Minyak bumi merupakan cairan kental, berwarna coklat gelap atau kehijauan yang mudah terbakar. Minyak bumi berada pada lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Penampakan fisik minyak bumi beragam tergantung komposisinya. Minyak bumi sendiri tersusun dari senyawa hidrokarbon.

Perbedaan komposisi ini tergantung dari faktor umum, suhu pembentukan, dan cara pembentukan. Minyak dari Indonesia mengandung banyak senyawa aromatik seperti benzena.

Sedangkan minyak dari Rusia mengandung banyak sikloalkana. Berdasarkan analisis para ilmuwan bahwa minyak bumi tersusun atas berbagai macam hidrokarbon diantaranya alkana, sikloalkana, dan hidrokarbon aromatik.

Ada sebagian kecil elemen-elemen lain yang menyusun minyak bumi seperti nitrogen, oksigen, dan sulfur ditambah beberapa jenis logam seperti besi, nikel, tembaga, dan vanadium.

Berikut beberapa teori yang menerangkan terbentuknya minyak bumi.

1Teori Biogenesis (Organik)

idkf.bogor.net

Teori ini pertama kali diterangkan oleh Macquir pada tahun 1758, dia seorang berkebangsaan Prancis. Macquir menerangkan bahwa minyak bumi berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kemudian, pendapat itu didukung oleh M. W. Lamanosow (Rusia, 1763). Beberapa sarjana seperti Nem Beery, Engler, Bruk, dan Hofer juga mendukung pendapat tersebut.

Berdasarkan teori Biogenesis ini, minyak bumi terbentuk karena adanya kebocoran kecil dalam siklus karbon. Siklus karbon yang terjadi antara atmosfir dan permukaan bumi.

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Menurut teori ini, ketika makhluk hidup mati maka 99,9% senyawa karbon yang diuraikan akan kembali mengalami siklus rantai makanan.

Nah, di sini letak kebocoran yang dimaksud oleh teori ini, 0,1% senyawa karbon sisanya akan terjebak dalam tanah. Terjebak kemudian tertumpuk sedimen. Inilah cikal bakal senyawa fosil atau embrio minyak bumi.

Jasad ikan dan tumbuhan tumbuhan laut inilah yang dulunya merupakan awal dari minyak bumi. Namun, ini terjadi dalam waktu yang sangat lama.

2Teori Abiogenesis (Anorganik)

untukkimia.blogspot.co.id

Barth Barthelot (1866) berpendapat bahwa di dalam minyak bumi ada logam alkali. Dalam keadaan bebas dengan temperatur tinggi logam ini akan bersentuhan dengan CO2 membentuk asitilena.

Kemudian pada tahun 1877, Mendeleyev berpendapat bahwa minyak bumi terbentuk akibat adanya pengaruh kerja uap pada karbida-karbida logam dalam bumi.

Dari teori bisa disimpulkan bahwa asal mula terbentuknya minyak bumi dari unsur-unsur kimia di dalam tanah yang dipengaruhi suhu dan tekanan tinggi.

3Teori Duplex

hedisasrawan.blogspot.co.id

Teori duplex ini merupakan perpaduan dari kedua teori di atas. Teori duplex lebih banyak diterima oleh kalangan luas.

Teori duplex ini mengemukakan tentang terbentuknya minyak bumi yang berasal dari materi hewani dan materi nabati. Akibat pengaruh waktu, tekanan dan suhu maka materi ini berubah bentuk.

Tumbuhan laut mendapat energi dari matahari dengan fotosintesis. Selain tumbuhan laut, hewan laut juga mendapat asupan energi dari memakan makanan.

hedisasrawan.blogspot.co.id
hedisasrawan.blogspot.co.id

Jasad dari tumbuhan dan hewan hewan laut seperti ikan dan yang lain akan terkumpul di dasar cekungan sedimen, kemudian membentuk batuan induk atau source rock.

Proses terbentuknya batuan induk ini sangat spesifik, sehingga tidak semua cekungan sedimen akan mengandung minyak. Jika karbon teroksidasi maka tidak terbentuk minyak, hanya akan masuk siklus rantai karbon.

hedisasrawan.blogspot.co.id
hedisasrawan.blogspot.co.id

Source rock akan terkubur di bawah batuan batuan yang lain. Terkuburnya batuan induk ini berlangsung selama jutaan tahun. Tertumpuk berkali-kali sehingga batuan yang mengandung krabon akan terpanaskan.

Semakin dalam batuan ini tertimbun akan semakin naik suhunya. Minyak bumi terbentuk pada suhu 50 sampai 180 derajat celcius.

Semakin suhu naik maka akan memasak karbon yang ada menjadi gas.

hedisasrawan.blogspot.co.id
hedisasrawan.blogspot.co.id

Source rock atau batuan induk yang mengandung banyak karbon terkena panas dan bereaksi dengan hidrogen membentuk hidrokarbon. Minyak yang dihasilkan dari batuan ini adalah minyak mentah.

Minyak mentah ini memiliki kekentalan yang lebih tinggi dari air, namun berat jenisnya lebih kecil dari air. Sehingga minyak mentah akan cenderung naik dan nantinya akan terperangkap oleh batuan sepeti mangkok terbalik.

Minyak yang tertangkap ini merupakan minyak mentah yang siap ditambang.

www.voaindonesia.com
www.voaindonesia.com

Bagaimana? Apakah kamu sudah sedikit mengerti bagaimana minyak bumi terbentuk? Membutuhkan ribuan juta tahun untuk terbentuk minyak yang siap ditambang. Tapi hanya butuh beberapa ratus tahun untuk menghabiskannya.

Lihat betapa para pekerja perusahaan ini berkutat dengan mesin dan pipa-pipa besar yang di dalam berisi minyak yang siap meledak kapan saja.

Mereka tetap bekerja menjaga pasokan minyak tetap lancar, walau dengan resiko yang sangat tinggi.

SHARE