Kepulauan seribu tidak punya seribu pulau, kamu pasti tahu itu bukan? Berbagai kata dan frasa dengan tambahanĀ ‘seribu’ lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai metafora kekaguman.

Nah, namun jangan kaget kalau jumlah pulau kecil di kepulauan seribu mencapai lebih dari 100 pulau. Dan satu di antara pulau tak berpenghuni tersebut adalah Pulau Macan. Pulau dengan banyak macan?

1Pulau Macan

rurisiruri.wordpress.com

Pulau Macan awalnya hanyalah pulau pribadi yang dikelola oleh satu keluarga kecil berkebangsaan Jerman. Itu adalah sepuluh tahun yang lalu. Hingga keluarga Jerman tersebut menyerahkan pengelolaan Pulau Macan pada Roderick.

Roderick lahir dan besar di Indonesia, keturunan keluarga Eropa dan berpaspor Amerika Serikat. A simple beautiful place, hal yang pertama terlintas di kepala Roderick saat pertama kali mengunjungi pulau ini.

Sejak saat ini di bawah arahan Roderick, Pulau Macan berubah menjadi kawasan dengan pengelolaan bertajuk Tiger Islands Village & Eco Resort. Jadilah segara sumber daya di pulau ini menggunakan solar cell dan turbin angin.

Namun, apa sebenarnya yang bisa kamu lakukan di Pulau Macan? Berkejaran ketakutan diburu macan kelaparan?

2Snorkeling

3soeponos.wordpress.com

Tidak, jangan takut, di Pulau Macan sama sekali tidak ada macan. Sebagai gantinya, kamu mungkin sangat beruntung jika mampu menyaksikan ikan becorak belang-belang oranye hitam seperti kulit macan.

Jikapun tidak, kamu akan tetap disuguhi pemandangan bawah laut sekitar Pulau Macan yang mengagumkan. Air laut yang jernih, terumbu karang yang terawat alami dan sekumpulan ikan kecil yang ramah.

Suasana yang bisa menggantikan keberadaan macan di Pulau Macan bukan?

3Canoe Games

backpackstory.me

Permainan air lainnya yang bisa kamu lakukan di Pulau MacanĀ adalah mendayung kano. Kamu bisa lakukan games sederhana dengan keluarga sambil berpasangan dengan anak kamu.

Coba saja balapan kano atau saling dorong kano hingga salah satu perahu kano terjungkal dan kamu jatuh ke dalam air. Hal yang membuat lebih seru lagi, kano yang digunakan di sini hanyalah papan selancar panjang yang cukup untuk tiga orang di atasnya.

4Coral Planting

backpackstory.me

Tentu saja konsep eco resort tidak hanya menawarkan berbagai pemandangan alami yang mengagumkan. Kamu juga akan diberikan kesempatan untuk ikut merawat alam terumbu karang di Pulau Macan.

Dengan program penanaman terumbu karang kamu bisa ajari anak kamu untuk lebih mencintai laut dan menjaganya dari berbagai kotoran yang diciptakan manusia.

5Trekking

bangaloretrekkingclub.com

Nah, setelah puas berbasah-basahan, kamu dan keluarga bisa melakukan penjelajahan alam menyusuri berbagai jalan bercabang di Pulau Macan. Penjelajahan atau yang biasa dikenal dengan istilah trekking bisa kamu lakukan bersama keluarga tercinta.

Kamu bisa membagi keluarga menjadi dua tim dan melakukan trekking dari dua titik yang berbeda untuk kemudian bertemu di titik tertentu di pulau ini.

Bagaimana? Kamu berani mencobanya? Tenang saja tidak akan ada macan yang bersembunyi di balik semak-semak.

6Sunset

backpackstory.me

Sekarang kamu bisa merebahkan lelah dan melakukan relaksasi di pinggir pantai. Setelah semua keceriaan sepanjang hari, kamu bisa menuntaskan fase pertama liburanmu di Pulau Macan dengan menikmati sunset yang menakjubkan.

Sembari menunggu senja berlabuh, kamu dapat juga menikmati fasilitas massage yang disiapkan oleh pengelola Pulau Macan.

7Fun Night

asliandalex.com

Malam hari sebelum melepas Pulau Macan dan kembali ke Jakarta yang padat, kamu bisa melakukan banyak hal. Kamu bisa membuat api unggun bersama keluarga sembari memanggang ikan atau berbagai bahan layak bakar lainnya.

Jika perut belum lapar, sebelum makan besar kamu bisa bermain dart game, biliar, dan permainan kartu sederhana bersama keluarga. Sungguh family quality time, satu hari penuh liburan di Pulau Macan yang indah.