Di musim penghujan seperti sekarang ini penyakit yang sering menyerang manusia pada umumnya adalah radang tenggorokan, batuk, pilek, demam dan diare. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh manusia pada pergantian musim ini sangat menurun.

Radang tenggorokan merupakan gejala penyakit yang sering menjangkiti masyarakat di Indonesia. walaupun penyakit ini bukan tergolong penyakit yang berbahaya namun radang yang terjadi dapat mengganggu aktivitas harian kamu.

Ada berbagai macam penyebab dari radang tenggorokan itu sendiri. Seperti disebabkan oleh infeksi kuman maupun alergi. Tapi dalam kasus yang banyak terjadi, radang tenggorokan disebabkan oeh infeksi virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan maupun udara.

Terkadang tidak perlu menggunakan obat antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan. Kamu dapat mencoba beberapa obat alami seperti dibawah ini untuk mengatasi radang tenggorokan yang sedang kamu alami.

1Air dan Garam

75caramenghilangkankomedo.blogspot.com

Jenis obat alami yang satu ini mungkin telah populer di seluruh dunia. Dengan campuran air matang yang hangat dan satu sendok garam kamu dapat mengunakannya untuk berkumur selagi hangat.

Larutan air garam ini sangat efektif dalam membantu meredakan rasa sakit tenggorokan yang sedang kamu alami. Tapi perlu diingat bahwa larutan ini hanya untuk berkumur saja bukan untuk ditelan.

2Air dan Lemon

beritatigadua.blogspot.com

Kandungan dari asterigen yang terkandung dalam buah lemon sangat efektif untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami. Caranya adalah campurkan satu sendok teh air perasan lemon dengan segelas air hangat.

Perasan air jeruk lemon tersebut dapat menjadi anti inflamasi pada tenggorokan dan membunuh kuman kuman yang terdapat pada tenggorokan kamu.

3Madu

8intisari.blogspot.com

Bukan menjadi rahasia lagi jika madu adalah cairan yang sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Sifat antibakteri yang terkandung didalam madu dapat membantu tubuh melawan kuman.

Campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat lalu minum selagi hangat. Dapat juga kamu campur dengan air teh atau perasan lemon sesuai selera kamu.

4Air Cengkeh

kb.123sehat.com

Tidak banyak yang tahu bahwa air cengkeh dapat membantu untuk meredakan radang tenggorokan. Karena cengkeh mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat menjadi obat alami untuk radang tenggorokan.

Campurkan cengkih dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Gunakan setiap hari dua sampai tiga kali dalam satu hari untuk hasil maksimal.