Satu di antara seribu pulau di kepulauan seribu adalah Pulau Pramuka. Buat kamu yang bukan orang Jakarta atau Jawa Barat, mungkin ini kali pertamu kamu menderngar tentang Pulau Pramuka.

Hal yang tentu saja menjadi alasan utama mengapa kamu harus ke berbagai pulau di kawasan Kepulauan Seribu adalah lokasi wisata yang akan membuat momen liburan kamu tidak terlupakan.

Nah, salah satunya adalah di Pulau Pramuka ini. Pulau Pramuka adalah satu dari seribu alasan mengapa kamu haru ke Kepulauan Seribu, tidak percaya? Kamu bisa membuktikannya sendiri.

1Pulau Pramuka

pulau-pramuka.com

Pulau ini adalah kawasan kecil seluas 9 hektar yang termasuk dalam kelurahan Pulau Panggang. Uniknya disini terdapat berbagai fasilitas yang layak untuk penduduk setempat.

Hal lain yang lebih aneh, di pulau ini ada berbagai suku dari luar daerah Jawa Barat. Mulai dari etnis Bugis dan Madura, kemudian tentu saja etnis Banten dan Betawi.

pulau-pramuka.com
pulau-pramuka.com

Mulai dari sarana pendidikan, ibadah, pusat ekonomi dan rumah sakit. Tentu saja juga tersedia villa dan berbagai penginapan untuk turis yang ingin berkunjung ke Pulau Pramuka ini. Tetapi, apa yang menarik dari Pulau Pramuka?

Pertama, kamu harus berhati-hati, sesampainya di Pulau Pramuka, kamu akan disambut oleh para hiu.

2Awas, Ada Hiu!

dtravelind.com

Kamu tidak perlu terlalu was-was jika ingin bercebur ke laut di Pulau Pramuka. Hiu yang ada di pulau ini berada aman di dalam kolam penangkaran. Jadi, kamu cukup hanya bisa melihatnya.

Tentu saja kamu tidak diperkenankan untuk menyentuhnya. Beberapa hiu juga masih berukuran kecil. Pemandangan yang cukup cantik dari para hiu kecil untuk anak kamu yang antusias pada pengetahuan tentang laut.

3Eretmochelys imbricata

oregonpassivehouse.blogspot.com

Wisata edukasi laut yang pas buat anak kamu, disini kamu bisa mengenalkan penyu sisik yang eksotis. Pulau ini adalah tempat penangkaran penyu sisik atau Eretmochelys imbricata.

Kamu harus datang di waktu yang tepat untuk turut melakukan sendiri pelepasan penyu ke alut lepas dari pesisir pantai pulau ini. Anakmu akan belajar sesuatu yang besar dari tukik-tukik mungil tersebut.

Ia akan belajar bagaimana mencintai laut, bagaimana menghargai laut dan bagaimana bersyukur pada Tuhan yang mencipta laut.

4Mangrove

indonesia.travel

Selepas melepas tukik, kamu bisa ajak anakmu ke budidaya tanaman bakau atau mangrove. Menyusuri hutan mangrove yang tenang dengan perahu kecil akan jadi pengelaman yang menyenangkan buat anak kamu.

Ia akan belajar bagaimana akar tanaman bakau melindungi pantai tetap asri tanpa terkikis ombak. Anakmu akan belajar tentang alam di pulau pramuka yang saling melindungi satu sama lain.

5Laut Jernih Berarus Tenang

travelwisatapulauseribu.com

Hal yang sangat biasa dilakukan di berbagai lokasi wisata air adalah snorkeling dan scuba diving. Namun, kamu bisa melakukannya tanpa kendala apapun di Pulau Pramuka ini.

Dengan arus yang tenang dan air yang jernih, Pulau Pramuka menjadi spot diving yang sempurna. Meski dengan arus yang tenang, kamu tetap akan dapat menemukan berbagai ikan cantik di sela terumbu karang alami di sini.

Tentu saja kamu kamu bisa melakukan berbagai permainan air dengan penuh keceriaan. Sebut saja banana boat dan speed boat. Atau kamu lebih memilih bermandikan pasir pantai yang putih menawan sambil berlarian dengan keluarga?

mediabahri.com
mediabahri.com

Lakukan apapun yang kamu suka bersama keluarga di sini, di Pulau Pramuka. Di ujung hari, tentu giliran kamu bersantai menunggu habisnya senja. Kini bermandikan merah cahaya senja.

Suasana yang menentramkan dan menenangkan bukan? Sunset indah dan menawan di Pulau Pramuka sebelum kamu menikmati santap malah atau acara bakar-bakar ikan bersama keluarga di dekat penginapan pilihan kamu.