Mendengar kata Manggarai, mungkin kamu berpikiran tentang Jakarta. Tapi, yang satu ini bukanlah kawasan Manggarai seperti yang kamu duga.

Manggarai merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Pulau Flores. Kawasan Manggarai Flores kerap menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, backpacker dan pengunjung lainnya.

Kamu harus siap-siap pakai kaos kaki dan pakaian tebal ya, saat sampai di sana. Pasalnya, daerah Manggarai identik dengan udara dingin.

Inilah 6 tempat wisata di Manggarai yang bisa kamu kunjungi. Cekidot!

1Rumah Adat Wae Rebo

dunianugroho29.blogspot.com

Rumah adat wae rebo terletak di sebuah kampung yang berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Kampung tersebut telah dihuni 19 generasi dan mempunyai tujuh rumah adat.

Rumah adat tersebut berbentuk kerucut, yang dikenal dengan nama niang mbaru. Atap rumahnya terbuat dari daun lontar.

Untuk sampai ke sana, kamu mesti berjalan kaki selama 4,5 jam. Tapi, jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan indah.

2Danau Lotus

goodnewsfromindonesi.org

Pernah mendengar tentang bunga lotus? di Danau Lotus kamu akan mendapatkan ratusan bunga lotus di permukaan danau.

Ukuran Danau Lotus sangat besar dan dihiasi bunga lotus yang indah. Supaya kamu dapat menikmati keindahan lotus, sebaiknya berkunjung saat musim mekarnya bunga lotus. Musim tersebut kira-kira pada bulan Juni sampai Agustus.

Masyarakat setempat suka membuat biji lotus. Biji lotus dapat dikonsumsi. Khasiatnya beragam, seperti mengandung protein tinggi dan dapat menyembuhkan aneka penyakit.

3Pink Beach

hdwallpapersim.com

Mendengar nama Pink Beach, pasti di benakmu sudah terlintas warna pink yang terhampar di sana. Tentu saja, namanya juga Pink Beach. Yang berwarna pink atau merah muda adalah pasir di pantainya.

Warna pasirnya memang tidak lazim karena biasanya pasir berwarna hitam atau putih. Warna pink akan semakin terlihat ketika matahari sedang bercahaya terang, tepatnya di siang hari.

Lokasi Pink Beach masih satu kawasan lho, dengan Taman Nasional Komodo. Jadi, selain menyaksikan keindahan pantai, kamu juga bisa mampir melihat Komodo.

4Pulau Padar

indonesiana.co.id

Inilah pulau yang dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Lokasi Pulau Padar berada di satu wilayah dengan Taman Nasional Komodo dan tentu saja Pink Beach.

Namun, kamu tidak akan menemukan satu Komodo pun di sana. Yang akan kamu temukan adalah pesona Pulau Padar dari atas bukit. Jalur menuju bukit tidak terlalu sulit. Kamu dapat berjalan kaki menuju ke sana.

5Pulau Kelor

indonesian.merahputih.com

Kelor tidak hanya digunakan sebagai nama daun, tetapi juga nama Pulau. Letak Pulau Kelor sangat strategis. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Kelor.

Pemandangan paling unik di Pulau Kelor adalah terumbu karang, air laut yang jernuh dan pasir putih. Apalagi ada ikan-ikan kecil berwarna-warni di dalam lautnya. Kamu pasti tergoda untuk melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving dan masih banyak lagi.

6Pulau Mules

indoamaterasu.com

Ada yang sangat unik dari Pulau Mules lho. Dari kejauhan, kamu akan melihat Pulau Mules seperti seorang putri yang sedang tidur telentang di permukaan laut. Itulah mengapa, nama lain Pulau Mules adalah Pulau Putri Tidur.

Untuk sampai ke Pulau Mules, kamu bisa menaiki perahu sewaan. Bisa juga dengan menaiki kapal penumpang dengan biaya Rp25.000. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Manggarai. Semoga liburanmu menyenangkan.