Sesuatu yang paling berhak dihafal adalah Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah Firman Allah, pedoman hidup umat Islam, sumber dari segala sumber hukum, dan bacaan yang paling sering dulang-ulang oleh manusia.

Oleh Karenanya, seorang penuntut ilmu hendaknya meletakan hafalan Al Qur’an sebagai prioritas utamanya.

Berkata Imam Nawawi : “Hal Pertama ( yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu ) adalah menghafal Al Quran, karena dia adalah ilmu yang terpenting, bahkan para ulama salaf tidak akan mengajarkan hadits dan fiqh kecuali bagi siapa yang telah hafal Al Quran. Kalau sudah hafal Al Quran jangan sekali- kali menyibukan diri dengan hadits dan fikih atau materi lainnya, karena akan menyebabkan hilangnya sebagian atau bahkan seluruh hafalan Al Quran.“

1Tidak Buru-buru, Tidak Menunda-nunda

www.muslimahcorner.com

Jika kamu sudah menentukan durasi untuk menghafal Al-Quran, misalnya dari jam 6 pagi sampai jam 7 pagi, maka hafalkan saja sesuai waktu yang sudah kamu tentukan. Berapapun hasilnya. Jangan buru-buru pindah ke ayat, jika ayat pertama belum benar-benar kamu hafal.

Nikmati saja saat-saat ini. Saat dimana kamu bercengkrama dengan Allah. satu jam lho. Masak untuk urusan duniawi delapan jam betah, hehe. Inget, satu huruf melahirkan sepuluh pahala bukan?

2Menghafal Bukan Untuk Khatam, Tetapi Untuk Setia Bersama Al-Quran

www.flickr.com

Yap. Berarti yang harus kamu perbaiki adalah tentang niat. Karena menghafal Al-Quran bukan semata-mata hanya untuk mengkhatamkannya saja. Melainkan untuk selalu dekat dan membersamai Al-Quran.

3Menghafal Sesuap-sesuap

www.rri.co.id

Nikmatnya makan tentu perlahan atau satu sendok satu sendok. Tidak serta merta dijejalkan semua makanan kedalam mulut. Benarkan? Begitu juga tentang menghafal Al-Quran, perlahan satu ayat demi satu ayat.

Tidak terburu-buru agar nikmatnya bersama Al-Quran semakin terasa dalam kehidupan.

4Senang Dirindukan Ayat

alquranmutif.wordpress.com

Ayat-ayat yang sudah kamu baca berulang-ulang namun belum juga nyantol di memory, sebenarnya ayat itu sedang rindu denganmu. Maka katakanlah pada ayat tersebut “I miss you too…” hehe.

Coba kamu baca arti dan tafsirnya. Bisa jadi ayat itu adalah ‘jawaban’ dari ‘pertanyaan’mu. Jangan terburu-buru dan bersenang hatilah karena menjadi orang yang dirindukan ayat.

Kalau sudah membaca tips dan trik menghafal Al-Quran, lalu apalagi yang kamu tunggu? Ayo segera hafalkan!

SHARE