rinisetia.tumblr.com

Prinsip Alfatih Timur, CEO kitabisa.com: Just Do It!

Posted on

Indonesia patut berbangga, sebab salah satu anak bangsanya berhasil masuk ke dalam jajaran tokoh muda yang dianggap membawa perubahan besar terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan.

Adalah Forbes, majalah bisnis terkemuka di dunia, menyoroti bakat muda yang muncul di seluruh dunia. Selama berbulan-bulan, koresponden Forbes dari seluruh dunia mencari 300 anak muda terbaik dan tercerdas yang dianggap membawa perubahan.

Ada ribuan nominasi yang mencakup semua kategori. Dari ribuan nominasi tersebut kemudian diseleksi menjadi ratusan saja. Dan Muhammad Alfatih Timur, kerap disapa Timmy, masuk menjadi salah satu di antara nominasi tersebut.

Siap Perang

t-nation.com
t-nation.com

Bukan entrepreneur namanya jika pulang kandang sebelum berperang. Seorang entrepeneur harus siap dengan segala macam kemungkinan baik dan buruk, untung dan rugi, dengan usaha yang digelutinya.

Timmy berbagi rahasia menjadi the real entrepreneur, yaitu start with problem and involve yourself. mulailah segala sesuatunya, perubahan yang ingin kamu lakukan dengan mencari sumber masalah, kemudian libatkan dirimu ke dalam permasalahan tersebut.

Determinasi dan persisten. Tetapkan hati, teguhkan jiwamu untuk tetap berada di dalam masalah tersebut namun bukan untuk menambah runyam masalahnya. Tapi keberadaanmu haruslah membuat masalah menjadi terselesaikan.

Kemudian persisten, lakukan aksi untuk memecahkan masalah. Jika sudah terpecahkan, maka jangan lantas berhenti. Jangan lupa untuk maintenance atau memelihara/menjaga keberlanjutan aksimu agar tidak timbul masalah yang sama untuk kedua kalinya.

Getting your job done. Pastikan kamu menyelesaikan masalah tersebut, menuntaskan pekerjaanmu sampai benar-benar selesai. Terakhir, keep learning. Teruslah belajar dan jangan pernah berhenti sampai mati.

Buat Idemu Jadi Nyata!

blog.bitcoin.co.id
blog.bitcoin.co.id

Tak perlu takut untuk memulai, jalani aja apa yang bisa dilakukan, lakukan improvisasi dan perbaikan secara berkala. Pastikan idemu menjadi nyata.

Matangkan ide, apapun bentuknya. Perjelas konsep dari ide-ide cemerlangmu, jangan biarkan menguap dan diabaikan begitu saja.

Validate, validate, and validate. Ide saja tak akan cukup tanpa eksekusi. So, komunikasikan dan share idemu pada teman-teman. Itu artinya, kamu tidak boleh bekerja sendiri. Harus bersama-sama, supaya kebaikannya bisa cepat tersebar luas.

Buatlah MVP (Minimum Viable Product). Ini penting dan tidak boleh ketinggalan. Lalu terakhir, launching. Tidak perlu besar-besaran, cukup sederhana saja launching perdana untuk usahamu. Pastikan semua berjalan baik.

Timmy dan Kitabisa.com

efekgila.com
efekgila.com

Berangkat dari masalah sederhana yang ditemukan Timmy di sekitar, maka melalui kitabisa, Timmy ingin menghasilkan dampak besar.

Caranya, kolaborasi. Crowd punya kekuatan tidak terbatas. Jumlah penduduk Indonesia yang luar biasa banyak, seharusnya bisa menimbulkan donasi tak hanya berupa uang. Bisa juga berupa ide, maupun dalam bentuk jasa, yaitu relawan.

Jadi, orang yang memiliki ide mengatasi isu-isu sosial di Indonesia tidak bingung mendapatkan bantuan karena ada publik yang ingin mendukung.

Sebaliknya, publik yang ingin mendukung akan dimudahkan dengan adanya fasilitas, seperti Kitabisa yang berperan sebagai pemantik dan fasilitator. Selanjutnya, semua akan berjalan dengan sendirinya.

Menghubungkan Kebaikan

wateraid.org
wateraid.org

Timmy meyakini bahwa sebetulnya di sekitar kita banyak sekali orang baik. Sayangnya, mereka tersebar dan sibuk dengan keseharian masing-masing.

Di sisi lain, ada banyak inisiatif gerakan sosial yang bermunculan namun gagal terlaksana karena kekurangan sumber daya. Nah, Timmy mencetuskan ide KitaBisa untuk menghubungkan keduanya. Ia menyebutnya sebagai penghubung kebaikan.

Timmy tidak ingin situsnya yang besar. Tetapi proyek sosialnya yang membahana. Jadi, ketika ada pimpinan proyek sosial masuk ke situs kitabisa, orang tersebut harus berkampanye, kemudian terdanai, dan terpublikasi.

Kesuksesan Proyek Sosial Kitabisa

youtube.com
youtube.com

Wakaf Quran untuk kaum marginal dan parsel untuk penderita kusta, salah satu contoh keberhasilan kitabisa.

Responsnya sungguh luar biasa dan sangat menjanjikan. Kitabisa bertanggungjawab mengawal proyek hingga terdanai dan memberikan uangnya.

Alumnus FEUI, Passionnya Justru di Dunia Sosial

efekgila.com
efekgila.com

Nilai sosial merupakan nilai universal. Timmy mengaku bahwa ia sangat fokus pada isu kemiskinan. Ia sering terharu jika melihat realita kemiskinan yang ada. Bisa jadi karena kemiskinan merupakan panggilan paling dasar di setiap manusia.

Timmy punya target bisnis sosial berskala besar yang dapat memberikan dampak sosial sekaligus menciptakan profit sehingga sustained.

Pelajaran Besar dari Orang Tua

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Ayah Timmy adalah alumnus FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) dan berprofesi sebagai dokter. Seusai lulus kuliah, Ayah Timmy ditempatkan di Sungai Puar, Sumatera Barat untuk mengabdi.

Selama bertahun-tahun, beliau praktik hingga sekarang menerima saja jika dibayar dengan sayur-mayur dan pisang.

Timmy menganggap bahwa orang tuanya seperti lilin. Mampu menerangi sekitarnya, tapi lambat laun justru meleleh.

Nah, Timmy berupaya keras untuk tidak seperti Ayahnya. Ia ingin tetap bisa erkontribusi membantu sesama, menolong siapapun yang membutuhkan, namun tetap bisa hidup mandiri dan berkecukupan. Tidak lantas menjadi miskin karena membantu orang.

So, kalau mau berbuat baik, nggak perlu mikir dua kali. JUST DO IT, NOW!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *