Sebagian besar orang pasti memiliki impian untuk dapat berumur panjang dengan kesehatan prima. Walaupun kita juga harus menyadari bahwa kematian merupakan hal yang pasti dialami oleh seluruh yang bernyawa. Tetapi perihal umur masih dapat diusahakan.

Menurut sebagian ahli, upaya yang bisa kita lakukan untuk memiliki umur panjang bergantung pada pola hidup, pola berpikir dan keselamatan jiwa. Penjelasan lebih detailnya bisa kamu baca pada 5 tips rahasia memiliki umur yang panjang berikut ini.

1Aktif Bergerak dan Berolahraga

google.com

Sebuah lembaga penelitian di Amerika Serikat menemukan sebuah fakta, bahwa orang-orang berumur panjang memiliki tujuan dan mental untuk selalu aktif. Selain pikiran yang harus selalu aktif, mereka juga senantiasa menjaga kebugaran fisik.

Coba saja kamu lihat orang-orang yang rutin berolahraga dari muda hingga tua. Seperti para sesepuh di perguruan bela diri misalnya. Dalam usia yang tidak muda lagi, mereka masih memiliki tubuh yang bugar dan terjaga dari segala macam penyakit.

2Selalu Berpikir Positif

idntimes.com

Disadur dari hasil sebuah penelitian di Universitas Harvard, ditemukan bahwa orang-orang yang menyimpan rasa kecewa, gagal dan segala pikiran negatif cenderung lebih rentan terserang berbagai macam penyakit dan memiliki usia pendek.

Berbeda halnya dengan mereka yang selalu berpikir positif dan optimis, cenderung memiliki tubuh yang sehat dan lebih panjang usianya.

3Sering Tidur Siang

bellebeirut.com

Orang yang memiliki kebiasaan menyempatkan diri untuk tidur siang, dalam sebuah penelitan yang mengambil sampel sebanyak 24 ribu orang, ditemukan memiliki kadar hormon stress yang rendah. Tidur siang berperan penting dalam menekan ancaman serangan jantung.

4Memiliki Banyak Sahabat

saveamericascinemas.org

Menurut penelitian yang dilakukan di Australia, orang-orang jompo yang senang bergaul dan memiliki banyak teman, dapat hidup 10 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang jompo yang hidup sendirian atau hanya memiliki sedikit teman.

Dengan memiliki banyak teman, banyak hal yang bisa dibicarakan sehingga membuat pikiran lebih positif dan menghadapi kehidupan dengan optimis.

5Berpikir Muda, Terutama untuk Mengambil Keputusan

yeajordan.com

Menurut Mark Goldstone, M.D. dari University of California, bahwa kunci berpikir muda dengan mengetahui dan menerima segala hal, baik yang dapat dikuasai dan dikendalikan maupun yang tidak dapat dikuasai.

Menghargai kehidupan kita saat ini dan tidak merisaukannya akan berpengaruh pada kehidupan di masa depan. Bersikap santailah dan pandailah dalam memilih prioritas apa saja yang memang perlu untuk dipikirkan.