Back

1. Produk Indonesia Mendunia

Banyak beberapa produk asli Indonesia yang jadi primadona diluar negeri. Satu diantaranya jamu atau obat herbal Indonesia.

Product herbal keluaran PT Industri Jamu serta Farmasi Sido Muncul Tbk diekspor ke beragam negara Afrika, Asia sampai Eropa.

Direktur Keuangan Sido Muncul Venancia Sri Indrijati menyampaikan kalau kiat perusahaan sekarang ini adalah lakukan penetrasi lebih dalam ke pasar-pasar tradisional mereka. Perusahaan juga tengah berusaha untuk lakukan ekspor secara langsung guna memotong rantai distribusi. Karena, sampai kini ekspor dikerjakan lewat distributor di negara tujuan.

” Untuk produk kita butuh waktu untuk pendaftaran di negara itu. Selama ini produk yang dieskpor masih sifatnya impor oleh pedagang atau distributor disana. Ke depan, kita bakal ekspor langsung dan mainstream, ” tutur dia.

Tidak hanya produk herbal, beberapa produk makanan Indonesia juga digemari orang-orang di dunia. Produk Indomie keluaran PT Indofood Sukses Makmur sudah diekspor ke 80 negara di lima benua tiap-tiap tahunnya.

Sebagian negara yang menjadi tujuan pasar Indomie diantaranya yaitu Singapura, Malaysia, Brunei, Hongkong, sampai Taiwan. Indomie juga telah terbang jauh beberapa ribu kilometer mulai dari wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, sampai benua Amerika.

Tidak hanya produk keluaran perusahaan besar, Indonesia juga kaya produk hasil usaha yang buka cabang diluar negeri. Bahkan juga, banyak waralaba asal Indonesia yang telah memperoleh hati penduduk dunia.

Menurut AFI (Asosiasi Franchise Indonesia), ada banyak waralaba Indonesia sudah masuk dunia internasional. AFI menyatakan sudah ada 5 waralaba Indonesia yang betul-betul sudah siap berkompetisi dengan waralaba-waralaba dunia. Waralaba ini didirikan oleh orang asal Indonesia.

Nah, berikut 5 produk makanan Indonesia yang mendunia.

Back
SHARE