www.ngonoo.com

6 Inspirasi Rak Buku yang Membuatmu Semakin Mencintai Buku

Posted on

Bagi sebagian orang buku adalah cinta yang tiada gantinya. Meskipun sudah menamatkan kata demi kata kemudian halaman demi halaman, namun memiliki buku seolah menjadi bagian dari hidup.

Bahkan ada anggaran tersendiri dari penghasilan setiap bulan khusus membeli buku. Alhasil buku-buku tersebut menggunung dan membutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya dengan aman.

Zaman dahulu rak buku hanya sederhana. Berbentuk persegi panjang dengan berbagai penyekat seperti di perpustakaan pada umumnya. Bentuk rak seperti ini selain kurang indah juga memakan tempat.

Bagi kamu yang memiliki luas rumah terbatas, jangan khawatir. Berikut ini terdapat 6 inspirasi bentuk rak buku unik yang akan membuatmu semakin mencintai buku.

Rak Buku Berbentuk Pohon

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Rak buku ini dapat kamu kreasikan sendiri dengan kayu. Selain menghemat ruangan di dalam kamar yang sempit, rak buku berbentuk pohon ini juga dapat memperindah interior kamar.

Rak berbentuk pohon sangat cocok bagi kamu mahasiswa dan pelajar yang kost jauh dari rumah. Kamu juga dapat mewarnai kayu yang akan dibuat rak agar semakin menarik.

Jika kamu kekurangan ruang untuk menyimpan buku-buku baru, kamu tak perlu membongkar rak ini. Tambahkan kayu untuk memperlebar rak buku.

Rak Buku Kursi

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Trend rumah minimalis dengan luas tanah terbatas, memerlukan furnitur yang multifungsi. Rak buku kursi ini salah satu contohnya. Kamu dapat mendesain bentuk kursi yang diinginkan kemudian dikomunikasikan dengan tukang kayu.

Sepertinya sangat nyaman jika kamu duduk di rak buku ini sekaligus membaca buku yang kamu sukai. Tapi jangan dipakai buat tidur ya kursinya. Jangan sampai kena iler apalagi ompol.

Rak Buku Sarang Lebah.

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Rak model ini sangat cocok untuk menyimpan koleksi buku keluarga kecil yang mencintai buku. Model rak ini hampir sama dengan rak buku berbentuk pohon, namun dalam versi lebih besar.

Selain iu bentuk persegi yang dimiringkan dan menyilang membuat tak ada ruangan yang mubadzir. Kamu juga tak perlu menambahkan penyekat. Kamu hanya perlu mengelompokan jenis buku pada kotakan yang berbeda.

Rak Buku Tangga

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Ruangan di sekitar tangga biasanya tidak termanfaatkan. Kamu dapat menempatkan beberapa kayu untuk kemudian menjadi rak buku.

Jika rumahmu hanya terdiri dari satu lantai dan tidak terdapat tangga, kamu dapat mendesain rak buku seperti tangga. Desain rak buku tangga memudahkanmu saat mencari koleksi buku yang berada di atas.

Rak Buku Berbentuk Lingkaran

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Rak buku bentuk ini memang unik. Kamu bisa membaca buku sembari tiduran santai di rak buku.

Namun harus benar-benar jeli dalam menata buku. Tempatkan buku yang memang jarang di baca di bagian paling atas. Jika kamu mengambil buku di bagian atas, kamu harus menggunakan tangga untuk mengambilnya.

Hati-hati dengan anak kecil hiperaktif. Jika terdorong dengan kuat, mungkin rak ini akan menggelining seperti roda.

Rak Buku Transparan

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Sekilas kamu melihat, buku itu terbang dan tidak menyandar pada rak. Namun sebenarnya rak buku itu langsung menempel pada tembok.

Kelebihan dari rak buku ini adalah kamu dapat menempatkan dengan mudah di manapun sisi ruangan. Namun rak buku ini tidak bisa jika diberi beban buku yang teralu banyak. Bisa jadi rak buku ini akan roboh jika terlalu berat beban buku di atasnya.

Hal yang terpenting dari buku adalah bukan seberapa banyak kamu memiliki buku. Namun, seberapa dalam ilmu yang kamu miliki dari buku tersebut untuk kemudian menebarkan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitarmu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *