Hamil merupakan penyempurna kebahagiaan pasangan yang baru saja menghalalkan hubungan percintaan. Terkadang masa awal kehamilan tidak diketahui sehingga sang bunda tetap melakukan aktivitas-aktivitas fisik yang berat.

www.katainspirasi.com
www.katainspirasi.com

Padahal masa awal kehamilan terutama trimester pertama adalah masa yang paling rawan terjadi keguguran kandungan. Disisi lain gejala morning sickness yang tidak terkendali membuat sang bunda depresi dan tentu saja mengganggu perkembangan bayi.

Wanita memproduksi sel telur yang matang pada periode tertentu dalam satu bulan. Sedangkan pria selalu memproduksi sperma. Namun dari sekitar 350 juta sperma yang diproduksi saat ejakulasi, hanya ada satu sperma yang berhasil membuahi sel telur.

Masa wanita yaitu sekitar 14 hari setelah hari pertama menstruasi pada bulan terakhir. Pada masa ini hormon estrogen membentuk lapisan jaringan tebal untuk menyambut datangnya sel telur yang telah dibuahi.

Secara bersamaan folikel di dalam ovarium mematangkan sel telur. Pada pekan ketiga inilah terjadi ovulasi dimana sel telur yang telah matang turun hingga tuba falopi dan menunggu kedatangan sperma untuk dibuahi.

Setelah terjadi pembuahan materi genetis dalam sperma dan sel telur disebut zigot. Zigot membentuk sel-sel baru dan melanjutkan perjalanan turun menuju rahim. Pada saat perjalanan sel-sel membelah diri hingga lebih dari 100 sel saat sampai rahim.

Proses kehamilan terjadi saat embrio menempel pada dinding rahim atau disebut implantasi. Implantasi biasanya ditandai dengan pendarahan ringan selama 1-2 hari pada beberapa wanita.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pasangan baru yang baru saja hamil.

1Kenali Tanda-Tanda Awal Kehamilan

www.surabaya.wartakesehatan.com

Pada usia kehamilan 3 minggu kebanyakan wanita tidak menyadari kehamilannya. Hal ini disebabkan wanita belum mengalami terlambat datang bulan. Namun, ada beberapa tanda seperti peningkatan cairan vagina, sedikit kram, sakit kepala, dan sakit punggung.

Pada usia 7 minggu biasanya wanita sudah terlambat datang bulan. Ditambah lagi beberapa gejala seperti merasa lemas, mudah lelah, payudara terasa membesar, dan nyeri, serta lebih sering buang air kecil.

Kenali gejala hamil dan segera beli testpack untuk menguji kehamilan.

2Tak Perlu Terlalu Mengkhawatirkan Morning Sickness

www.bersamadakwah.net

Morning sickness merupakan gejala mual dan muntah di awal kehamilan. Disebut morning sickness karena biasanya gejala ini terjadi di pagi hari.

Ada wanita sama sekali tidak merasakan mual dan muntah seperti ini. Walaupun sekitar 80% wanita mengalami morning sickness. Ada beberapa kasus morning sickness yang sangat parah sehingga tidak dapat makan dan minum sama sekali.

Jika demikian segera periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, jika morning sickness tidak terlalu mengganggu tetaplah aktif bergerak dengan tidak berlebihan.

3Jaga Makanan yang Bunda Konsumsi

www.tipshamilmudah.com

Apa yang bunda konsumsi langsung mengalir dalam darah janin. Oleh karena itu bunda harus mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan gizi dua kali lipat. Jika bunda kekurangan gizi, akan berefek pada perkembangan janin.

Kurangi konsumsi makanan-makanan tidak sehat seperti minuman bersoda, mie instan, dan makanan tinggi lemak.

4Segera Konsultasikan dengan Bidan atau Dokter

ww.andafcian.wordpress.com

Setelah mengetahui bahwa kamu hamil, sebaiknya kamu dan pasangan segera berkonsultasi kepada bidan atau dokter. Biasanya bidan akan memberikan vitamin atau tambahan zat besi yang harus dikonsumsi disetiap usia kehamilan.

Bidan yang biasa bunda konsultasikan dari awal kehamilan adalah yang menangani saat persalinan nantinya. Hal ini karena bidan tersebut paling mengetahui perkembangan janin bunda.

5Jaga Kondisi Psikologis Bunda

www.lukihermanto.tumblr.com

Kondisi psikologis bunda saat hamil kelak berpengaruh langsung dengan sifat anak ketika sudah besar. Jika bunda pemurung maka anak juga akan menjadi pemurung. Oleh karena itu bunda harus menjaga kondisi psikologis selalu bahagia selama masa kehamilan.

SHARE