Nama Pulau Pagang yang terletak di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat ini mungkin masih agak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Namun bagi para traveler yang menyukai keindahan alam laut dan pantai, pulau ini sepertinya sudah menjadi destinasi favorit tersendiri bagi mereka. Bagaimana tidak, keindahan alam dari pulau ini begitu alami dan mempesona.

Pulau ini sendiri memiliki jumlah penduduk yang terhitung cukup padat. Dengan bentuk topografi berbukit dan dipenuhi dengan clif atau batu karang, serta memiliki banyak tumbuhan tingkat tinggi seperti mangrove dan pohon kelapa.

Suasana itulah yang membentu Pulau Pagang ini khas dengan nuansa alaminya yang benar-benar eksotis.

Di sini, para wisatawan akan disuguhkan dengan banyak wisata yang bisa dinikmati, selain pemandangan yang tentunya akan membuat betah berlama-lama di wilayah ini.

Wisata yang bisa dinikmati antara lain adalah wisata bahari seperti diving dan snorkeling, berenang, atau berjemur sambil menikmati pemandangan pantai dan laut.

Selain itu juga ada wisata alam dengan menikmati indahnya kawasan Pulau Pagang melalui perjalanan pendakian ke bukit atau menyusuri sepanjang pulau dan pantai.

Selain wisata alam yang ditawarkan, hasil alam atau hayati dari Pulau Pagang adalah terumbu karang yang masih indah dan alami serta beberapa ikan yang biasa ditangkap oleh masyarakat nelayan sekitar untuk dijual.

Nah, ngomong-ngomong tentang penamaan dari Pulau Pagang ini sendiri, ada kisah atau legenda yang cukup menyentuh dan beredar turun temurun di masyarakat sekitar pulau.

Kisahnya adalah tentang sebuah keluarga yang awalnya tinggal di kawasan Tarusan. Konon, keluarga ini mengalami konflik perpecahan dan akhirnya membuat anggotanya saling berpisah dan hidup terpencar-pencar.

Hingga akhirnya, salah satu keluarga yang telah menetap di Pulau Pasumpahan berinisiatif untuk mempertemukan kembali keluarganya dalam satu keutuhan keluarga seperti dahulu. Dipilihlah sebuah pulau yang dijadikan tempat bertemu mereka kelak.

Ya, pulau itu bernama Pulau Pagang, yang artinya Pulau yang Menyatukan Satu Keluarga Kembali.