Selama ini yang kita tahu, penyakit HIV / AIDS tidak ada obatnya, hanya saja kita bisa mencegah agar tidak terjangkit penyakit tersebut. HIV / AIDS sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh / imun yang menyebabkan penderita menjadi semakin lemah dan akhirnya meninggal dunia.

Baru mendengarnya saja sudah mengerikan, apalagi penyakit ini diketahui belum ada obatnya. Tapi tenang, seorang ilmuan Amerika Serikat baru-baru ini melakukan penelitian mengenai obat HIV / AIDS.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Kamel Khalili dari Temple University ini menggunakan teknologi rekayasa gen untuk memisahkan DNA dari strain HIV-1 dari beberapa organ yang terinfeksi. Dalam percobaan ini, para peneliti melakukannya pada tikus.

Pemisahan DNA dari strain HIV-1 merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang dilakukan pada April lalu. Hasilnya, tim berhasil memisahkan virus HIV dari sel manusia di dalam laboratorium.

Tentu saja ini merupakan angin segar dalam dunia kesehatan. Sebab, selama ini kita tahu belum ada obat yang mampu menangani penyakit HIV / AIDS. Untuk memastikan keberhasilannya, profesor Khalil akan melakukan penelitian lebih lanjut atas penemuan besarnya ini.

SHARE