Kesuksesan yang dimilikinya saat ini bukanlah merupakan proses singkat, Sandi Uno harus berkali-kali mengalami pemberhentian kerja karena perusahaan yang mempekerjakannya mengalami kebangkrutan, menjadi pengangguran, dan hidup kesusahan.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk bangkit dan mulai merintis usahanya bersama rekan bisnisnya.

Alasannya mendirikan perusahan penasehat keuangan tentunya tak lepas dari latar belakang perusahaan-perusahaan yang mempekerjakannya sering mengalami permasalahan.

Meskipun, saat menjalankan bisnisnya ia dilanda krisis, namun Sandi tetap berpegang teguh pada prinsipnya bahwa setiap masalah ada solusinya.

Krisis ini dimanfaatkan Sandi justru dengan mengepakkan sayapnya. Dengan banyaknya perusahaan papan atas yang mengalami krisis dan nilai aset yang melemah, perusahaan investasi

Sandi segera menyusun strategi untuk menyakinkan investor mancanegara agar mau menyuntikkan dana ke tanah air.

Perusahaan sandi membeli perusahaan-perusahaan yang mengalami krisis tersebut, diperbaiki dan dikelola hingga berada dalam kondisi stabil untuk selanjutnya dijual kembali.

Aset perusahaan yang sudah stabil tersebut dijual untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan besar pun diperoleh Sandi dengan sistem kerja tersebut.

1Jangan Jadi Pengecut!

youtube.com

Kunci kesuksesan yang diterapkan Sandi Uno ialah: selalu menjunjung tinggi optimisme dan keberanian dalam memandang masa depan.”

Tak lupa pula, membangun jaringan dan relasi yang baik dengan semua pihak diperlukan, karena menurutnya relasi menyumbang 30% dari kesuksesannya.

Salah satu pedoman yang dipegang teguh untuk menapaki tangga kesuksesan ialah bersumber dari kerja keras dan menjaga kepercayaan.

Selain itu, baginya target dalam hidup haruslah dimiliki, karena tanpa target, pencapaian yang ingin diraih akan sulit terwujud.

Ada kalanya ketika berjuang dan berusaha di tengah perjalanan ditemui kegagalan dan kesalahan, dan di situlah sifat optimis diuji. Optimis ini diwujudkan dari usaha yang gigih dan terus berusaha memberikan yang terbaik.

Bagi Sandi Uno, apabila kita terus mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan (trial and error), maka hal itu akan mengantarkan seseorang pada puncak kesuksesan.
Orang sukses ialah orang yang berbeda dan berani mengambil langkah berbeda dibanding lainnya.

Langkah berani ini merupakan suatu bentuk respon kesadaran akan adanya perubahan dan perkembangan menuju ke arah yang lebih baik.

Dalam rangka mencapai kesuksesan, dalam diri individu tersebut haruslah ditanamkan motivasi untuk menjadi teladan, inspirasi, role model bagi yang lainnya.

2Hari Gini Masih Malu Bertanya?

pinkkorset.com

Salah satu sifat yang dimiliki Sandi Uno ialah tak malu untuk belajar dari orang lain. Baginya, menjadikan orang yang lebih dulu sukses sebagai teladan untuk menjadi lebih baik bukanlah hal yang salah.

Belajarlah dari cara mereka bangkit saat terjatuh, menerapkan manajemen diri dan hal-hal lainnya hingga kamu menapaki tangga kesuksesan sama seperti lainnya.

Selain itu, menurut Sandi Uno meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas diri juga merupakan bagian dari menuju kesuksesan.

Meningkatkan potensi diri dapat dilakukan dengan ditunjang sifat-sifat seperti kepemilikian akan karakter dan komitmen yang kuat, integritas yang tinggi, tekun, bekerja keras, dan disiplin.

Inovasi dan ide-ide cemerlang pun perlu dimunculkan dalam rangka meraih kesuksesan.

3Pola Pikir Istimewa Cuma Dimiliki Pengusaha

teropongbisnis.com

Kewirausahaan menurut Sandi Uno merupakan sebuah pola pikir. Hal tersebut menjadi seperti sebuah ide yang menjalar luas, terutama di kalangan anak muda.

Sikap dinamis, penuh semangat, dan menyukai tantangan merupan hal yang erat kaitannya dengan anak muda.

Sifat-sifat positif yang dimiliki anak muda tersebut itulah yang akhirnya memberikan masa depan bagi dunia kewirausahaan di kalangan anak muda.

Baginya, gaya hidup anak muda saat ini berkisar pada kerja keras, kerja cerdas, dan bermain sungguh-sungguh. Gaya hidup positif tersebut akan melahirkan prospek bisnis dan perekonomian Indonesia juga semakin cerah.

Prinsip kewirausahaan sendiri bagi Sandi bukan berarti meninggalkan sebuah pekerjaan untuk memiliki usaha sendiri, melainkan lebih kepada sebuah pola pikir untuk terus berinovasi dan memunculkan kreativitas.

4Kerja Keras dan Gigih

t-nation.com

Dalam prinsip hidupnya, Sandi selalu menerapkan sikap kerja keras pantang menyerah dan gigih.

Hal ini dibuktikan dengan, meskipun berkali-kali gagal serta jatuh bangun dalam meniti karir namun Sandi tetap bangkit kembali dan menjadi pribadi yang lebih baik dengan kegigihannya berjuang.

Mulai dari bekerja di perusahaan multinasional kemudian diberhentikan, memperoleh pekerjaan kembali, mendapatkan kesempatan studi lanjut, memperoleh pekerjaan lagi hingga akhirnya diberhentikan lagi, lalu menjadi pengangguran.

Semua masa sulit itu berhasil dilaluinya karena semangat juang yang dimiliki begitu tinggi, hingga akhirnya membawa Sandi pada puncak kesuksesa seperti sekarang ini.

5Optimis

kompasiana.com

Prinsip yang selalu diterapkan Sandi ialah optimis. Baginya, meskipun hal yang tidak mungkin sekalipun, pasti akan menjadi mungkin jika pikiran selalu positif.

Hal ini dibuktikan dengan saat adanya krisis ekonomi melanda Indonesia, Sandi tetap optimis melenggang menjalankan bisnisnya. Ia bahkan menerapkan rencana strategis brilian yang akhirnya mengarah kepada kemajuan usahanya.

Upaya yang dilakukannya saat itu mungkin terlihat mustahil karena berjuang dan berjaya dalam krisis moneter merupakan hal yang sulit. Namun, Sandi membuktikannya dan menjadikan perusahaannya berkembang pesat sejak saat itu.

6Target Jangka Panjang

danzcreative.wordpress.com

Pengusaha, pebisnis, haruslah memiliki rencana jangka panjang, begitulah pedoman yang dimiliki Sandi Uno. Dalam menjalankan bisnisnya, pola pikir yang diterapkan ialah dampaknya untuk esok hari, efeknya pun untuk esok hari.

Hal ini dibuktikan dengan sebelum sektor pertambangan batu bara naik daun seperti sekarang ini, Sandi telah memiliki aset di sektor tersebut satu dekade yang lalu.

Begitu pula dengan rencana pengembangan usahanya di bidang consumer goods yang menurut prediksi bisnisnya akan berkembang pesat pada tahun-tahun mendatang.

7Jalin Relasi

korahealthcare.com

Menjalin relasi merupakan salah satu upaya yang selalu ditanamkan kuat dalam prinsip hidup Sandi.

Bahkan, ketika ia memulai kembali usahanya, ia bermitra dengan rekan-rekan yang memiliki hubungan baik dengannya.

Saat sedang mengembangkan strategi bisnisnya, metode yang digunakan Sandi Uno pun dalam bentuk negosiasi dengan pihak-pihak investor asing.

Hal inilah yang menjadikan Sandi memiliki banyak mitra dan relasi yang membuatnya dipercaya dalam berbagai hal, termasuk organisasi.

Contohnya, terpilihnya Sandi sebagai Ketua HIPMI, Ketua Komite Tetap KADIN, dan organisasi-organisasi lainnya.

8Berwirausaha = Berbagi

andritambunan.photoshelter.com

Menjadi pengusaha, bagi Sandi tidak boleh melepaskan kewajibannya terhadap sesama manusia lainnya.

Baginya, wirausaha bukanlah kerja sendiri, melainkan kerja bermitra yang berarti memberikan kesempatan bagi yang lain untuk mendapatkan kesempatan yang sama.

Seorang pebisnis memiliki pintu yang lebih lebar serta kesempatan yang lebih luas untuk berbagi dengan lainnya.

Berbagi dalam konteks apapun dan dengan cara apapun bukan merupakan masalah, asalkan dilandasi oleh hati yang tulus ikhlas untuk memberi.