Alamnya yang membentang luas adalah harta luar biasa yang dimiliki Indonesia. Beragam bentang alam dengan segala pesonanya menjadikan Indonesia patut berbangga.

Banyak tempat indah di Indonesia dan masih banyak lagi yang jauh lebih indah tetapi belum terjamah manusia. Keunikan alam inilah yang sering menarik wisatawan untuk datang.

Indonesia kaya akan tujuan wisata yang unik, indah, dan menakjubkan. Beberapa di antaranya bahkan sudah diakui oleh dunia. Sebagian yang lain, masih tersembunyi dengan aman di tempatnya.

Salah satu yang menarik adalah Pulau Sempu. Karena kamu bisa menemukan laut di tengah-tengah pulau ini.

1Lokasi Pulau Sempu

jalanmalang.wordpress.com

Pulau Sempu masuk daerah Provinsi Jawa Timur. Letaknya tidak jauh dari Kota Malang, hanya sekitar 80 kilometer saja ke arah selatan. Sedangkan jaraknya dari Surabaya sekitar 180 kilometer.

Pulau Sempu bagian utara dibatasi Selat Sempu. Pada bagian selatan, timur serta baratnya dikeliling oleh Samudra Indonesia.

2Hutan Tropis di Pulau Sempu

sastraquotes.wordpress.com

Keindahan Pulau Sempu sudah terkenal. Ini karena alamnya yang masih sangat alami. Di dalam Pulau Sempu ada hutan tropis yang memiliki luas sekitar 887 hektar.

Hutan di Pulau Sempu ini adalah cagar budaya yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Penetapan Pulau Sempu sebagai cagar budaya sudah dilakukan sejak pemerintahan Belanda pada tahun 1928 yang dikuatkan dengan peraturan pemerintah Indonesia tahun 1999.

3Arti Nama Pulau Sempu

rizkirahmatia.wordpress.com

Pulau Sempu diberi nama demikian karena di dalamnya terdapat sebuah tanaman unik bernama ‘sempu’. Sayangnya tanaman ini sendiri kini sudah sulit ditemukan di pulau tersebut.

4Ekosistem Pulau Sempu

www.tanpakendali.com

Ada banyak ekosistem yang ditemukan di Pulau Sempu, dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang menjadi bagian utama pulau.

karimatatrip.com
karimatatrip.com

Sejumlah tanaman juga ditemukan di Pulau Sempu, seperti bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan sebagainya.

5Laguna Segara Anakan

malangonline.com

Tujuan utama kedatangan wisatawan ke Pulau Sempu ini adalah adanya Laguna Segara Anakan.

Letaknya sekitar 2,5 kilometer di sebelah dalam pulau. Untuk mencapainya harus melewati hutan lebat terlebih dahulu. Laguna ini terkenal karena pantainya yang berpasir putih dan sangat indah.

Selain indah, Laguna Segara Anakan ini juga terkenal karena airnya yang sangat tenang. Sehingga merupakan tempat yang sempurna untuk berenang dan menikmati keindahan alam.

Sayangnya, lokasinya sangat terpencil dan jalurnya masih cukup sulit diakses. Karenanya, tempat ini menawarkan suasana sangat intim dan privat.

Laguna Segara Anakan ini adalah laguna yang terbentuk karena air laut dari luar pulau masuk melalui karang.

6Cara Mencapai Pulau Sempu

pradiptodarmaji.blogspot.com

Karena tempatnya yang terpencil, maka perjalanan menuju Pulau Sempu akan jadi pertualangan yang menantang siapa saja yang ingin menjamah  Laguna Segara Anakan.

Kamu bisa memulai petualangan dengan menyeberangi selat dari Pantai Sendang Biru menuju ke Teluk Semut (Ant Bay) di Pulau Sempu.

rereniaachmad.blogspot.com
rereniaachmad.blogspot.com

Setelah sampai di sini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan melalui jalur tracking selama kurang lebih dua jam. Jalur yang dilalui adalah hutan lebat dan jalan curam serta terjal.

Meski jalur yang harus dilalui cukup sulit dan licin, tapi kamu tidak akan kecewa karena akan tetap disuguhkan keindahan alam sekitarnya.

Dan yang paling penting adalah kamu akan tiba di laguna cantik yang tersembunyi tetapi layak untuk diperjuangkan.

Jika membutuhkan pemandu untuk menuju Pulau Sempu, kamu bisa menemukan dan menggunakan jasa pemandu dari daerah Pantai Sendang Biru.

Sebagai cagar alam, sebenarnya kedatangan wisatawan ke Pulau Sempu dibatasi. Ini dilakukan agar ekosistem Pulau Sempu tetap terjaga dan terpelihara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here