Mari mengenal Pulau Tidung, destinasi wisata yang terjangkau secara ekonomi dan cukup dekat dengan pusat kehidupan metropolitan, Jakarta. Bahkan, bagi kamu yang baru sekali ini mendengar tentang Pulau Tidung kamu pasti bakalan kaget.

1Fakta dan Kondisi Geografi

prayudieko.blogspot.com

Pulau Tidung masih bagian dari Jakarta, guys! Jadi, pulau seluas 109 hektar ini berada di kawasan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Nah, penduduknya kurang lebih sekitar 5000 jiwa.

Dijamin tidak akan terlalu sumpek seperti Jakarta, kepadatan penduduknya saja hanya 50 jiwa/km2. Selain itu, Pulau Tidung ada dua bagian utama yang semuanya akan memberimu suasana ketakjuban. Ya, Tidung Besar dan Tidung Kecil.

2Apasih Bagusnya Pulau Tidung?

pulautidungopiek.com

Buat Kamu yang sedang mempersiapkan kejutan untuk pasangan, di Pulau Tidung ada Jembatan Cinta. Ekspresi cintamu buat pasangan bakal lebih mengena kalau kamu elaborasikan Jembatan Cinta, gift spesial, dan sunrise atau sunset di Jembatan Cinta.

masruriwisatatidung.com
masruriwisatatidung.com

Panjang jembatan ini sekira 800 meter dengan pemandangan bawah laut dangkal yang jernih di sepanjang Jembatan Cinta. Jembatan ini menghubungkan Tidung Besar dan Tidung kecil.

yukpegi.com
yukpegi.com

Kemudian, hal yang paling akan membuatmu gregetan buat segera ke Pulau Tidung itu spot-spot menyelam yang super eksotis. Berbeda 180 derajat dengan pinggiran pantai Jakarta yang sudah sangat rusak dan tercemar.

Banyak sekali spot-spot snorkeling yang bisa kamu eksplorasi. Bahkan tiap biro wisata sepertinya punya spot andalan mereka yang tidak dipunyai biro wisata lainnya. Saking banyaknya spot snorkeling yang keren.

Snorkeling itu biasa di Pulau Tidung. Hampir seluruh biro wisata ke Pulau Tidung menawarkan berbagai variasi paket snorkeling. Kamu bisa menyesuaikannya dengan tebal tipisnya kantong Kamu.

Beberapa biro wisata spesial juga menawarkan service  yang spesial. Kamu bisa karaoke, bermain games outdoor, voli pantai, tenis meja, jet ski, banana boat, canoe, sampai memancing. Bahkan ada juga restoran, toko suvenir, bar, hingga meeting room.

mytriplefun.com
mytriplefun.com

Nah, malemnya kamu bisa menghabiskan malam dengan aroma harum bermacam-macam bahan barbecue yang menggoda. Dan tentunya kamu bisa juga bawa sendiri bahan favoritmu untuk dipanggang di waktu malam bersama Pulau Tidung.

Sudah lebih ngebet lagi kan untuk segera ke Pulau Tidung?

3Trip to Tidung Island

fotowisata.com

Banyak sekali jasa wisata ke Pulau Tidung yang sampai-sampai bakal membuat kamu bingung milihnya. Puluhan biro perjalanan ke pulau tidug dari yang ekonomis sampe yang pake eksklusif tersedia.

Untuk gambaran umumnya, kamu akan berangkat ke Pulau Tidung lewat Pelabuhan Muara Angke. Kapal ferry adalah sarana yang paling lazim untuk menjangkau pulau tidung.

Di Pulau Tidung kamu tentu saja dapat memilih berbagai tawaran biro wisata, dengan harga yang sangat bervariasi. Kisaran harga yang ditawarkan beberapa biro wisata biasanya pada angka Rp 200.000 – 950.000.

Harga paket wisata juga bergatung pada jumlah peserta wisata. Kalau rombongan wisatamu banyak, harganya akan semakin murah dan sebaliknya bakal tambah mahal kalau liburanmu eksklusif hanya dengan pasangan.

Menggiurkan bukan? Tetapi tetap harus diingat kawan-kawan, destinasi wisata yang asri dan alami di datangi bukan untuk dirusak dan diekploitasi seenaknya. Justru keindahan alam Indonesia in harus dijaga bersama-sama.

Kamu hanya perlu melakukan hal sederhana kok. Kemasi dan perhatian seluruh sampah sisa kebutuhanmu di Pulau Tidung. Simpan, dan buang di tempat yang pantas dan pas serta tersedia untuk pembuangan sampah.

Maka dengan itu, anak, cucu dan bahkan cicit kita akan terus dapat kesana. Ke Pulau Tidung.