Apakah kamu merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari? Atau pekerjaan yang kamu lakukan saat ini begitu menguras tenaga? Wah, kalau kamu merasa seperti itu, berarti tandanya kamu harus melepaskan semua rutinitasmu sejenak.

Kamu perlu rekreasi untuk mengumpulkan energi. Tapi, enaknya rekreasi ke mana ya? Sepertinya rekreasi di Kepulauan Seribu asyik juga tuh. Selain dekat dengan Jabodetabek, tempat ini pun mudah ditempuh menggunakan kapal rakyat ataupun speedboat.

Nah, salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang asyik buat kamu kunjungi adalah pulau Harapan. Wih, dari namanya saja, kita sudah langsung berharap mendapat suguhan tempat rekreasi yang seru nih.

Kira-kira apa saja ya yang bisa kita lakukan saat berkunjung di pulau Harapan? Kamu perlu tahu dari sekarang tuh, jangan sampai kamu di sana tapi kamu nggak punya persiapan. Misal persiapan pakaian apa yang perlu dibawa dan persiapan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, langsung kita lihat yuk, aktivitas yang bisa kita lakukan selama di pulau harapan. Check this out ya!

1Bersepeda Keliling Pulau

cycling-id.com

Pulau Harapan terletak di salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini secara administratif masih di bawah Jakarta lho. Jadi masih mudah dijangkau oleh kita.

Walaupun mudah dijangkau dan banyak dikunjungi wisatawan, namun tetap saja perjalanan menuju pantai ini begitu melelahkan. Namun, rasa lelah itu sekejap bisa hilang ketika kita mulai berkeliling di pulau ini menggunakan sepeda.

Jadi, kalau kamu di sana, kamu wajib melakukan wisata keliling pulau menggunakan sepeda. Pulau ini nggak begitu luas kok, luasnya kurang lebih hanya 6,5 hektar.

Saat keliling pulau tentunya kamu akan melihat banyak keindahan yang disuguhkan pulau ini. Mulai dari kehidupan penduduknya, aktivitas para wisatawan, serta spot-spot cantik sepanjang perjalanan yang bisa kamu jadikan objek foto.

2Snorkeling

sobatpetualang.com

Selain keliling pantai menggunakan sepeda, kamu pun bisa melakukan snorkeling. Dengan melakukan kegiatan ini, maka kamu akan menikmati keindahan alam di bawah laut.

Untuk melakukan kegiatan ini, kamu bisa mendatangi jasa penyedia snorkeling. Biasanya nanti kamu akan diajak ke spot-spot yang indah dan cocok untuk kamu melakukan kegiatan ini.

3Diving

namestourandtravel.com

Berbeda dengan snorkeling yang bisa dilakukan di pinggiran pantai, kalau diving membutuhkan perairan yang lebih dalam. Jadi biasanya untuk melakukan diving, kamu perlu di bawa menggunakan perahu ke wilayah laut yang lebih dalam.

Semakin dalam laut yang kamu lihat, maka kamu akan melihat aneka kehidupan yang begitu menakjubkan di bawah laut sana. Mulai kumpulan ikan yang berenang bersama-sama ataupun terumbu karang berwarna-warni. Ini semua bisa kamu dapatkan di pulau Harapan.

4Susur Pantai

pulauperak.com

Kalau kamu punya stamina yang prima, mungkin kamu perlu coba juga melakukan susur pantai. Susur pantai itu pada dasarnya berkeliling pulau di sepanjang pantai. Namun, ini kamu lakukan dengan berjalan kaki.

Menginjak pasir pantai serta melihat kehidupan di pinggir pantai yang kamu lalui, pasti membuat perjalananmu menjadi sangat luar biasa. Kamu berani melakukan hal ini?

5Bermain Pasir Pantai

backpackerkoprol.com

Pasir pantai bisa menjadi media bermain yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menuliskan namamu di pasir, membuat rumah, dan gunung dari pasir, serta permainan lainnya.

6Penelusuran ke Pulau-pulau Sekitar

travelkepulauanseribu.com

Di sekitar pulau Harapan ada pulau-pulau kecil yang bisa sekalian kamu kunjungi. Jadi perjalanan kamu bisa seperti sebuah pepatah, sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui.