beritagar.id

5 Cara Ini Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Tubuhmu!

Posted on

Tubuh manusia bukan hanya sekedar mampu menyerap nutrisi makanan, namun bisa juga merespon hal-hal buruk seperti racun.

Racun di dalam tubuh kita dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi atau zat berbahaya lainnya. Respon tubuh terhadap racun ini adalah dengan detoksifikasi.

Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh melalui urine, keringat, pernapasan, dan tinja dengan melalui empat organ utama tubuh yaitu, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit.

Nah, di sini kita akan membahas beberapa cara yang dapat membantu proses detoksifikasi, mau tahu apa saja? Check this oneout Guys!

Minum Air Putih

sehatnatural.co.id
sehatnatural.co.id

Kita cukup tahu ya Guys air putih memang banyak manfaatnya bagi kita, yups, salah satunya membantu detoksifikasi.

Jika kamu minum 2 liter setiap harinya, selain untuk pemenuhan kebutuhan air mineral, ini juga bisa membantu  energi yang diperlukan tubuh serta memaksa hati dan ginjal untuk membuang racun.

Olahraga Secara Teratur

ahlinyapenyakitjantung.web.id
ahlinyapenyakitjantung.web.id

Nah, yang kedua adalah olahraga. Dengan olahraga pasti keringat yang keluar akan lebih banyak bukan? Yups, itulah mengapa olahraga membantu detoksifikasi. Selain itu, berolahraga juga bisa menguatkan detak jantung dan memberi oksigen ke dalam tubuh

Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

ceritaperut.com
ceritaperut.com

Yang satu ini juga tidak kalah penting Guys. Karena buah-buahan dan sayuran sangat penting dalam membantu proses detoksifikasi alami.

Buah dan sayur selain mengandung banyak vitamin juga mengandung serat yang dapat mengikat zat-zat racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang kemudian akan mengeluarkannya melalui feses.

Beberapa buah dan sayur yang efektif membantu proses detoksifikasi adalah air kelapa, jeruk, jus lemon, delima, bawang putih, sayuran hijau, selada air, dan lain sebagainya.

Mengunyah dengan Pelan

intisari-online.com
intisari-online.com

Dalam ajaran Islam, kita dianjurkan untuk mengunyah makanan dengan pelan, ternyata tujuannya tak terduga lho, ya, untuk membantu proses detoksifikasi. Mengunyah makanan secara perlahan membiarkan air liur untuk bekerja memproses racun pada makanan.

Dengan begitu maka sistem pencernaan semakin baik sehingga tidak menyimpan lemak jahat terlalu lama di dalam tubuh.

Mudah dan murah sekali bukan cara-cara untuk mendukung proses detoksifikasi dalam tubuh kita?

Jangan sampai racun menumpuk dalam tubuh ya Guys, karena jika racun terlalu banyak menumpuk dan terkumpul di tubuh kita, maka yang terjadi hanyalah banyak penyakit yang  menyerang. Ngeri bukan?

Semoga bermanfaat ya.

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *