“Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau..Sambung-menyambug menjadi satu itulah Indonesia..”, masih ingat kan lirik lagu nasional tersebut?

Yup, lagu yang berjudul ‘Dari Sabang sampai Merauke’ tersebut dapat memberi gambaran bahwa Indonesia memiliki ragam budaya dan sumber daya alam. Banyak suku dari berbagai daerah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dan juga sumber daya alam yang melimpah, baik dari darat maupun lautnya. Misalnya  tanahnya yang subur dapat dijadikan sebagai lahan pertanian, kekayaan lautnya dapat yang di olah sehingga bisa menjadi sumber mata pencaharian penduduk.

Selain terkenal akan budaya, kesenian, dan tempat wisatanya, ternyata Indonesia juga memiliki berbagi ‘profesi’ pekerjaan yang unik di sebagian kalangan masyarakatnya.

Kita bisa menyebutnya unik atau kreatif karena profesi ini terlahir dari kebudayaan dan kebiasaan yang turun temurun dari masyarakat atau karena situasi ekonomi.

Indonesia memang unik. Ternyata terdapat profesi yang hanya ada di Indonesia. Kamu penasaran? Simaklah uraian berikut tentang profesi unik yang ada di Indonesia.

1Tukang Parkir

i.ytimg.com

Bagi kamu yang belum begitu mahir dalam mengendarai mobil atau sepeda motor atau bahkan belum bisa memarkir kendaraanmu, tiba-tiba kamu dilibatkan dalam kondisi harus memarkir kendaraan, kamu tak perlu khawatir.

Bernafaslah lega kamu tinggal di Indonesia karena terdapat tukang parkir dimana-mana yang akan membantumu parkir dengan baik. Memang jika dipikir-pikir terkadang jasa tukang parkir ini cukup menghabiskan uang sedikit-sdikit.

Namun, dengan adanya tukang parkir juga menguntungkan. Manfaatnya antara lain membuat kendaraan di pinggir jalan menjadi lebih rapi, ketika kita menyebrang jalan jadi lebih mudah.

Di negara lain tidak ada tukang parir, mungkin karena jumlah kendaraan yang memang dibatasi atau sudah memilki aturan dalam berkendaraan yang lebih cangggih.

2Tukang Permark Jeans Keliling

cdn-2.tstatic.net

Kamu mempunyai celana jeans yang kedodoran? Bosan dengan celana jeans panjang dan ingin memotongnya jadi agak pendek?

Tapi kamu malas keluar rumah karena padatnya aktivitas. Tak perlu risau, karena ada tukang permak jeans keliling yang akan menawarkan jasanya.

Sebenarnya banyak di pinggir jalan kios permak jeans tapi tukang permak jeans ini memilih berkeliling mungkin karena mengetahui banyaknya orang yang sibuk sehingga tidak ada waktu keluar.

Datanglah mereka menawarakan jasa keahliannya dari rumah ke rumah, selain itu juga untung bisa menghemat biaya sewa kios. Hal ini memang unik, bahkan jarang ada di luar negeri.

3Ojek Payung

memorivisual.files.wordpress.com

“Hujan membawa berkah”, begitulah ungkapan yang pantas untuk mereka yang berprofesi sebagai ojek payung.

Ketika musim hujan tiba tukang ojek payung ini mulai menawarkan jasa ojek payungnya agar orang-orang tak basah kuyup saat tidak bawa payung. Kamu bisa melihat situasi seperti itu, di kota-kota besar.

Mungkin bisa dibilang ide kreatif karena hanya dari sebuah payung bisa menghasilkan rupiah, unik kan? Profesi ini hanya ada di Indonesia lho.

4Tukang Tambal Ban

i.ytimg.com

Sering kita melihat tukang tambal ban berada di pinggir-pinggir jalan raya. Keberadaan mereka tentu sangat membantu kita ketika kita mengalami ban kempes.

Kamu tak usah bingung saat ban kamu kempes di pinggrir jalan, ada tukang tambal ban yang siap menanganinya. Jadi bersyukurlah tinggal di Indonesia karena profesi ini hanya ada  di Indonesia.

5Jasa Tukar Uang

media.viva.co.id

Momen menjelang hari Raya Idul Fitri terkadang identik dengan tradisi bagi-bagi uang. Nah, situasi seperti ini dimanfaatkan bagi mereka para penawar jasa tukar uang.

Eits, tapi uang yang ditukar bukan uang luar negeri melainkan uang lusuh yang nantinya ditukar dengan uang baru.

Jika di luar negeri menukar uang haruslah melalui jasa money changer. Namun di Indonesia tak perlu ribet, para tukang ini malah bertebaran di pinggir-pinggir jalan ketika momen hari raya tiba.

Jadi kamu tak repot jika ingin menukar uang lusuhmu meskipun dalam kondisi mudik lebaran.

6Tukang Rongsok

i.ytimg.com

Jaman semakin canggih dan modern, sekarang ini terdapat jasa penjualan barang bekas yang modern, yaitu melaui penjualan online. Namun, di lingkungan sekitar kita tentu kamu masih melihat barang bekas yang tak terpakai di ambil oleh tukang rongsok.

Yup, barang-barang tersebut bisa menjadi rejeki bagi para tukang rongsok. Kamu  pernah meilhat mereka mengumpulkan barang-barang usang, berkarat ataupun mengambilnya dari tempat sampah.

Dengan berbekal gerobaknya, mereka berjalan mencari barang-barang bekas bisa dari rumah ke rumah atau dari warung ke warung. Hanya dari barang bekas ini bisa mengashilkan rupiah, unik bukan? Apakah ada profesi ini di luar negeri? Mungkin hanya ada di Indonesia.

7Tukang Patri

cdn-2.tstatic.net

Awal munculnya profesi ini pada saat Indonesia mengalami kirisis moneter tahun 1997. Pada saat itu, ibu-ibu rumah tangga yang panci atau peralatan dapurnya bolong menggunakan jasa tukang ini untuk menambalnya.

Meski era krisis moneter telah berlalu, jasa tukang patri ini masih dibutuhkan. Jik di rumah kamu memiliki panci atau wajan yang bolong kamu bisa memanfaatkan jasa ini.

8Vending Machine Manusia

ayikngalah.files.wordpress.com

Mungkin di luar negeri seperti Eropa dan Amerika terdapat vending machine. Di Indonesia juga ada, namun bentuknya manusia. Kamu dapat menemui mereka yang berprofesi seperti itu di tempat-tempat ramai seperti di terminal atau tempat wisata.

Biasanya mereka berjualan menggunakan gerobak atau sepeda. Ada yang menawarkan kopi hangat, teh hangat atau minuman kalengan. ‘Vending Machine’ di Indonesia siap menyediakan minuman dengan rasa jauh lebih nikmat dan bervariasi.

Nah, itu beberapa profesi unik yang tidak kamu temui di negara lain. Kamu hanya dapat menemukannya di Indonesia.

Apapun profesi mereka, kita tak bisa memandangnya sebagai hal yang aneh atau rendah. Bukankah mereka bekerja dengan hati yang tulus dan ikhlas serta bekerja secara halal?