Kalau kamu ke Banten, kamu mungkin berpikir bahwa daerah ini hanyalah daerah kecil tanpa daya tarik apapun untuk liburan kamu. Mungkin kamu berpikir begitu karena kamu bukan orang yang tinggal di Jakarta.

Penduduk Jakarta atau mereka yang bukan penduduk asli Jakarta namun ‘terpaksa’ berada di Jakarta butuh one stop traveling. Mereka butuh lokasi untuk membuang stres yang tidak juga membuang waktu mereka yang berharga.

Pilihan umumnya jatuh pada dua tempat, Bogor, atau Banten. Tentang Bogor, tidak terhitung lagi banyaknya spot liburan yang akan menghilangkan keletihan kamu dari sibuknya Jakarta.

Namun, rasa-rasanya kamu perlu pilihan lain bukan? Karena di Bogor tentu saja tidak ada pantai. Kamu mungkin akan ke Kepulauan Seribu yang mempunyai panorama yang menakjubkan.

Tetapi jangan sampai kamu melewatkan untuk melakukan eksplorasi pada Banten. Tentu saja Taman Nasional Ujung Kulon yang paling terkenal, atau kamu mungkin mengenal Tanjung Lesung.

Walaupun begitu, kamu tidak akan lengkap menjelajahi Banteng jika belum tinggal satu malam di Pulau Umang.

1Umang Umang

ikanbijak.wordpress.com

Mendengar kata umang tentu saja kamu akan langsung teringat hewan pantai kecil bercangkang yang umum disebut umang umang. Barangkali sebutan Pulau Umang memang sangat pas untuk Pulau Umang.

Lokasi wisata ini hanya sebuah pulau kecill dengan luas 5 hektar. Sangat kecil untuk ukuran sebuah pulau. Letak pulau ini dekat dengan Pantai Pandeglang. Inilah sebuah pulau private dengan fasilitas dan kualitas tingkat tinggi.

Pulau Umang menjadi wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Nah, mungkin kamu belum terlalu tertarik untuk ke Pulau Umang. Apa sih yang menarik dari Pulau Umang?

2Pulau Umang

myhotelmyresort.com

Pulau Umang dikelola secara profesional oleh pihak swasta. Dengan konsep wisata living in nature, tempat resort dan spa di Pulau Umang segera menjadi destinasi utama bagi para pelancong dari Jakarta.

Di tempat ini tersedia 60 kamar dengan desain natural yang kesemuanya terletak di tepi pantai. Kamu bisa bayangkan itu? Kamu akan bangun pagi karena ‘terusik’ oleh udara lau yang menyegarkan.

pulau-umang.com
pulau-umang.com

Selain 60 kamar tersebut, terdapat 23 spot detil terdiri dari pelabuhan/jetty, kids pool, sunrise lobby louge, sunrise beach club, sunrise main pool, sunrise cafe, dan sunrise banquet hall.

cekhotelmurah.com
cekhotelmurah.com

Selain itu juga tersedia board room, mushala, open deck sunrise, garden beach, sunset area, berbagai spot spa, hotel, restoran, gazebo, bahkan floating hotel. Di sini kamu juga dapat menemukan apotek dan tempat karaoke.

arszandi.deviantart.com
arszandi.deviantart.com

Hingga memancing menggunakan fishing boat pun bisa kamu lakukan di area sekitar Pulau Umang. Dan kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan tempat ini, dijamin 24 jam dijaga oleh petugas keamanan profesional.

Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Pulau Umang, ikan kakap merah dan kerapu yang tersaji lewat tangan penuh kreasi rasa chef restoran di tempat ini. Akan menjadi sempurna karena sajian tersebut akan diiringi oleh hiburan musik eksklusif yang disediakan di restoran.

3Ke Pulau Umang Sekarang

pulau-umang.com

Kamu bisa memilih satu dari dua rekomendasi rute menuju Pulau Umang. Pertama, kamu berangkat dari Jakarta, masuk ke Tol Kebun Jeruk arah Merak. Kemudian keluar di pintu Tol Serang Timur km 71.

Lanjutkan perjalanan ke Pandeglang, kemudian ke Labuan, menuju Tenggong, lalu Citeureup, hingga Cigeulis, lalu ke Cibaliung, kamu lanjutkan hingga Cimanggu. Dari Desa Sumur, kamu bisa tempuh perjalanan ke Pulau Umang selama 5-10 menit menggunakan speed boat.

Rute kedua, dari Jakarta kamu masuk ke Tol Kebun Jeruk dan tuju arah Cilegon. Melewati pantai Anyer kamu harus lalui rute Carita, ke Labuan, lalu Terogong, kemudian Citeurup, menuju Cigeulis, hingga Cibaliung.

Dari sini, dari Desa Sumur kamu lanjutkan perjalanan yang mengesankan di atas speed boat dan percikan air laut yang jernih menentramkan.

Namun, jangan kaget jika kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk berwisata ke lokasi eksklusif ini. Harga yang pantas untuk lokasi berkelas dengan fasilitas tingkat atas.

Bagaimana? Kapan kamu ke Pulau Umang?