Bisnis start up saat ini mulai banyak dilirik oleh para anak muda di Indonesia. Lalu apa bedanya start up dengan merintis bisnis biasa? Pada start up, model yang dikembangkan tergolong bisnis baru dan perkembangannya relatif sangat cepat. Hanya butuh hitungan bulan.

Umumnya, bisnis start up memunculkan inovasi-inovasi baru yang belum ada sebelumnya. Sehingga pasar untuk produk belum ada, namun peluangnya begitu besar. Dalam hal ini, membangun bisnis start up sangat membuthkan tim yang solid sejak dari awal didirikan.

Namun, dalam membangun tim yang solid membutuhkan energi yang cukup banyak dan metode yang harus terbukti efektif diterapkan. Lalu apa saja yang penting untuk dilakukan dalam membangun tim yang solid. Berikut ini ulasan singkatnya.

5Semua Anggota Tim Setuju dengan Visi Misi Perusahaan

teropongbisnis.com

Keberadaan tim yang solid sangat mutlak bagi bisnis start up. Berbeda dengan bisnis pemula yang mungkin hanya cukup dihandle oleh satu orang saja. Sehingga seorang CEO bisnis start up harus bisa dan mampu menjelaskan visi dan misi perusahaannya kepada anggota tim.

Selain itu, CEO juga harus mampu meyakinkan seluruh anggota tim untuk mendukung visi dan misi perusahaan melalui strategi dan langkah kerja mereka dalam membangun bisnis start up mulai dari nol hingga mencapai target yang telah ditentukan.

4Positive Role Model

it.avatar-nusantara.com

Tidak hanya bisnis start up saja yang membutuhkan hal ini, bisnis besar pun memerlukannya.

Jika pemimpin perusahaan mampu memberikan contoh yang baik bagi setiap anggota tim, maka mereka pun akan memberikan kinerja yang tidak kalah jauh dari apa yang telah dilakukan pemimpinnya.

3Menumbuhkan Sikap Saling Menghormati

teropongbisnis.com

Tugas penting seorang CEO bisnis start up yaitu membangun budaya saling menghormati antar anggota tim sekaligus membangun keakraban. Berbeda dengan bisnis besar yang seringkali penghormatan dilakukan karena jabatan.

Pada bisnis start up, sikap saling menghormati harus ditumbuhkan dari kesadaran masing-masing anggota tim. Jika budaya saling menghormati dan keakraban tidak dibangun dari awal, sulit untuk bisa membangun kerja tim yang solid.

2Out Of The Box, Gain New Ideas

valeriepecresse.net

Membangun suasana tim yang kreatif menjadi pekerjaan lanjutan bagi seorang CEO bisnis start up. Seluruh anggota tim harus secara aktif memunculkan ide-ide baru dan mungkin cukup “gila”. Selain itu, mereka juga dituntut untuk serba bisa melakukan berbagai hal dalam kegiatan bisnis.

Tugas seorang CEO, dia harus bisa menampung ide-ide dari anggota dan memilah ide mana yang terbaik untuk perusahaan. Selain itu, dia juga harus menyampaikan penolakan atas ide yang tidak sesuai dengan cara yang baik agar tidak menyinggung perasaannya dan mematahkan semangat tim.

1Upgrade Your Team

klikmerdeka.com

Tim yang solid tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika kemampuan yang dimiliki setiap anggota tim stagnan itu-itu saja. Karena tantangan perusahaan semakin hari semakin meningkat. Dan mereka pun dituntut untuk saling melengkapi saat bekerja.

Karena itu, peningkatan keterampilan kerja, baik dengan pelatihan atau sarana lainnya mutlak dilakukan secara berkala agar setiap anggota merasakan bahwa dirinya juga mendapatkan pelayanan untuk meningkatkan kualitas dirinya dari perusahaan.