Preeklamsia atau yang sering kita sebut sebagai keruacunan pada kehamilan sering terjadi pada perempuan hamil yang memiliki masalah dengan pembentukan plasenta yang tidak sempurna.

Hal ini menyebabkan masalah pada pembuluh darah pemasok plasenta. Pada keadaan normal plasenta memdapatkan suplai darah yang banyak dan konstan untuk perkembangan bayi. Namun pada kondisi preeklamsia plasenta tidak mendapat cukup darah.

Maka akan mengakibatkan suplai darah kepada bayi dan mengakibatkan masalah yang cukup serius pada ibu dan bayinya.

Walaupun belum diketahui secara pasti penyebab utama dari preeklamsia namun ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi munculnya preeklamsia yaitu:

1Riwayat Preeklamsia Pada Kehamilan Sebelumnya

armitafibri.com

Jika seorang wanita hamil memiliki riwayat preeklamsia maka tidak menutup kemungkinan bahwa dia juga akan mengalami hal yang sama pada kehamilan yang selanjutnya.

Walaupun pada kehamilan sebelumnya si ibu pernah mengatasi dan melewati preeklamsia dengan baik. tetap saja preeklamsia masih menjadi ancaman bagi ibu hamil tersebut.

Hal ini karena preeklamsia adalah merupakan penyakit yang paling berbahaya bagi ibu hamil dan bayinya yang dapat berujung pada kematian.

2Tekanan Darah Tinggi

www.tropicanaslim.com

Gejala awal dari preeklamsia adalah tekanan darah ibu hamil yang tiba tiba menjadi tinggi. Tapi hal ini lebih berpotensi tinggi pada ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi sebelum masa kehamilannya.

Tidak hanya itu, tapi preeklamsia juga dapat terjadi pada ibu hamil yang juga menderita penyakit diabetes dan lupus.

3Usia Lebih Dari 40 Tahun

www.cintavitamin.com

Pada ibu hamil yang telah memasuki usia 40 tahun atau lebih maka akan berpotensi untuk mengalami preeklamsia.

Hal ini karena pada masa kehamilan terjadi banyak peningkatan hormon dalam tubuh dan pada usia diatas 40 tahun manusia telah mengalami banyak  perubahan organ termasuk rahim.

Akibatnya terjadi pembentukan yang tidak sempurna pada plasenta dan mengakibatkan terjadinya keracunan pada kehamilan atau preeklamsia.

4Obesitas

www.tahesta.com

Selain ketiga faktor diatas faktor lain yang menjadi potensi menyebabkan preeklamsia adalah terjadinya obesitas pada kehamilan.

Hal ini menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah ytang terjadi pada beberapa bagian tubuh ibu hamil seperti kaki, lengan, dan paha.