Kamu mungkin bingung kenapa diet kamu tidak berhasil, atau kamu tidak pernah benar tahu seberapa porsi yang kamu butuhkan untuk menjalani hidup sehat. Memang sangat susah untuk memenuhi berbagai angka pasti dalam panduan makan sehat.

Namun, Jennifer Agg dapat menyederhanakannya untuk kamu. Jennie adalah deputy good health editor di Daily Mail. Ia tinggal umumnya di London atau Manchester.

Tentu saja ada syarat yang harus kamu penuhi, makan sayuran hijau dan lupakan makanan cepat saji atau junk food.

Menurut Sian Porter, seorang konsultan diet dari British Dietetic Association, kebanyakan orang tidak tahu dengan pasti berapa porsi makanan sehat yang harus mereka makan.

Jadi sangat mungkin jika kamu akan tetap banyak mengasup kelebihan kalori padahal semua yang kamu makan adalah makanan sehat. Mari cermati panduang mudah dan sederhana ini untuk memahami porsi yang kamu butuhkan.

1Buah Kecil

dissapore.com

Buah kecil semacam berry kamu butuhkan sebanyak 250 gram. Sekira cekungan dua telapak tangan kamu. Kamu mungkin hanya akan menemukan strawberry di Indonesia, namun kamu bisa kombinasikan dengan buah lainnya.

Tentu saja dengan tanpa melupakan kalori yang terlalu berlebihan dalam beberapa buah tertentu.

2Sayuran

dissapore.com

Satu genggaman tangan penuh. Porsi 80 gram sayuran sangat penting untuk kebutuhan tubuh dan kesehatan kamu. Jangan hanya sayuran hijau, kamu bisa memakan berbagai sayuran berwarna lainnya. Jadikan porsi sayuran kamu berwarna seperti pelangi.

3Kentang

dissapore.com

Kalori yang akan kamu dapatkan dari 180 gram kentang yang kamu panggang atau kamu oven adalah 175 kalori. Persis seukuran genggaman erat satu telapak tangan kamu.

Kebutuhan kalori dari bahan sayuran tanah sebanyak 200 kalori untuk perempuan dan 250 kalori untuk laki-laki dapat dengan mudah kamu penuhi. Hanya dengan satu kentang.

4Daging

dissapore.com

Kamu butuh porsi daging seukuran luas telapak tanganmu (tidak termasuk jari tangan), seberat 100 gram dan setebal satu dek kartu permainan. Namun, ingat untuk tidak melebihi porsi 500 gram daging dalam seminggu.

Kamu bisa pilih menu lainnya jika kuota daging yang kamu butuhkan telah mencapai 500 gram.

5Daging Ikan Putih

dissapore.com

Nah, kalau porsi daging ikan, kamu bisa menggenapkannya seukuran seluruh tangan, telapak tangan dan jari tangan. Kira-kira seberat 150 gram, namun jangan sampai kalorinya melebihi 100 kalori.

Omega 3 yang terdapat dalam daging ikan sangat bagus untuk perkembangan kecerdasan kamu. Selain itu, selenium sempurna untuk sistem imun serta kesehatan rambut dan kuku. Daging ikan baik untuk kamu.

6Daging Ikan Merah

dissapore.com

Daging ikan semacam ikan salmon hanya kamu butuhkan selebar telapak tangan tanpa jari-jari kamu. Sama seperti kebutuhan daging, daging ikan merah cukup 100 gram yang harus kamu penuhi.

Jumlah ini akan memberimu 200 kalori. Satu porsi dalam seminggu akan memberimu cukup omega 3 dan asam lemak yang bagus untuk kesehatan liver kamu dan keteraturan diet kamu.

7Kacang-kacangan dan Biji-bijijan

dissapore.com

Kamu cukup butuh satu telapak tangan untuk kacang-kacangan.  Kacang dan biji adalah snack yang sempurna. Makanlah satu persatu, jangan kamu habiskan seluruhnya dalam satu waktu.

8Coklat

itsybitsycleaneats.com

Kalau kamu bosan dan merasa hambar. Kamu bisa makan coklat, tapi ingat untuk menahan diri. Jumlah yang kamu butuhkan hanya sebanyak satu jari telunjuk.

Jumlah itu cukup untuk memberimu porsi 100 kalori, beratnya sekira 20 gram saja. Hidupmu sudah cukup manis dan sehat. Jadi jangan terlalu berlebihan karena gula yang manis namun berlebihan juga bukanlah hal yang baik.

SHARE