Seni fotografi selalu menjadi bagian unik dan sangat menarik untuk diperbincangkan dan dinikmati. Seorang fotografer dituntut menjadi seorang pribadi handal dan profesional.

Mereka harus mampu mengolah hasil jepretannya menjadi sebuah mahakarya. Dimana Mahakarya tersebut harus mampu diterima oleh para penikmat seni.

Dan salah satu ragam dalam seni fotografi adalah tentang teknik refleksi. Teknik refleksi adalah semacam teknik pemantulan yang membuat hasil foto menjadi sangat unik.

Biasanya teknik ini menggunakan pemantulan bayangan dari air atau cermin. Dan objek yang difoto menjadi lebih hidup dan menarik untuk dipandang.

Berikut ini adalah beberapa karya fotografi cantik hasil jepretan para fotografer handal dunia. Karya-karya mereka ini dijamin akan membuatmu berdecak kagum.

1Nathan G di Chenai, India

aws-dist.brta.in

Karya Nathan G ini amat hidup dan bermakna dalam. Bagaimana kotornya sungai yang menjadi reflektor dari wanita India ini terlihat amat kotor. Nathan G mengambil objek jepretannya dengan sangat menawan.

Sehingga dengan teknik refleksi yang dipakainya, hasil fotografinya menjadi amat indah untuk dinikmati.

2Michael Reynolds

aws-dist.brta.in

Kemegahan Gedung Capital di Washington DC USA ini dibidik dengan amat cantik oleh Michael Reynolds. Untuk menampilkan sosok megah dari Gedung Capital, Reynolds menggunakan teknik refleksi.

Teknik refleksi dalam fotografinya tersebut diambilnya dari danau di depan gedung. Suasana megah semakin diperkuat dengan nuansa gelap di sekitar area yang disapu oleh cahaya matahari yang tengah tenggelam.

Dengan teknik refleksi tersebut, Reynolds menggambarkan Gedung Capital sebagai sosok gedung megah yang cantik dan menawan.

Jim Lo

aws-dist.brta.in

Jim Lo membuktikan bahwa teknik refleksi pada fotografi tak hanya bisa dilakukan dengan air atau cermin.

Namun, fotografer profesional dunia ini mampu membuat sebuah teknik refleksi dari marmer nuansa gelap. Siluet yang terpantul dari reflektor membuat hasil jepretan Jim Lo menjadi amat menarik untuk dinikmati.

Dan yang unik, semakin gelap media atau objek, maka hasil foto menjadi semakin menarik.

3Luong Thai Linh

aws-dist.brta.in

Bagaimana jika sebuah hasil jepretan memperlihatkan dua objek yang berbeda dengan teknik refleksi? Pastinya kita akan berpikir apakah bisa menjadi sebuah karya yang nikmat dipandang.

Namun nyatanya Luong Thai Linh, salah seorang fotografer handal dunia, mampu melakukannya.

Karya Luong Thai Linh ini memperlihatkan wajah seorang pria dan seorang pedagang yang tengah berjalan memikul dagangannya. Kedua objek berbeda ini dikemas Linh dengan sangat menarik, sehingga muncul kekuatan yang sama dari keduanya.

Kita akan mampu memandangnya sebagai mahakarya yang cantik dan sama sekali tidak membingungkan.

4Ade Sinuhaji

aws-dist.brta.in

Selain sebagai sebuah karya yang mampu dinikmati, hasil fotografi juga mewajibkan diri untuk dapat berbicara kepada penikmatnya. Ya, berbicara disini maksudnya adalah mampu mengungkapkan apa yang ada di karya tersebut saat Penikmat memandangnya.

Seperti karya dari Ade Sinuhaji tersebut. Hasil jepretan dari Ade mampu mengatakan kepada kita tentang sebuah cerita peristiwa besar yang sedang terjadi.

Terlihat beberapa anak sekolah berseragam pramuka sedang memakai masker yang tengah memandang ke luar jendela kaca. Teknik refleksi yang dipakai Ade dibuat dari jendela kaca tersebut.

Sehingga terlihat pula pantulan pemandangan luar yaitu beberapa bangunan dan sebuah gunung.

5Justine Lane

aws-dist.brta.in

Justine Lane membuat sebuah mahakarya cantik dari hasil teknik refleksi dalam fotografi. Hasil jepretannya menjadi semakin hidup dengan adanya kesan pemantulan objek dari air menggenang di lokasi tersebut.

Nuansa gelap yang diterangi oleh cahaya matahari juga menjadikan foto tersbeut semakin terlihat hidup.