masuriwisatatidung.com

Keren, Ada 12 Pulau Destinasi di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Siapa yang tidak mengenal Kepulauan Seribu? Gugus Kepulauan yang letaknya tidak jauh dari ibukota Indonesia, yakni Jakarta, ternyata memiliki tak kurangnya 12 pulau kecil.

Pulau Bidadari

travel.kompas.com
travel.kompas.com

Bidadari? Ya, penamaan yang menarik karena pasti akan terbayang eloknya pulau bak bidadari yang mengalihkan dunia bagi siapa saja yang melihatnya. Letak Pulau Bidadari sekitar 15 Km dari Jakarta kira-kira 30 menit dari Marina Ancol.

Destinasi yang bisa kamu nikmati yakni Benteng Martello yang merupakan saksi sejarah pada zaman VOC-Belanda abad ke-17.

Pemerintah setempat pun menggalakkan program “Ayo ke Laut!” sebagai sarana edukasi bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mempelajari tentang ekosistem laut.

Di Pulau Bidadari, kamu bisa selfie dengan nyamannya karena di pulau tersebut terdapat pepohonan yang rindang dan deburan ombak yang pastinya bisa menenangkan hati kamu.

Pulau Ayer

travelmatekamu.com

Ternyata, tidak hanya Pulau Bidadari yang letaknya tidak jauh dari Jakarta, ada Pulau Ayer nyatanya terletak lebih dekat dari dari Jakarta, yakni 20 menit dari Marina Ancol.

Di Pulau ini, kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dengan memanjakanmu melihat gedung-gedung Jakarta yang menjulang tinggi. Serta di malam hari, ada ribuan lampu Jakarta yang pasti kamu akan merasa takjub.

Pulau Sepa

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Jika di Pulau Bidadari dan Pulau Ayer, pengunjung tidak bisa melakukan snorkeling karena kondisi pantai yang tidak terjamin keasriannya. Tetapi, di Pulau Sepa, kamu bisa snorkeling dan diving.

Ya, Pulau Sepa merupakan salah satu pulau dengan pasir pantai terbaik di Kepulauan Seribu. Di Pulau Sepa, kamu bisa menikmati suasana bawah laut yang menghadirkan ikan hias dan terumbu karang yang berwarna-warni dan menyejukkan mata.

Di bagian tempat yang lain, kamu bisa memancing sembari menikmati keindahan pulau kecil yang menakjubkan.

Pulau Macan

devitatour.com
devitatour.com

Jarak tempuh dari Marina Ancol menuju Pulau Macan sama seperti perjalan ke Pulau Sepa yakni membutuhkan 90 menit dengan menggunakan speed boat.

Di Pulau Macan, kamu dapat melakukan pengamatan laut dengan snorkeling melihat berbagai jenis ikan, terumbu karang serta flora laut.

Kegiatan yang tak kalah menariknya adalah berkeliling disekitar Pulau Macan dengan menggunakan kano ataupun menikmati kejernihan air laut dengan berselancar. Destinasi yang menarik bukan?

Pulau Kotok

asiatatour.com
asiatatour.com

Pulau Kotok bisa dinikmati dengan perjalanan 90 menit dari Marina Ancol. Zonanya para pencinta diving karena kondisi laut yang masih terjaga ekosistemnya.

Pulau ini juga dikenal sebagai tempat konservasi burung Elang Bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta.

Pulau Pelangi

raja-wisata.com
raja-wisata.com

Pantai yang berjarak 60 Km dari dermaga Pantai Mutiara, atau sekitar 90 menit perjalanan merupakan pulau destinasi yang cocok untuk rombongan keluarga.

Keindahan alam dan lautnya yang menimbulkan rasa nyaman, menjadikannya tempat yang asyik untuk mengobrol dengan pasangan sembari menikmati rimbunan pohon dan desiran suara air laut yang berwarana biru jernih.

Pulau Putri

devitatour.com
devitatour.com

Jika wisata kali ini ingin mengajak anak-anak yang notabene memerlukan pengetahuan lebih dalam hal ekosistem laut, Pulau Putri adalah yang cocok.

Disana, akan dimanjakan dengan Undersea Aquarium, Glass Bottom Boat, kolam renang, Sunset Cruise dan lapangan tenis yang hanya ada satu-satunya di Kepulauan Seribu.

Pulau Putri bisa kamu nikmati dengan perjalanan 90 menit dari Marina Ancol.

Pulau Pantara

ppk-kp3k.kkp.go.id
ppk-kp3k.kkp.go.id

Jarak tempuh selama 2 jam dari Marina Ancol, bukanlah halangan untuk menikmati wahana olah raga air diantaranya jet ski, windsurfing, banana boat dan yang lainnya.

Air lautnya yang sangat jernih dapat menimbulkan suasana yang menyegarkan dan memberikan kenangan yang tak terlupakan, apalagi wisata tersebut dilakukan hanya berdua dengan pasangan.

Pulau Tidung

masuriwisatatidung.com
masuriwisatatidung.com

Inilah icon destinasi di Kepulauan Seribu yang menawarkan menariknya Jembatan Cinta karena dapat langsung melihat keindahan alam bawah lautnya.

Ribuan wisatawan selalu memadati Pulau Tidung setiap weekend dan hari libur nasional karena wahana yang disediakan sangat menarik ditambah dengan sambutan hangat masyarakat yang bertempat tinggal di pulau yang mempunyai makna tempat Berlindung.

Pulau Pramuka

travelkepulauanseribu.com
travelkepulauanseribu.com

Disitulah tempa pusat administrasi pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka.

Bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan dari Marina Ancol. Destinasi yang ditawarkanpun menarik. Yakni dapat memuaskan keinginanmu untuk snorkeling atau scuba diving karena air lautnya jernih dan berarus yang tenang.

Ada pula, terumbu karang, pasirnya yang berwarna putih, lautnya biru kehijauan akan menambah suasana nyaman.

Satu lagi, di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami. Cocok untuk menambah mengetahuan tentang ekosistem laut.

Pulau Pari

youtube.com
youtube.com

Letak Pulau Pari tidak jauh dari Pulau Tidung dan Pulau Pramuka yang bisa ditempuh sekitan 1 jam dari dermaga Marina Ancol. Destinasi yang ditawarkan oleh penduduk setempat adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari dan Pantai LIPI.

Kamu bisa melihat pemandangan pantai yang berpasir putih, air laut yang jernih dan bersih, bersepeda mengelilingi perkampungan, menyelam di perairan dangkal atau snorkeling.

Serta menjelajah perairan tepi dengan sampan, atau permainan water sport seperti banana boat, sepeda air, sofa boat dan lain-lain.

Pulau Harapan

ngebolang.com
ngebolang.com

Destinasi Hopping Island (berkeliling pulau menggunakan traditional boat) ke Pulau Bira Besar, Pulau Perak, Pulau Bulat, adalah sebagian wahana yang bisa dinikmati ketika kamu berada di Pulau Harapan.

Selain itu ada spot snorkeling dan diving yang sangat baik kualitas air lautnya. Dengan air laut yang jernih dan biota-biota laut yang masih terjaga baik menjadikan nilai plus bagi mereka yang melakukan snorkeling.

[td_smart_list_end]

One thought on “Keren, Ada 12 Pulau Destinasi di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

  1. Keren2 destinasinya.
    Birunya air laut di Kepulauan Seribu, seakan ingin menceburkan diri ini untuk bersnorkeling ria. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *