Proses melahirkan adalah titik yang dapat mengubah hidup seorang lelaki. Bayangkan, dalam waktu-waktu melahirkan inilah seorang suami menyaksikan istrinya berada dalam dua batas tipis. Batas antara hidup dan mati.

Maka siapapun si lelaki itu, baik atau jahat perangainya, sudah menjadi hak Tuhan untuk membuat hati lelaki lemah dan ‘frustasi’ berat saat menyaksikan langsung proses melahirkan.

Nah, sebagai suami yang baik, kamu tentu harus siap sedia dan siap siaga mempersiapkan apapun saja yang diinginkan istrimu saat detik-detik menunggu kelahiran.

Jika istrimu bingung dan tidak minta apapun, beberapa hal ini mungkin bisa kamu siapkan karena sewaktu-waktu bisa saja diminta oleh istrimu. Bahkan beberapa benda ini konon dapat membantu kenyamanan proses melahirkan.

1Minuman dan Makanan

englishtips4u.com

Menunggu detik kelahiran adalah waktu yang kadang cukup lama, kadang tiba-tiba, semuanya serba tak terduga. Siapkan minuman dan makanan karena proses melahirkan menuntut tenaga yang sangat besar, sakit, dan melelahkan.

2Air Hangat

papasemar.com

Air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit selama melahirkan. Tepatnya jika air hangat ini ditaruh dalam botol atau kain kompres tebal dan diposisikan di lekukan punggung istrimu. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit punggung istrimu.

3Bacaan

i.huffpost.com

Sebelum kontraksi awal, biasanya memang lazim terjadi masa penantian yang lama. Nah, istrimu mungkin bosan jadi kamu harus ada untuk mengobrolkan apapun dengannya. Atau kamu bisa menyiapkan hal lain seperti buku bacaan.

4Air Dingin dan Angin

tokopedia.com

Tentu saja selama proses melahirkan istrimu akan sangat banyak mengeluarkan keringat dan kepanasan. Kamu bisa siapkan kipas angin sederhana atau kipas tangan.

Selain itu, kamu juga harus siapkan lap kain yang dicelup air dingin, semacam kompres tetap menggunakan air dingin. Efek dingin ini dapat membuat istri kamu nyaman selama proses melahirkan.

5Kaos Kaki dan Selimut

tashamillergriffith.com

Nah, kalo air dingin tidak cocok dengan istrimmu, mungkin istrimu termasuk tipe yang merasa gemetar dan kedinginan selama proses melahirkan. Kamu harus siapkan kaos kaki untuk menghangatkan kakinya dan selimut untuk menghangatkan badan.

6Aroma

intisari-online.com

Beberapa perempuan mungkin seringkali terbiasa dengan wewanginan tertentu seperti minyak kayu putih dan beberapa aroma terapi. Kalau sengan itu istrimu merasa lebih nyaman dan rileks, kamu juga harus mempersiapkannya.

7Jadilah Tempat Berpegang

commons.wikimedia.org

Dalam banyak adegan melahirkan di film mungkin lazim ditampilkan bahwa suami menjadi tempat berpegang istri saat melahirkan. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan posisi dan kenyamanan istri.

Kalau sekiranya istri lebih nyaman berpegang dengan kursi, meja, atau benda lainnya. Kamu juga harus siap sedia untuk membuatnya mudah dijangkau istri kamu.

8Cinta

nabilabiela.com

Dalam masa seperti inilah, saat detik-detik kelahiran seperti inilah cinta tumbuh dan hidup lebih lebat dan banyak berbuah. Dan kamu lah cinta itu, orang yang diimpikan ibu hamil manapun tentu saja suaminya yang menemaninya selama A-Z proses melahirkan.

ummi-online.com
ummi-online.com

Jadi jangan pernah bosan dan menyepelekan kehadiranmu. Jika kamu bosan dan capek, istri telah mengalami bosan dan capek itu ditambah berat dan berbagai gejala ketidaknyamanan hamil selama 9 bulan.

Maka kali ini hadirlah hingga semuanya selesai dan anakmu lahir dengan selamat ke dunia. Hadirlah dengan setia karena itulah cinta yang akan mengurangi rasa sakit dan mempersingkat proses melahirkan istri kamu tercinta.

Selamat belajar menjadi seorang ayah!