Raja memiliki arti pemimpin atau penguasa dalam suatu kerajaan. Arti lainya yaitu orang yang berkepentingan atau memegang jabatan paling tinggi dalam sebuah kelompok atau kategori.

Contohnya dalam permainan kartu. Raja merupakan pemeran dalam suatu permainan kartu yang berada di atas ratu. Memiliki nilai 10 dalam beberapa permainan.

Bisa juga dilihat dalam permainan catur. Raja merupakan pemeran pemimpin atau yang utama dalam permainan ini. Apabila termakan oleh pemain lawan, maka secara otomatis seluruh permainan berakhir dan kamu menjadi pihak yang kalah.

Lain lagi dengan yang namanya raja jalanan. Ungkapan ini diberikan kepada para pengguna jalan yang notabene mendominasi jalanan.

Biasanya mereka memiliki tabiat kurang peka kepada pengguna jalan lainnya dan seenaknya sendiri dalam menggunakan fasilitas jalan umum.

Berikut ini beberapa pengguna jalan yang disebut dengan raja jalanan di Indonesia.

1Pengendara Sepeda Motor

hipwee.ocm

Setiap negara memiliki raja jalanannya masing-masing. Di Belanda misalnya, para pengguna sepeda menjadi rajanya di sana. Di Paris , Perancis lain lagi, para pejalan kaki lah yang berhak menjadi raja jalanannya.

Sedangkan di Indonesia, para pengendara sepeda motor menjadi raja jalanannya. Hal ini dapat kamu lihat dari fenomena para pengendara sepeda motor khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

Perilaku berkendara sambil menelepon atau berkirim pesan melalui ponsel. Melawan arah tanpa ada rasa bersalah.

Mengambil hak pejalan kaki dengan melintasi trotoar. Dan perilaku buruk lainnya menjadikan para pengendara sepeda motor pantas disebut dengan raja jalanannya Indonesia.

2Ibu-ibu

catatanyuliana.wordpress.com

Menghadapi sosok ibu-ibu di jalanan memang harus bersikap sabar dan lebih waspada. Khususnya bagi kamu yang berjalan dekat dengan ibu-ibu yang menggunakan sepeda motor jenis matic.

Ada beberapa perilaku yang akan sering kamu temui bila suatu hari kebetulan berjalan dengan mereka.

Lampu sein menunjukkan arah hendak belok ke kanan, namun ketika sudah dekat, justru belok ke kiri. Sering juga ibu-ibu ini berjalan dengan pelan, di tengah jalan. Sebaiknya kamu mengalah saja. Karena kamu akan kelabakan sendiri jika mencoba mendahuluinya.

3Sopir Truk dan Bus

nusantarride.com

Jika kamu mencoba menaiki truk atau bus pada posisi kemudi, pasti akan melihat kendaraan lainnya berada di bawahmu. Kendaraan lain seolah terlihat tak berdaya bila dibandingkan dengan truk dan bus.

Karena itulah, seringkali para sopir truk dan bus menjadi sosok raja jalanan yang mengerikan. Apalagi jika mereka menggunakan kecepatan tinggi saat mengendarainya. Seolah-olah kendaraan lain harus mengalah atau terancam mengalami kecelekaan berat.

Belum lagi munculnya mitos, bila di jalan sopir bus bertemu dengan sopir truk maka akan terjadi persaingan ketat mana yang lebih dahulu sampai di tujuan. Akhirnya mereka saling kebut-kebutan dan mengharuskan kendaraan lain memilih untuk mengalah.

4Tukang Becak

yogafotografi.wordpress.com

Pengguna jalan terakhir yang masuk kategori raja jalanan di Indonesia adalah abang tukang becak. Bagi kamu yang penasaran, perlu tahu sebuah istilah lawas yang hingga kini masih berlaku. Hanya abang tukang becak dan Tuhan yang tahu kemana arah beloknya.

Ungkapan ini memang benar hingga kini. Coba ingat kembali becak yang ada di kota tempat tinggalmu. Adakah lampu seinnya? Tentu tidak ada.

Jadi, kalau dia hendak berbelok dan kamu berada di belakangnya, mana bisa kamu tahu?

Kecuali abang tukang becaknya memberi tanda dengan lambaian tangannya. Dan itupun suka dilakukannya dengan mendadak.

Jadi untuk kamu yang berkendara dan berada di belakang abang tukang becak. Bersabar dan mengalah hingga dapat mendahuluinya dengan hati-hati adalah langkah paling tepat.