Aktifitas jepret sana sini alias mengambil foto dengan kamera merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Bahkan aktifitas ini sekarang mulai banyak dilirik oleh para kamu muda untuk menyalurkan hobi sekaligus meraup untung.

Pada artikel kali ini, kamu akan disuguhkan oleh hasil jepretan para fotografer handal yang benar-benar tanpa editan. Namun seolah-olah disuguhkan dengan editan foto terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa hasil foto mereka yang kamu akan mengiranya sebuah ilusi fotografi hasil editan. padahal nyatanya memang demikian, tanpa rekayasa apapun.

1Salar De Uyuni, Bolivia Bagai Negeri di Atas Awan

wowkeren.com

Foto ini diambil dari sebuah tempat di Bolivia, tepatnya di daerah Potosi dan Oruro. Bagian tenggara dari negara itu. Salar de Uyuni merupakan sebuah dataran garamĀ  terluas di dunia. Terletak di dekat puncak Pegunungan Andes pada ketinggian 3650 mdpl.

Diperkirakan terdapat sekitar 10 miliar ton garam pada gurun garam tersebut. Penduduk memanfaatkannya sebagai komoditas perdagangan dengan perolehan kurang dari 25.000 ton garam.

Pada saat-saat tertentu, efek dari dataran garam dan sedikit air di dalamnya dapat menimbulkan efek cermin. Sehingga ketika difoto akan memantulkan bayangan benda di atasnya.

Seperti tampak pada foto di atas. Bayangan orang berjalan dan awan di atasnya seolah-olah seperti berada di negeri atas awan.

2Zhangye Danxia yang Ada di Gansu, Tiongkok

wowkeren.com

Mungkin kamu mengira foto di atas merupakan lukisan pegunungan dengan warna yang beraneka ragam seperti pelangi. Benar-benar pelukis yang ulung bukan.

Sebenarnya, foto di atas memang benar ada di dunia ini. Tepatnya ada di wilayah Gansu, Tiongkok. Pegunungan dengan corak warna yang beraneka ragam ini diberi nama Zhangye Danxia. Dinobatkan sebagai Taman Nasional Geologi pada bulan November 2011 lalu.

Taman nasional Zhangye Danxia melingkupi area seluas 510 meter persegi. Dikarenakan memiliki formasi bebatuan yang beraneka warna, gugusan bukit dan gunung ini terpilih menjadi wisata alam terindah di Tiongkok.

3Deretan Pepohonan di Taman Schonbrunn, Jerman

wowkeren.com

Taman Schonbrunn merupakan taman yang terdapat di Jerman. Schonburnn sendiri dalam bahasa Jerman artinya musim semi yang indah. Karena di taman ini, setiap musim semi, kamu bisa menikmati keindahan warna-warni tetumbuhan yang ada di dalamnya.

Salah satu yang menarik di taman ini adalah deretan pepohonannya. Dengan perawatan yang sangat baik, hingga ada satu deret pepohonan di taman ini yang bisa membentuk garis lurus seperti editan foto. Padahal asli sebagaimana adanya.

4Gedung Hausmannian di Georges V Ave, Paris

wowkeren.com

Jangan dilihat terlalu lama ya. Bisa pusing kamu nanti.

Bangunan ini tidak berbeda dengan bangunan lainnya. Namun pada posisi tertentu, memang akan terlihat berkelok-kelok tak beraturan akibat ilusi optik pada mata manusia. Karena fenomena inilah, Haussmannian Building juga disebut dengan melting building atau bangunan meleleh.

5Patung di Selandia Baru

wowkeren.com

Lagi-lagi kamu akan tertipu dengan foto ini. Coba lihat baik-baik. Seperti editan gambar kartun bukan?

Foto di atas diambil dari salah satu tempat di Selandia Baru. Latar belakangnya berupa sclupture yang artinya patung atau pahatan. Dibuat oleh seorang seniman asal negara tersebut. Dari hasil fotonya memang tidak salah jika banyak yang mengira foto ini hasil editan.

6Awan Lenticular

wowkeren.com

Bentuknya seperti batuan besar yang berlapis-lapis bukan? Padahal ini adalah gugusan awan yang memang ada. Awan jenis ini merupakan salah satu fenomena alam yang terbentuk pada lapisan troposphere.

Proses terbentuknya awan dengan nama latin altocumulus lenticularis ini disebabkan adanya aliran udara lembab dan terjadi terus-menerus di medan kasar seperti lembah dan pegunungan. Setelah itu, awan mengikuti perubahan angin sehingga menyebar dan membentuk seperti piringan besar.

7Perahu Melayang

wowkeren.com

Coba lihat baik-baik. Memang sekilas di foto tersebut memperlihatkan perahu yang melayang. Padahal tidak. Hal ini karena adanya perbedaan perspektif pada penglihatanmu. Sedikitnya ada dua sebab sehingga perahu pada foto itu terlihat melayang.

Pertama karena airnya sangat jernih. Sehingga seolah-olah perahu tidak bersentuhan langsung dengan air. Kedua, posisi matahari ada di sisi kanan perahu. Sehingga terkesan bayangan berada persis di bawah perahu. Padahal berada di sebelah kiri perahu.