Dari Selatan, kini menuju utara Jawa. Ibarat saudara sekandung, tanah selatan dan utara memiliki pesona yang luar biasa. Letaknya strategis sehingga banyak pengunjung yang sering bertandang ke sana.

Kota yang mendapat julukan Kota Batik ini menyuguhkan tempat wisata unik dan menarik. Mulai dari wisata pantai, alam pegunungan sampai wisata belanja batik pun tersedia komplit. Kamu tidak akan menyesal jika sejenak menyempatkan akhir pekan berlibur ke Pekalongan.

Seperti apa pesona Pekalongan sebenarnya? Langsung simak saja yuk, ulasan berikut ini.

1Pantai Pasir Kencana

presnapos.com

Pantai utara Jawa selalu punya titik pesona. Salah satunya adalah Pantai Pasir Kencana. Merupakan pantai yang paling dekat dengan pusat kota, kurang lebih 4 kilometer. Sama seperti Pantai Wonokerto, pantai ini juga ramai didatangi pengunjung.

Jembatan kanal, batu pembatas ombak hingga panggung hiburan, adalah deretan fasilitas wisata yang dapat kamu nikmati. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi akuarium biota laut di kawasan ini. Mirip-mirip seaworld lah ya.

2Pantai Slamaran

jalanjalankotabatik.blogspot.com

Pernah dengar dongeng Dewi Lanjar? Di sinilah tempatnya. Pantai Slamaran. Letaknya tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana. Sepanjang pantai dihiasai batu-batu karang penahan gelombang.

Konon, Pantai Slamaran merupakan keraton Dewi Lanjar, penguasa Laut Utara. Dewi Lanjar ini tak lain adalah adik dari sosok Ratu Kidul. Tidak heran, jika banyak orang yang melakukan ritual khusus untuk menghormati keberadaan Dewi Lanjar.

Percaya atau tidak, nyatanya pantai ini tetap sarat dengan keindahan alamnya. Bahkan ketika menjelang malam, nuanasa pantai kian eksotis dan menawan. Sementara dongeng atau legenda hanyalah mitos yang tidak pernah diketahui kebenarannya.

3Kebun Teh Pagilaran

1080plus.com

Kalau tadi kamu sudah disuguhkan ilustrasi keindahan pantai di Pekalongan, kini kamu akan diajak menuju alam pegunungan. Ialah Kebun Teh Pagilaran.

Merupakan kawasan wisata menarik yang menyajikan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau. Kamu juga dapat menikmati aneka permainan yang ada di sana, seperti flying fox, kolam renang anak dan kebun binatang mini.

Homestay dapat kamu sewa jika ingin bermalam di sana. Salah satu wisata lainnya, yakni pabrik teh yang berdiri sejak zaman colonial Belanda. Kamu hanya perlu membayar Rp5000 untuk dapat masuk ke kawasan perkebunan teh ini.

4Pantai Wonokerto

zonatraveller.wordpress.com

Tempat serupa seperti Pantai Kuta Bali dapat kamu temukan di Pantai Wonokerto Pekalongan. Pasir putih dan sunset yang rupawan benar-benar menjiplak habis dari Pantai Kuta. Saking indahnya suasana di sana, ratusan pengunjung berdatangan setiap harinya.

5Museum Batik

kota-kreatif.blogspot.com

Mau wisata seni budaya? Datanglah ke museum batik Pekalongan. Di sana kamu dapat melihat aneka ragam koleksi batik, dari yang kuno sampai modern.

Uniknya, museum ini tidak hanya mengoleksi batik Pekalongan, tapi juga batik dari berbagai daerah lain di Indonesia.

6Curug Muncar

panoramio.com

Ingin wisata air terjun? Tentu saja ada. Kunjungi obyek wisata Curug Muncar. Lokasi yang terletak di ketinggian 1.249 mdpl ini dilengkapi dengan pemandangan cantik.

Curug Muncar terletak di dekat lereng Gunung Rogojembangan. Kamu harus menempuh perjalanan sejauh 30 kilometer untuk mencapai tempat ini. Tepatnya dari Kajen, ibukota Kabupaten Pekalongan.

Curug Muncar menempati lahan milik Perhutani. Pesona Curug Muncar Pekalongan memang menjadi daya tarik tak terlupakan bagi para wisatawan. Meskipun jalan menuju ke sana cukup berliku, namun tidak menyurutkan langkah pengunjung.

Sampai di sana, segala kelelahan akan terbayar dengan keindahan. Selain itu, fasilitas lengkap juga sudah disiapkan.