Semua ayat yang ada dalam Al Qur’an itu memiliki keutamaan, memiliki rahasia dan manfaatnya. Karena semua yang ada di Al Qur’an adalah sebaik-baik kebaikan yang Allah beri untuk hambaNya.

Namun ada satu ayat dalam Al Qur’an yang memang memiliki keutamaan lebih, karenanya ayat ini sering dianjurkan untuk dibaca dan mengiringi berbagai aktivitas umat Muslim.

Ayat tersebut adalah ayat 255 di surat Al Baqarah, yang biasa disebut dengan Ayat Kursi.

Mengapa Ayat Kursi memiliki sebuah rahasia besar dan keutamaan serta manfaat yang lebih?

Yang pertama, Ayat Kursi disunnahkan oleh Allah untuk dibaca setiap setelah selesai shalat wajib, pada saat dzikir pagi dan petang, serta sebelum tidur.

Seperti sebuah kisah yang diceritakan oleh Abu Hurairah ra. kepada Rasulullah SAW tentang setan yang menemuinya saat si Setan sedang mencuri zakat,

Biarkan aku mengajarimu beberapa kalimat yang Allah memberimu manfaat dengannya. Jika engkau berangkat tidur, bacalah ayat kursi. Dengan demikian akan selalu ada penjaga dari Allah untukmu dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.

Mendengar cerita tersebut, Rasulullah SAW menjawab, “Sungguh ia telah jujur, padahal ia banyak berdusta.” (HR Al-Bukhari No. 2187).

Yang kedua, adanya penegasan tentang kalimat tauhid serta arti Al-Hayyu dan Al-Qayyum yang menunjukkan seluruh nama Allah SWT.

Al-Hayyu artinya adalah Yang Hidup dan Al-Qayyum berarti bahwa Semua MembutuhkanNya. Menurut sebagian besar ulama, dua nama ini adalah nama yang paling agung dari Allah SWT.

Yang ketiga, tak ada satupun kekurangan dari Allah SWT, karena ilmu Allah sangat sempurna. Sehingga seorang hamba hanya boleh menghamba kepadaNya, dan haram kepada selainNya.

Yang keempat, dalam Ayat Kursi disebut kata “kursi” dimana maksudnya adalah singgasana Allah, yaitu Arsy. Menunjukkan bahwa Allah Maha Agung dan tak ada pembandingnya.

Luar biasa bukan? Sungguh ilmu Allah itu Maha Luas dan tak terhingga. Jangan lupa share ya!