Bumi merupakan planet di tata surya yang mempunyai kehidupan. Merupakan satu-satunya planet yang mempunyai kadar udara oksigen yang banyak. Bumi juga merupakan planet yang terlihat biru daripada yang lain.

Manusia, hewan dan tumbuhan bisa hidup di bumi, kadang mereka menganggap bumi adalah alam semesta, bumi ini besar dan bumi inilah yang berkuasa.

Tentu ini adalah pernyataan yang ngawur, pernyataan yang tidak tahu bagaimana keadaan sebenarnya.

Maka tak heran manusia menjadi sombong, merasa besar, merasa paling berkuasa di bumi atau juga merasa paling hebat di seluruh jagat raya.

Padahal kalau tahu bagaimana keadaan dan posisi bumi tentu manusia akan sadar dan merasa very small, kalau seperti lagu ,seperti butiran debu.

Dibawah ini ada penjelasan bagaimana posisi bumi kita ini, disimak yuk.

1Dari Tata Surya

wikipedia.org

Inilah posisi bumi di tata surya, dimana bumi berada di apit oleh dua planet, yaitu venus dan mars. Posisi bumi juga tidak terlalu jauh dari matahari dibanding planet yang lain.

Yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah besar bumi dibanding dengan yang lain tidak ada apa-apanya.

Jika di gambarkan seperti ini, maka bumi hanyalah seperti biji kacang nempel di bola. Ini membuktikan bahwa bumi bukan planet terbesar, bukan pula satu-satunya planet yang ada di alam semesta.

2Dilihat dari Mars

feed.id

Jika kamu masih saja bingung dengan bagaimana dengan posisi planet lain, dari gambar diatas sudah cukup bisa menggambarkan bahwa mars yang merupakan planet yang paling dekat saja melihat bumi masih sangat jauh sekali.

Hanya terlihat kerlipan seperti benda kecil. Bagaimana dengan yang lain coba? Tentu sangat jauh sekali.

3Dilihat dari Saturnus

sains.kompas.com

Jika dilihat dari planet yang lebih besar lagi dari bumi, bumi terlihat seperti bintang kecil yang menyala. Ini membuktikan bahwa jarak antara planet satu dengan yang lain sangatlah jauh.

Sudah di buktikan pula oleh manusia, yang dimana mereka hanya bisa sampai ke Mars. Belum bisa ke planet lain.

4Dibandingkan dengan Matahari

aliexpress.com

Nah jika kamu di bumi melihat matahari terlihat kecil, maka kamu akan tercengang ketika melihat gambar di atas. Guys bumi jadi seperti kerikil dan matahari seperti raksasa.

Bayangkan saja kamu yang merasa sudah besar dan merasa sudah sempit di bumi jika dibandingkan dengan matahari bagaimana?

Coba lihat planet yang terbesar saja yaitu jupiter, seberapa besar dari matahari. Belum ada apa-apanya kan?Seandainya matahari menabrak bumi, itu seperti raksasa makan biji cabe. Ingat seperti makan biji cabe lho.

5Matahari Terlihat Kecil

feed.id

Ini pasti akan membuatmu melongo, lihat saja, bumi kita yang tidak ada apa-apanya dibanding dengan matahari tapi justru matahari juga terlihat kecil sekali dibanding galaksi bima sakti.

Seperti lingkaran kecil dan hampir tak terlihat. Galaksi bima sakti tentu tidak bisa dibayangkan, otak manusia tidak akan sampai seperti apa besarnya galaksi. Kok galaksi, jarak tata surya saja tidak akan bisa.

Benar-benar luar biasa alam semesta.

6Bintang di Malam Hari

Jika kamu sering menghitung bintang, tentu sampai kapanpun tidak akan pernah bisa karena saking banyak dan luasnya, tapi bagaimana jika dibandingkan dengan galaksi, nah gambar di atas jawab yang tepat.

Ya hanya sebagian kecil bahkan hampir hanya sebuah titik. Kamu jangan tertipu ya kalau lagi lihat bintang. Masih banyak bintang yang lain di luar sana.

7Bumi dari Bima Sakti

iqbhaelousz.blogspot.com

Bumi seperti titik kecil yang hampir tidak terlihat jika dibandingkan dengan galaksi bima sakti, seperti buih yang tidak bisa dilihat.

Dari itu semua tentu kita harus sadar bahwa bumi yang anggapan kita luas dan besar ternyata tidak ada apa-apanya apalagi makhluk yang bernama manusia. So, masihkah kita sombong dan ingkar pada ciptaan Tuhan?

 

SHARE