Hai, kamu yang suka atau hobi masak, yang hobi membuat sajian, yang hobi lama-lama di dapur tentu kamu tidak asing dengan namanya garam. Ya, garam merupakan bumbu wajib di setiap masakan kita.

Tiap hari kita tidak bisa lepas dengan namanya garam. Tapi jangan salah sangka lho, ternyata garam gunanya tidak hanya untuk makanan tapi juga bermacam-macam.

Mau tahu apa aja fungsi garam? Yuk disimak tulisan di bawah ini.

1Mandi

pabersinaga.wordpress.com

Garam juga bisa buat mandi lho, kamu yang ingin mencoba tentu tidak asing kan dengan namanya air asin, seperti air laut. Masukkan secangkir garam di bak mandi kamu lalu harumkan dengan pewangi kesukaanmu.

Merendamkan tubuh ke dalam air garam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalisir rasa pegal pada otot dan sendi.

2Solusi Masalah Kulit

begitu.com

Bagi kamu yang punya masalah dengan kulit, kulit kering, kulit berminyak atau berjerawat, kamu bisa gunakan garam sebagai obatnya. Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat.

Lalu, masukkan tiga sendok makan madu murni. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

3Pemutih Gigi

rumahtips.com

Kamu yang punya masalah dengan gigi, yang sudah mencoba pasta gigi berulang kali. Kamu harus tahu garam juga bisa memutihkan gigi lho, kandungannya jika dicampur dengan baking soda membantu memutihkan gigi.

Garam juga mengandung fluoride yang baik untuk gigi dan gusi. Tidak perlu repot-repot ganti pasta gigi. Kamu coba aja dengan garam di rumah secara rutin.

4Pembersih Noda

selada.net

Jika kamu punya masalah dengan namanya noda di cangkir atau gelas, bekas teh, kopi atau yang lain, kamu bisa menggunakan garam untuk membersihkannya.

Caranya , gosokkan garam dapur menggunakan kain atau spon sampai noda menghilang. Lalu biarkan beberapa saat dan bilas dengan air.

5Mengawetkan Bunga

pernikdunia.com

Garam ternyata juga bisa mengawetkan bunga, biar rumahmu tetap segar dan tidak sering ganti bunga dikanvas.

Caranya, pertama-tama buat larutan garam di dalam vas bunga. Lalu potong bagian batang dan celupkan.Senyawa garam mampu menjaga kesegaran bunga lebih tahan lama. Yakin tidak mau mencoba?

6Menghilangkan Bau

nationgunsblogstore.wordpress.com

Garam juga bisa menghilangkan bau, entah itu bau di kaos kaki, bau di ketiak atau bau ruangan. Jika kamu punya masalah bau di ketiak tentu garam ini menjadi solusi yang tepat, murah dan mudah.

Caranya buat cairan garam dan oleskan ke ketiak kamu secara rutin.

Atau juga jika kamu yang rajin ber olahraga, jika sepatu kamu bau maka garam juga bisa menghilangkan bau tersebut, caranya taburi saja sepatu kamu secara rutin, bau lama-lama akan pergi.

7Obat Kumur

tokopedia.com

Nah, bagi kamu yang suka berkumur, garam ini adalah solusi yang tepat. Selain garam merupakan bahan alami, berkumur dengan garam tidak ada zat kimianya.

Tambahkan sedikit pepermint di cairan garam, jika ingin merasakan rasa segar. Kumur dengan garam dapat membunuh bakteri di dalam mulutmu.

Kalau ada yang bersifat alami dan baik kenapa harus pakai obat kumur yang lain? Coba dech pakai garam saja.

8Perawatan Luka

recipes9.com

Garam juga sangat baik untuk perawatan luka. Garam yang bersifat anti bakteri akan membersihkan kuman bakteri di dalam luka dan juga membantu proses penyembuhan.

9Pengilap Rotan

bdsrattan.com

Jika kamu mempunyai furnitur dari rotan, maka jangan khawatir ketika rotan tersebut mulai berubah warna. Semprot dan gosok rotan tersebut dengan cairan garam, maka dijamin rotan kamu akan terlihat selalu klincong seperti baru.

Banyak bukan? Walau sebenarnya masih banyak lagi. Garam bisa dibilang serbaguna. Yup, mari gunakan garam tidak hanya untuk memasak tapi juga untuk yang lain. Hidup sehat hidup alami.

 

SHARE