sukabumianasli.blogspot.com

Menilik Sejarah Prabu Siliwangi di Tanah Pasundan

Posted on

Akhir-akhir ini kita seringkali disajikan tontonan televisi yang berbau sejarah masa lalu. Tepatnya sejarah di zaman kerajaan, di mana nusantara belum berdiri. Salah satu drama yang disajikan adalah mengenai Kian Santang.

Jika kita berbicara mengenai Kian Santang, maka akan selalu ada kaitannya dengan Prabu Siliwangi, kenapa begitu? Ya karena Kian Santang itu adalah anaknya Prabu Siliwangi.

travel.detik.com
travel.detik.com

Saat kamu menonton drama-drama sejarah seperti itu, pernah nggak sih terbersit rasa penasaran. Sebenarnya tokoh yang ada di drama itu nyata atau tidak? Lalu, kebenaran dari karakter tokohnya itu seperti apa?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harusnya muncul jika kamu memang kritis terhadap apapun yang disajikan kepada kamu, tapi bisa jadi kamu menganggap semua tontonan dalam bentuk drama itu hanya fiktif belaka. Jika seperti itu ya sah-sah saja sih.

Nah, buat kamu yang pernasaran dan bertanya-tanya mengenai sejarah Prabu Siliwangi dan Kian Santang, langsung kita lihat di sini yuk ulasannya! Selamat menikmati.

Sekilas Mengenai Prabu Siliwangi

travel.detik.com
travel.detik.com

Prabu Siliwangi atau yang dikenal juga sebagai Sri Baduga Maharaja merupakan raja yang memerintah dan mengawali pemerintahan kerajaan Pasundan selam 39 tahun lamanya. Wow lama sekali ya memerintahnya.

sepanjangjk.wordpress.com
sepanjangjk.wordpress.com

Sejarah ini bisa kita lihat di Prasasti Batutulis, di mana dinyatakan bahwa Prabu Siliwangi dua kali dinobatkan sebagai raja. Dalam banyak versi cerita, Prabu Siliwangi dikisahkahkan menjadi raja di Pakuan.

journeytotell.wordpress.com
journeytotell.wordpress.com

Saat muda, Sri Baduga yang kemudian berubah panggilan menjadi Prabu Siliwangi ini adalah sosok ksatria, yang pemberani dan tangkas.

Bahkan, berdasarkan cerita, Sri Baduga adalah satu-satunya orang yang bisa mengalahkan Ratu Japura (Amuk Marugul) saat memerebutkan Subang Larang.

Aneka Peristiwa Selama Pemerintahan Prabu Siliwangi

naskah-sunda.blogspot.com
naskah-sunda.blogspot.com

Selama pemerintahan raja Siliwangi, banyak sekali peristiwa yang tergoreskan menjadi sejarah. Peristiwa apa sajakah itu?

Jika kita lihat di Carita Parahiyangan, pada saat kepemimpinan Prabu Siliwangi, banyak rakyatnya yang berpindah agama ke Islam, meninggalkan agama lamanya.

Selain itu, di Pustaka Nagara Kretabhumi, diceritakan bahwa, Syarif Hidayat yang merupakan cucu dari Sri Baduga menghentikan pengiriman upeti yang seharusnya dikirimkan ke Kerajaan Pakuan Pajajaran.

bogorheritage.net
bogorheritage.net

Namun, sampai Raja Siliwangi ini menghilang entah di mana rimbanya setelah dikejar-kejar oleh anaknya Kian Santang, Beliau tetap belum memeluk agama Islam. Dan sampai kini, tidak ada yang tau di manakah letak Kerajaan Siliwangi di tanah Pasundan Ini.

Kultus yang Berkembang

selasar.com
selasar.com

Dalam kepercayaan tradisional Sunda Wiwitan, Prabu Siliwangi merupakan gambaran pemimpin yang ideal dan dianggap sebagai seorang bangsawan bagi sebagian masyarakat Sunda.

Selain itu, Prabu Siliwangi pun dimuliakan menjadi tokoh Sunda, sampai-sampai dibangunkan candi untuk dirinya di sebelah utara lereng gunung Salak.

Wah, sampai sebegitunya ya! Ya mungkin mereka melihat dari sudut pandang sejarah yang baik-baiknya saja dari sang Prabu ini.

Tidak hanya masyarakat sunda saja yang mengabadikan nama Prabu Siliwangi dengan membangun candi. Orang Konghucu pun mendirikan altar tersendiri untuk memuja Prabu Siliwangi. Altar ini bisa kita lihat di salah satu Vihara di Sukabumi.

Namun, sebagai masyarakat sunda yang telah mengenal Islam dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik, tentunya tradisi mengultuskan seorang pemimpin dalam bentuk apapun harus diberangus atau dibumihaguskan.

Jadi kalau kamu melihat ada pemimpin di Jawa Barat yang sangat mengangkat-ngangkat Prabu Siliwangi untuk dijadikan panutan dan sampai mengikuti tradisinya, sebaiknya jangan diikutin deh pemimpin yang seperti itu dan tentunya harus diingatkan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *