Agar anak tidak banyak jajan di luar rumah, maka seorang ibu harus pandai-pandai membuat makanan di rumah. Sehingga anak lebih suka makanan yang dibuat oleh ibunya dibandingkan jajanan di luar yang tidak terjamin kesehatannya.

ruhayurazali.blogspot.com
ruhayurazali.blogspot.com

Makanan apa saja sih yang bisa kita buat sendiri di rumah? Tentunya banyak macamnya, bisa dalam bentuk cake, donat, pizza home made. Oiya, anak-anak pun sangat suka dengan puding lho!

Salah satu puding yang bisa kamu coba buat di rumah adalah puding jagung. Rasa jagung yang manis dan gurih akan sangat enak jika dipadukan dengan agar-agar yang lunak dan lembut.

realitiimaginasi.com
realitiimaginasi.com

Kira-kira susah nggak ya buat puding jagung ini? Kalau kamu penasaran dan berminat untuk membuatnya, ada baiknya kamu lihat yuk resep membuat puding jagung berikut ini.

1Bahan untuk Membuat Puding Jagung

istanasayurmini.yukbisnis.com

Sebelum kita membuat puding jagung, jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Kenapa perlu disiapkan? Supaya proses pembuatannya lebih cepat dan tidak ada bahan yang terlupa untuk dicampurkan.

Nah, untuk itu sekarang siapin buku catatan untuk mencatat bahan-bahannya ya! Informasi mengenai bahan apa saja yang diperlukan bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Santan kelapa sebanyak 500 ml
  • Jagung manis sebanyak 125 gram
  • Gula pasir sebanyak 240 gram
  • Tepung maizena sebanyak 2 sdm
  • Agar-agar instant sebanyak 2 sachet
  • Pewarna makanan berwarna kuning, secukupnya
  • Air mineral sebanyak 500 ml
  • Susu kental manis cokelat sebanyak 1/4 kaleng
  • Cokelat bubuk sebanyak 25 gram
primaradio.co.id
primaradio.co.id

Kalau kamu sudah catat bahan-bahannya, maka setelah itu kamu mulai bisa menyiapkannya. Jika bahannya tidak tersedia di rumahmu, maka kamu perlu membelinya terlebih dahulu.

Jika semua bahan sudah disiapkan, maka kita bisa melanjutkan ke proses pembuatannya. Apakah kamu sudah siap? Yuk kita ikuti langkah-langkah pembuatannya dengan baik.

2Cara Membuat Puding Jagung

drunnawannafree.wordpress.com

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk membuat puding jagung adalah merebus jagungnya, lalu jagung yang sudah direbus itu kita pisahkan dari bonggolnya dan diblender sampai jagungnya menjadi lembut.

Lalu, di dalam blender yang sama, kita bisa tambahkan santan, gula pasir, tepung maizena, dan pewarna kuning alami. Jika semuanya sudah dimasukkan setelah itu kita blender kembali sampai semuanya halus dan tercampur rata.

fristakupris.wordpress.com
fristakupris.wordpress.com

Jika adonan puding yang sudah kita blender tadi sudah halus, maka setelah itu kita bisa memasukkan adonan tersebut ke dalam cetakan. Bentuk cetakannya bisa kita sesuaikan dengan selera dan ketersediaan cetakan di rumah kita.

Nah, setelah adonan kita masukkan ke dalam cetakan, maka setelah itu kita bisa mengukusnya. Proses mengukus ini kita lakukan sampai pudingnya terlihat matang dengan sempurna.

Jika puding sudah matang, maka kita bisa mengangkatnya dan mendinginkannya, agar teksturnya mengeras. Sementara itu, kita bisa membuat vla untuk dituang di atas pudingnya.

Cara membuat vlanya cukup mudah, kita hanya perlu memanaskan air, kemudian memasukkan bahan-bahan seperti susu kental manis coklat, gula pasir, tepung maizena, dan coklat bubuk. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga semua adonan tercampur merata.

Nah, jika vla dan puding jagungnya sudah jadi, maka kita sudah bisa menyajikannya untuk keluarga kita. Oiya, puding jagung ini pun bisa kita jadikan salah satu menu untuk bekal sekolah anak kita.

Wah, kalau dibawa ke sekolah, tentunya tidak hanya anak kita saja yang suka, teman-teman sekolahnya pasti juga suka. Jadi jangan lupa untuk melebihkan puding jagungnya di wadah bekal anak kita ya!