Menungunjungi Banten memang tak adahabisnya. Banyak hal-hal menarik yang akan memanjakan mata sobat traveler semua. Pemandangan yang aduhai, serta keindahan tak terbantahkan dari panorama alam menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa sudut di Banten pun kini tak lagi menjadi primadona bagi wisatawan dalam negeri saja, lho. Akan tetapi wisatawan luar negripun mulai ramai berkunjung ke kota Banten.

Salah satu yang menarik dan sayang bila dilewatkan oleh wisatawan adalah Pulau Tunda. Nama pulau ini unik, seunik pulaunya.

Jika kamu mengunjungi Provinsi Banten, jangan lupa untuk mampir ke pulau yang telah terkenal keindahan alam darat dan lautnya ini oleh pecinta renang, snorkeling, dan juga diving ini ya.

Saat berada di Pulau Tunda ini, ada dua kampung yang bisa kamu jelajahi, yaitu kampung barat, dan yang lainnya lagi adalah kampung timur.

Kedua kampung tersebut sama-sama dapat dinikmati dengan trekking, yakni dengan menyusuri kebun-kebun, semak belukar, dan area pepohonan kelapa yang membuat suasana di pulau Tunda menjadi berbeda dari pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Pulau Tunda memiliki keindahan bawah lautnya masih alami. Ia dikelilingi dengan terumbu karang yang sangat beragam, umumnya banyak di temui karang dengan tipe Pertumbuhan Karang Tepi atau Fringing Reef. Terumbu karang tumbuh di kedalaman dangkal saja sekitar 1-10 meter.

Terumbu luasan terumbu karang di Pulau Tunda banyak terdapat di bagian utara, hal ini karena bagian selatan banyak aktivitas manusia.

Sedangkan di bagian timur hingga tenggara Pulau Tunda memiliki kondisi arus yang cukup besar sehingga di bagian timur hingga tenggara Pulau Tunda terkenal dengan Drift Diving-nya. Pohon Mangrove juga ditemukan cukup padat di bagian selatan hingga timur.

Selain snorkeling dan diving, di Pulau Tunda juga kamu bisa berburu lumba-lumba untuk melihat lompatan dan liukannya yang indah. Yap! karena menurut cerita, pulau ini merupakan lintasan lumba-lumba. Jadi kemungkinan besar ketemu lumba-lumba itu sangat besar.

Pulau Tunda yang memiliki keindahan bawah lautnya masih alami tentunya terdapat banyak ikan. Tak heran banyak yang hobi memancing dan penasaran sehingga tertarik untuk ke Pulau ini.

Oleh karena pulaunya yang masih sangat alami dan sepi. Tentu saja menikmati keindahan alam di sekitar pulau ini tak boleh di lewatkan. Hal yang biasa dilakukan adalah berburu  sunset dan sunrise, tempat yang paling menarik adalah di dermaga Pulau Tunda.

SHARE