh terbaik dari pohon lava ditemukan di pulau Hawaii, di tenggara Pahoa di Distrik Puna. Di sini, seluruh hutan pohon ohi’a ditelan oleh lava cair hingga 11 kaki, ketika gunung berapi Kilauea meletus pada tahun 1790.

Pohon yang dikelilingi oleh lava cair mendinginkan lava yang melapisi mereka, sementara panas dari lava menyebabkan pohon terbakar habis menjadi abu.

Kemudian setelah aliran lava mereda, lava mengalir pergi. Namun lava yang menyelimuti pohon-pohon sudah terdinginkan dan mulai mengeras dan tetap di atas tanah sebagai monumen untuk pohon-pohon yang pernah berdiri di tempat yang sama.

Lava Tree State Monument

damontucker.com
damontucker.com

Lava Tree State Monument adalah Taman Nasional yang berlokasi sekitar 4,3 Km sebelah tenggara Kota Pahoa, Distrik Puna, Hawaii.

Taman Nasional ini menyimpan banyak pohon lahar yang terbentuk sejak letusan gunung berapi ratusan tahun lalu, tepatnya 1790.

Menikmati Jalur Panjang

unserenature.blogspot.com
unserenature.blogspot.com

Kini, ‘hutan lahar’ tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak sedikit turis yang berjalan kaki melewati trek yang sudah tersedia.

Trek berupa jalan setapak yang telah disemen tersebut membentang sepanjang 1,1 Km. Trek ini melewati banyak pohon lahar dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Lava Tree State Monument punya luas 6,9 hektar. Di tanah subur ini, penuh pohon rindang serta pohon lava yang berdiri tegak, traveler bisa menggelar tikar dan piknik.

Piknik Bersama Keluarga

snipview.com
snipview.com

Area piknik disediakan pihak Taman Nasional. Meja-meja piknik yang tersedia juga bisa digunakan secara cuma-cuma. Kamar mandi dan toilet pun tersedia.

Namun ingat, tak boleh membuang sampah sembarangan. Pihak Taman Nasional telah menyediakan tempat sampah di banyak lokasi.

Saat ini, Taman Negara Pohon Lava (Lava Tree State Park) terdiri dari 7 hektar tanaman asli, pohon dan pohon-pohon lava.

Banyak pohon-pohon lava ditutupi lumut, sementara yang lain telah runtuh ke tanah, memperlihatkan struktur berongga interior mereka.

Beberapa gips begitu sempurna sehingga kamu masih bisa melihat jejak kulit pohon di lava yang membatu tersebut.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *