Siapa bilang Jakarta tidak punya wisata alam yang memukau? Kepulauan Seribu menjadi tujuan wisata alam yang menarik, terutama bagi kamu yang tidak ingin repot pergi keluar kota.

Kepulauan Seribu sendiri sebenarnya memiliki banyak pulau. Yang paling terkenal adalah Pulau Tudung dan Pulau Pramuka, keduanya juga paling sering dikunjungi. Namun, kini ada pulau yang mulai naik daun dan menjadi favorit baru warga Jakarta.

Namanya Pulau Pari, berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini dapat diakses hanya dengan 1-1,5 jam saja dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara. Jarak dengan pulau lainnya seperti Pulau Tudung dan Pramuka juga berdekatan.

Di tengah mulai ramai dan kotornya Pulau Tudung dan Pramuka, Pulau Pari menjadi favorit baru karena masih alami. Pulau ini juga memiliki pantai cantik dengan pasir putih dan laut bening kehijauan.

Setidaknya ada tiga obyek wisata yang bisa kamu nikmati di Pulau Pari, yakni Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Ketiganya dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

Pendapatan dari usaha pariwisata dikelola untuk pengembangan infrastruktur dan fasilitas wisata, kebersihan, dan perawatan, serta pembiayaan kegiatan sosial masyarakat.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di tiga objek wisata Pulau Pari, ini dia ulasannya.

1Bersantai dan Menikmati Keindahan Pantai

blog.travellist-tour.com

Pantai perawan masih alami dengan pasir putih ini terhampar sepanjang pulau hampir 500 meter menghadap ke utara. Di sekeliling pantai tampak tumbuh koloni mangrove untuk membantu mengurangi abrasi karena hantaman ombak.

Pemandangan indah juga nampak di sekitar lagoon di utara pulau. Jika sedang surut lagoon tersebut berubah menjadi daratan pasir putih dengan beberapa genangan air yang kadang berisi biota laut seperti bintang laut dan ikan-ikan kecil.

Kita bisa menyusuri lagoon ini dengan berjalan kaki jika airnya sedang surut atau juga bisa dengan perahu sampan jika airnya sedang pasang.

2Snorkeling

farizfrmnsyh.blogspot.com

Bagi kamu yang hobi snorkeling dan ingin melihat keindahan ikan-ikan di lautan, Pulau Pari menyediakan semuanya. Kamu tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling, warga sekaligus penyelenggara pariwisata di sini menyewakan dengan lengkap.

Pengalaman eksotis yang tidak terlupakan, begitu kira-kira komentar para pengunjung setelah snorkeling di Pulau Pari. Menyapa koloni ikan cantik sambil memberi makan mereka pasti akan menyenangkan.

3Diving

simomot.com

Sekedar berenang di permukaan laut atau snorkeling mungkin tidak terlalu memuaskan bagi para pecinta bawah laut. Mereka lebih senang dan tertantang dengan diving, baik itu fun diving ataupun scuba diving.

Tapi perlu diingat agar selalu hati-hati dalam diving di lautan Pulau Pari. Kesehatan tubuh menjadi syarat dan kelengkapan alat juga tak boleh disepelekan. Bahkan untuk scuba diving bukan saja harus ada dive guide tetapi harus ditemani dive master.

4Memancing

fishing-mancing.com

Lautan di Pulau Pari juga menjadi favorit bagi para mancing mania. Banyak komunitas mancing yang telah datang ke sana. Beberapa tangkapan menarik seperti ikan kakap merah, ikan tengiri paling banyak didapatkan.

Paling favorit dan butuh kesabaran memancingnya adalah ikan barakuda atau ikan alu-alu dalam bahasa sekitar. Ikan super cepat itu hanya bisa ditangkap dengan teknik memancing yang baik dan juga umpan yang sesuai.

5Water Sport

tiiramisuu.blogspot.com

Permainan air yang tersedia di Pulau Pari seperti banana boat, jetsky, sofa boat, donat boat, dan kano. Aneka permainan ini bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh hampir semua kalangan.

Harga yang ditawarkan mulai dari 35.000 rupiah per orang untuk sekali trip saja untuk banana boat, sofa boat, donat boat.

6Bersepeda Keliling Pulau

alaniadita.blogspot.com

Bosan bermain air di pantai dan di laut, pilihan terbaik adalah bersepeda mengelilingi Pulau Pari. Baiknya kamu bersepeda di pagi hari atau sore hari agar nggak kepanasan dan bisa menyaksikan sunset dan sunrise.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here