Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang sangat disukai banyak orang. Pelangi adalah lambang keindahan ciptaan Tuhan.

Terlepas dari semua itu, proses terjadinya pelangi berhubungan erat dengan tanda-tanda di alam. Ada pelangi, pasti ada hujan.

Seperti apa fakta yang terkuak di balik proses terjadinya pelangi? Berikut ulasannya.

1Pelangi dan Hujan Rintik-Rintik

uwitluv.wordpress.com

Pelangi terindah terjadi saat hujan yang turun hanya rintik-rintik saja atau gerimis.

Ketika itu kamu akan melihat pelangi muncul dengan berlatar belakang awan mendung. Warna-warna pelangi akan terlihat sangat jelas dan tegas.

2Pembiasan Cahaya Matahari

blagodatima.wordpress.com

Pelangi sebenarnya merupakan hasil pembiasan cahaya matahari terhadap titik-titik air hujan. Cahaya matahari adalah cahaya yang terdiri dari banyak warna atau polikromatik.

Meski warna yang kamu lihat itu putih, tapi sesungguhnya matahari memiliki lebih dari satu gelombang cahaya.

Gelombang cahaya terpanjang yang akan kamu lihat dalam kondisi normal yakni gelombang cahaya putih. Itulah sebabnya warna cahaya matahari dominan putih pada keadaan cuaca cerah.

wallpaper.com
wallpaper.com

Ada tujuh warna gelombang cahaya matahari yang bisa ditangkap mata manusia, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Ketujuh cahaya ini memiliki panjang gelombang yang berbeda satu dengan lainnya.

Pita warna yang muncul saat terjadi pelangi disebut spektrum. Pelangi terjadi karena adanya cahaya matahari yang dibiaskan oleh butir-butir air. Teori pembiasan cahaya matahari ini sudah kamu pelajari dalam fisika.

Dalam ilmu fisika dipelajari tentang prisma kaca. Cahaya matahari melewati butiran air lalu membias membentuk aneka gelombang warna.

Warna pelangi paling atas adalah merah, sedangan yang paling bawah berwarna ungu. Fenomena pelangi bisa kamu lihat jika ada gerimis atau rintik hujan turun bersamaan dengan sinaran matahari.

tripavillage.blogspot.com

Kalau ingin melihat pelangi, posisi kamu harus membelakangi matahari. Dalam ilmu fisika, antara kamu, matahari dan pusat busur pelangi diharuskan berada di satu garis lurus.

Pelangi juga dapat terjadi di daerah air terjun. Sinar matahari yang masuk dibiaskan oleh percikan air terjun lalu membentuk gelombang warna.

3Pelangi dan Mitologi

kartunlucu.com

Fenomena pelangi tidak lepas dari mitologi kuno. Dalam mitologi Cina, menceritakan bahwa pelangi ditorehkan oleh Dewi Nuwa. Dewi Nuwa menggunakan batu lima warna untuk menciptakan pelangi.

Beda lagi jika berdasarkan mitos Yunani. Mereka mempercayai pelangi sebagai jalan menuju surga. Jalan tersebut dilewati oleh Dewi Iris, sang pembawa pesan.

Nah, kalau menurut versi India, pelangi dan Wisnu erat kaitannya. Orang-orang India menyebutkan bahwa pelangi itu busur panah Dewa Wisnu.

4Macam-Macam Pelangi

sciencehistorylover.com

Classic Rainbow merupakan macam pelangi yang pertama. Pada dasarnya, pelangi yang kamu lihat memiliki 7 (tujuh) macam warna. Namun, pada pelangi classic rainbow, warna pelangi hanya ada 6 (enam) warna.

Warna pelangi tersebut yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru dan ungu. Warna-warna tersebut dipengaruhi oleh keadaan atmosfer dan waktu terjadinya pelangi.

Kemudian ada Circular Rainbow. Pelangi yang ini berbentuk busur lingkaran. Tapi, untuk melihatnya tidak mudah. Warna yang terlihat hanya empat warna saja.

zhishan.wordpress
zhishan.wordpress

Secondary Rainbow mempunyai lapisan pelangi dua macam, sekunder dan primer.

Jika lapisan primer ditumpangi pelangi sekunder, maka warna pelangi sekundernya jauh lebih redup. Warna yang diperlihatkan pun kebalikan dari warna primer.

Red Rainbow berbeda dari yang lainnya. Kamu pernah menyaksikan fajar atau senja? Kalau pernah, pasti juga melihat atmosfir di sekitarnya menjadi biru. Lalu munculah cahaya oranye atau merah hasil pembiasan air.

Itu yang dinamakan Red Rainbow. Warna inilah yang disebut pelangi di sore hari. Terkadang spektrum ujungnya berwarna merah, tapi kadang oranye.