Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam di muka bumi ini. Tepatnya adalah puasa di Bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Namun, di luar puasa di Bulan Ramadhan yang wajib hukunya, juga ada beberapa puasa sunnah.

Salah satu puasa sunnah yang dikerjakan oleh Rasulullah adalah puasa senin kamis. Puasa sunnah ini paling sering dilaksanakan oleh Rasululah. Sebagaimana hadits beliau,

“Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis. Maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, “Tangguhkan keduanya.” (H. R. Imam Ahmad)

Banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan jika mau rutin melakukannya. Berbagai keutamaan akan membuat hidup kita semakin terasa mudah dan berkah. Penasaran apa saja keutamaan tersebut? Yuk simak berikut ini.

1Menguatkan Jiwa

dakta.com

Allah telah menjamin bagi setiap muslim yang menjalankan puasa secara totalitas, maka dirinya akan mendapatkan kekuatan dalam jiwanya. Hal ini akan membuatnya lebih mudah dalam mengendalikan hawa nafsunya.

Seseorang yang memiliki kekuatan jiwa dan mampu mengendalikan hawa nafsu, maka akan memperoleh derajat yang tinggi di hadapan Allah. Sehingga peluang untuk mendapat ampunan atas segala dosa semakin besar. Doa-doa yang dipanjatkan pun akan mudah terkabulkan.

2Dijamin Surga dan Terhindari Dari Api Neraka

nitachristin.wordpress.com

Bahwasanya Allah telah siapkan surga untuk hambaNya yang beriman, bertakwa dan beramal soleh. Di surga inilah segala kenikmatan yang abadi akan manusia peroleh. Surga merupakan sebaik-baiknya tempat yang telah Allah ciptakan.

Dan bagi orang-orang yang menjadikan puasa sebagai amalan hariannya hingga Allah cabut nyawanya. Maka dirinya akan mendapatkan kesempatan khusus untuk memasuki surga yang dikhususkan bagi orang-orang yang istiqomah dalam berpuasa.

Selain itu, Allah juga akan menjauhkannya dari siksa neraka yang begitu sangat menyakitkan.

3Menyehatkan Badan

iran-daily.com

Keutamaan selanjutnya bagi orang yang berpuasa Senin Kamis secara istiqomah adalah sehat badan. Para ahli kesehatan di dunia bahkan telah meneliti dan membuktikan kebenaran tersebut. Karena itulah, mengapa Rasulullah juga sangat jarang terkena penyakit.

4Mengingat dan Merasakan Penderitaan Orang Lain

cintamajlis.com

Bagi kita yang berada pada kondisi ekonomi yang berkecukupan, seringkali lupa akan keberadaan orang-orang yang hingga saat ini masih dalam kekurangan. Bagi mereka, bahkan untuk makan sehari-hari masih kesulitan.

Maka dengan berpuasa, tubuh kita dilatih untuk merasakan lapar dan haus. Hal ini akan menjadi pengalaman dan pengajaran bagi kita akan pentingnya selalu berbagi kepada orang di sekitar kita yang masih membutuhkan.

Coba saja bayangkan, jika diri kita berpuasa dan merasakan lapar. Maka semua itu hanya akan berakhir beberapa jam saja. Lalu bagaimana dengan mereka yang hidup dalam serba kekurangan? Seolah-olah penderitaan mereka tidak akan pernah berakhir.