Pada tahun 2008, rute kereta api Rhaetian di lanskap Albula dan Bernia masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Rute kereta api ini menyatukan dua jalur kereta api yang sangat bersejarah.

Rute yang dibuat melewati Pegunungan Alpen Swiss melalui dua lintasan. Awal dibuka pada tahun 1904 dengan panjang dari lintasan Albula di bagian utara dan barat mencapai 67 km. Ada 42 terowongan serta 144 viaduk dan jembatan.

Sedangkan lintasan Bernina memiliki panjang hingga 61 km dengan 13 terowongan dan 52 viaduk serta jembatan.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Seperi yang dikatakan dalam Situs Warisan Dunia, bahwa Rhaetian Railway di lanskap Albula dan Benina merupakan prestasi teknik arsitektur dan sipil yang selaras dengan pemandangan yang mereka lintasi.

Berikut ini adalah informasi yang lebih detail dari lintasan-lintasan kereta api di Rhaetian ini.

1Albula Railway

architecturendesign.net

Ini merupakan jalur kereta api tunggal uang berada di Kanton Graubünden, Swiss. Lintasan yang mengubungkan antara Thusis di Hinterrhein dan reso spa St. Mortz di Engadine ini mulai dibangun pada tahun 1898.

Lintasan kereta api Albula ini mulai diresmikan dan dibuka pada tanggal 1 Juli 1903 dengan 55 jembatan serta 39 terowongan yang panjangnya mencapai 61.67 km. Ini merupakan salah satu lintasan kereta api yang menakjubkan di seluruh dunia.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Lintasan Albula yang memiliki terowongan dengan panjang hingga 5.866 meter ini melewati bagian bawah DAS. Dengan tujuan antara Rhine dan Danube beberapa kilometer di barat Albula Pass.

Terowongan ini merupakan terowongan Alpen tertinggi kedua yang berada di Swiss.

2Bernina Railway

architecturendesign.net

Bernina Railway merupakan lintasan kereta api dengan rel tunggal yang membentuk bagian Rhaetian Railway. Lintasan Bernina mengubungkan antara resor spa St. Moris yang berada di Kanton, Swiss dengan kota Tirano di Provinsi Sondorio, Italia.

Dalam perjalanan mereka menggunakan lintasan itu akan melewati Bernina Pass yang mencapai ketinggian hingga 2.253 meter di atas permukaan laut. Lintasan Bernina merupakan lintasan kereta api tertinggi yang berada di Eropa.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Lintasan Bernina juga masuk dalam peringkat sebagai lintasan kereta api adhesi tertinggi di Eropa karena lintasan Bernina dinobatkan sebagai salah satu rel kereta api tercuram di dunia.

Ujung dari kedua kereta api Albula dan Bernina Railway adalah St. Moritz. Dua lintasan kereta api yang didukung oleh sistem elektrifikasi yang berbeda ini dipertemukan di stasiun yang sama dengan baris operasi dari plaform yang terpisah.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Jika kamu menaiki kereta dengan lintasan Bernina ini, maka setelah kamu meninggalkan Stasiun St. Moriz, akan melintasi Sungai Inn. Setelah itu akan dibawa masuk untuk melewati terowongan Charnadura dengan panjang 689 meter.

Terowongan Charnadura ini merupakan terowongan terpanjang di seluruh rute perjalanan. Kemudian kamu akan berhenti di stasiun Morteratsch, lalu melewati Montebello Curve yang sangat populer di dunia.

3Glacier Express / Bernina Express

architecturendesign.net

Kereta ekspres ini di tahun 1930 mulai beroprasi untuk mengubungkan stasiun kereta api dari dua resort pegunungan utama St. Moritz dan Zermatt di Swiss.

Dalam perjalanannya, kereta api yang dikenal sebagai Situs Warisan Dunia itu disebut juga Rhaetian Railway di Albula atau Benina Landscapes. Meski namanya menggunakan kata “ekspres”, tetapi kereta ini tidaklah secepat yang kalian bayangkan.

Jika kalian tahu, kereta ini merupakan kereta ekpres paling lambat di seluruh dunia lho. Perjalanan kereta Glacier Express merupakan perjalanan yang berlangsung selama 7,5 jam melalui 291 jembatan.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Selain itu, kereta ini pun melewati 91 terowongan dengan melintasi Oberalp Pass di titik tertingginya yakni 2.033 meter. Bernina Express akan menghubungkan Chur di Swiss dengan Pschiavo dan juga Tirano, Italia.

Kalian akan dibawa melintasi Pegunungan Alpen Swiss. Perjalanan menggunakan Bernina Express akan membawa kalian melewati 196 jembatan serta 55 terowongan dan melalui Bernina Pass pada titik tertinggi yaitu 2.253 meter selama empat jam lamanya.