Kalau belum pernah mendengar nama pulau untung jawa, pastinya kamu bukan orang Jakarta atau Jawa barat. Karena bagi orang sekitar Jakarta, semua destinasi di Kepulauan Seribu pastilah sudah tenar dari ujung hingga ke ujung.

Benar sekali, pulau untung jawa terletak di Kepulauan Seribu. Kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pulau ini, sangatlah tepat saat kamu membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ke sana.

1Pulau Untung Jawa

pulauuntungjawa.com

Meskipun disebut pulau, tentu saja wilayah pulau untung jawa hanyalah satu kelurahan. Karena wilayah naungan yang lebih besar, Kepulauan Seribu pun hanyalah sebuah kabupaten yang menginduk ke Jakarta.

Pulau untung jawa tepatnya masuk wilayah kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Nah, karena sebuah kelurahan, tentu saja dikelola oleh lurah. Di kawasan ini lurah disebut dengan istilah ‘Bek’.

Di Pulau Untung Jawa ini, bek yang mengelola dipanggil dengan nama Bek Fi’i dan Bek Kasim. Konon, kedua bek ini telah mengelola pulau ini sejak tahun 1920-an dan tinggal di pulau Kherkof yang sekarang disebut Pulau Kelor.

Terdapat setidaknya 10 lokasi di pulau ini, termasuk beberapa fasilitas masyarakat umum. Sebut saja seperti kantor kelurahan, masjid, puskesmas, hingga sekolah. ada juga bumi perkemahan yang tidak terlalu luas di pulau ini.

2Pulau Ini dan Belanda

ekocahyono89.wordpress.com

Seperti lazimya banyak pulau-pulau pesisir, pulau ini dulunya juga dikuasai oleh Belanda. Maka kalau Jakarta saja namanya dulu Batavia, tidak mungkin bukan nama pulau ini sejak awal adalah ‘Pulau Untung Jawa’.

Pulau ini diperkirakan telah berumur lebih dari 6 generasi. Saat Belanda masih berkuasa di Indonesia, nama pulau ini adalah pulau Amiterdam. Terasa familiar? Memang terdengar seperti nama kota Amsterdam, ibu kota negara Belanda.

3Peristiwa

indonesiaadventures.blogspot.com

Banyak peristiwa yang terjadi di pulau ini yang mungkin biasa seperti abrasi oleh air laut, hingga yang luar biasa. Peristiwa luar biasa itu adalah serangan nyamuk besar-besaran pada tahun 1940-an.

Akibat fenomena alam yang aneh ini, warga pulau ini pindah ke pulau ubi besar. Nah, beberapa tahun kemudian, pulau ubi besar juga mengalami abrasi hingga penduduk mulai pindah kembali ke Pulau Untung Jawa.

Untuk memperingati perpindahan kembali ini, tanggal 13 Februari 1954 didirikanlah tugu peringatan. Dan seiring perkembangan pulau, pada tahun 2002 pulau ini dicanangkan sebagai kawasan Desa Wisata Nelayan.

4Ke Pulau Untung Jawa

triptrus.com

Sebenarnya lebih banyak komentar yang miring tentang pulau ini. Beberapa di antaranya mengatakan pantai terlalu sempit karena banyak lapak pedagang. Yang lain mengatakan air lautnya kotor dan tidak jernih.

Namun, Pulau Untung Jawa tetaplah salah satu destinasi Kepulauan Seribu yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya wisatawan mengunjungi pulau ini satu paket bersama pulau lainnya yang berdekatan.

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Di sini kamu bisa menaiki banana boat dengan harga 35 ribu, donat boat dengan harga 30 ribu, atau snorkeling dengan harga 50 ribu. Sebenarnya snorkeling pun lokasinya lebih dekat dengan Pulau Rambut, bukan pulau ini.

Atau kamu bisa bermain mandi bebas menggunakan ban sewaan seharga 10 ribu dan banyak sekali bilik bilas dengan harga murah, hanya 3-5 ribu rupiah. Di pulau ini juga terdapat hutan mangrove yang bisa kamu telusur.

kidnesia.com
kidnesia.com

Hal yang paling pasti tentu saja soal biaya. Kalau kamu ke Pulau Untung Jawa, biaya yang kamu keluarga pasti murah, tidak akan lebih dari 200 ribu. Tidak percaya? Kamu bisa mencobanya sendiri.