Kamu mengenal Rupert Murdoch? Lelaki kelahiran Australia bernama lengkap Keith Rupert Murdoch ini adalah konglomerat kelas atas. Dan yang menarik, baru-baru ini Murdoch memperkenalkan private jet terbaru miliknya.

Sekilas tentang Murdoch, dia adalah pengusaha sukses di bidang media. Salah satu yang paling terkenal adalah 21st Century Fox, The Times dan The Sun. Ternyata Murdoch juga merupakan lulusan Oxford University.

Nah, bagaimanakah kemegahan dari jet pribadi Murdoch? Berikut beberapa ulasannya.

1The Gulfstream

gulfstream.com

Gulfstream Aerospace adalah perusahaan khusus yang memproduksi jet-jet bisnis atau privat. Perusahaan ini berasal dari Amerika dan tergolong baru karena pertama kali diperkenalkan pada publik tahun 2008 silam.

Nah, dari pabrikan Gulfstream inilah Murdoch membeli jet pribadinya. Pada tahun 2014, Gulfstream memenangi penghargaan Collier Trophy sebagai industri penerbangan privat dengan teknologi terdepan dan kenyamanan kabin kelas atas.

Collier Trophy adalah penghargaan prestisius oleh US National Aeronautic Association (NAA) yang diberikan kepada pengembang teknologi aeronautia dan astronautika di Amerika.

2The G650

upload.wikimedia.org

Pesawat Gulfstream yang dibeli Murdoch adalah tipe terbaru dengan nama The Gulfstream G650. Inilah private jet terbesar, terpanjang dan terluas yang ada di pasaran private jet saat ini.

Jet pribadi jenis G650 ini dikatakan sangat ringan sehingga dapat landing di bandara kecil dan terpencil sekalipun. Beratnya bahkan tidak lebih dari 45.000 miligram atau kurang dari 100.000 pound.

G650 dikatakan dapat mencapai top speed hingga 0,925 Mach. Mach adalah satuan kecepatan suara, kecepatan 0,8 – 1,2 Mach setara dengan kecepatan 980 – 1.470 km per jam.

Bahkan, pada beberapa test drive berikutnya G650 dapat mencapai rekor kecepatan yang lebih dari 0,925 Mach. Pada Agustus 2010, selama test drive G650 mencapai kecepatan 0,995 Mach.

Bagaimana? Bisa kamu bayangkan berapa kecepatan jet pribadi milik Murdoch ini?

3Rolls Royce

upload.wikimedia.org

Kamu pikir Roll Royce hanya fokus pada industri mobil mewah? Pada tahun 2000, Roll Royce bersama BMW mengambil alih salah satu perusahaan produsen mesin pesawat.

Dan G650 milik Murdoch inilah yang menggunakan dua mesin Roll Royce versi BR725. Dengan mesin ini, G650 dapat melakukan ‘hentakan’ dengan tenaga 17.000 pound force atau setara dengan 75,6 kilo newton. Artinya? Sangat kuat.

4The Private Jet

architecturendesign.net

Private jet yang dibeli Murdoch bukanlah main-main, harganya mencapai 84 juta dolar Amerika, artinya itu setara dengan 1,16 triliun rupiah. Wow! Menakjubkan bukan?

Jet pribadi Murdoch ini dilengkapi dengan external camera dan infrared imaging systems. Hal ini memungkinkan pilot mengamati beberapa bagian pesawat sekaligus, sehingga memudahkan pengambilan keputusan jika terjadi keadaan darurat.

Selain itu, kokpit pesawat ini juga ‘dihiasi’ dengan berbagai alat dan teknologi terbaru yang sangat mutakhir. Jika kamu menjadi pilotnya, kamu mungkin akan tercengang dengan teknologi kokpit yang digunakan dalam G650 ini.

5Interior

architecturendesign.net

Ruang dalam private jet Gulfstream G650 disediakan untuk 8 orang penumpang dan 4 kru pesawat. Kamu tidak perlu merasa terganggu oleh kehadiran kru pesawat karena ruangan kru dan penumpang terpisah.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Privacy benar-benar dikedepankan dalam private jet Gulfstream G650. Bahkan, pesawat jet pribadi ini memiliki berbagai piliha ‘floor plan’ yang berbeda. Jadi kamu bisa memilih bagaimana tata letak interior pesawat yang sesuai selera kamu.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Terdapat 12 pilihan floor plan yang semunya dirancang dengan baik dan mewah demi kenyamanan penumpang. Tentu saja didalamnya terdapat televisi dan tempat untuk berbaring jika kamu ingin beristirahat.