Pohon memang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Pohon ibaratnya adalah sebuah paru-paru dunia. Jika tidak ada pohon, bumi dan seisinya akan mati karena gersang dan kekeringan.

Dengan adanya pohon, kamu bisa menghirup oksigen dengan bebas. Suasana sejuk dan teduh juga terjadi karena pohon tumbuh di sekitar lingkunganmu.

Itulah sebabnya, kamu harus melestarikan pohon-pohon. Terlebih pohon langka yang sulit kamu temui keberadaannya. Kalaupun kamu menjumpainya, hanya ada di satu tempat tertentu.

Namun, pernahkan kamu mendengar pohon berumur ratusan tahun tetapi tetap nampak indah? Bahkan mengingatkanmu pada film Walt Disney.

Ingin tahu lebih banyak? Simak ulasan berikut.

1Pohon Rhododendron

boombastis.com

Pohon Rhododendron berusia ratusan tahun lho, guys! Usianya sekitar 125 tahun. Banyak tumbuh di Negara Kanada.

Mulanya pohon ini lebih dikenal sebagai semak belukar. Tapi, beda dengan pohon pada gambar di atas. Pohon tersebut justru lolos dalam kategori pohon.

Bentuk daun dan bunga Rhododenron sangat menawan dan indah. Ia berproses menghasilkan performa yang cantik selama 125 tahun.

Sekarang, hasilnya bisa dilihat sendiri. Pohon Rhododenron menjadi pohon tertua dan terindah di dunia.

2Pohon Wisteria

boombastis.com

Negara Jepang yang terkenal dengan Sakuranya ini ternyata juga menyimpan pohon besar nan indah. Usia pohon sudah mencapai 114 tahun.

Pohon Wisteria dilindungi secara khusus di kota Kitakyushu, Jepang. Habitat pohon ini dinamakan taman Kawachi Fuji. Terdapat 150 Pohon Wisteria di sana.

keren-nesia.blogspot.com
keren-nesia.blogspot.com

Ada sekitar 20 macam spesies dari Pohon Wisteria. Uniknya, salah satu dari pohon tersebut dibuat menyerupai bentuk terowongan. Kalau kamu masuk ke dalamnya, kamu akan merasa seperti di negeri dongeng.

Ayo, siapa ingin menikmati mimpi di terowongan Wisteria?

3Dragonblood

boombastis.com

Sepintas, nama pohon yang satu ini mirip dengan judul film Dragon Ball. Memang sama-sama memiliki makna naga di dalam namanya, tapi hakikatnya berbeda.

Dragonblood adalah nama sebuah pohon yang usianya ratusan tahun. ia tumbuh subur di Negara Yaman.

Uniknya, Pohon Dragonblood menghasilkan getah merah yang bisa dimanfaatkan untuk pewarna. Itulah sebabnya juga disebut Pohon Dragonblood atau darah naga.

Selain itu, pohon tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan adanya kandungan alkimia ingredient di dalamnya. Beberapa orang percaya bahwa pohon ini ditanam oleh sekelompok alien.

Apakah kamu juga percaya?

4Rainbow Eucalyptus

exploreking.com

Hawai memang tidak hanya tersohor keindahan alamnya, tetapi juga memiliki pohon-pohon yang cantik luar biasa. Siapa saja pasti takjub menyaksikan pohon berusia 100 tahun lebih ini.

rainbow eucalyptus, itulah nama pohonnya. Warna-warni pohonnya menyerupai warna pelangi sehingga disebut pohon rainbow eucalyptus. Setiap tahun pancaran warnanya akan berubah-ubah.

Kamu penasaran? Cobalah berkunjung ke sana, guys.

5Baobab

geewi.com

Pohon baobab merupakan salah satu pohon tertua yang terletak di Madagaskar. Usianya diperkirakan 800 tahun.

Pemandangan landscape yang terbentuk dari jajaran pohon ini terlihat sangat indah dan cantik. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang memilih pergi ke tempat tersebut ketika berkunjung ke Madagaskar.

Oleh Kementerian lingkungan hidup, air dan hutan Madagaskar, lokasi tumbuhnya Pohon baobab dijadikan pusat konservasi lokal pada tahun 2007.

Wilayah sekitar pohon baobab dulunya adalah hutan lebat. Namun, kini telah berubah menjadi lahan pertanian. Hanya pohon baobab saja yang ditinggalkan sebagai warisan hutan hujan tropis di Madagaskar.

Seandainya pohon ini ada di Indonesia, tentunya akan semakin mempercantik panorama alamnya. Ingin coba melestarikannya di Indonesia?