Yup, nama sianida akhir-akhir ini begitu tenar ya guys, dengan adanya kasus pembunuhan dengan sianida, kata sianida mulai begitu dikenal banyak orang. Sampai –sampai jadi bahan bully, meme dan sebagainya.

Kita sebagai pemuda tentu kita kan punya pemikiran lain dunk, kalau sianida itu racun atau segala macamnya, kalau buat kita beda lho, hehe.

Sianida artinya siap nikah muda, kamu siap gak kira-kira? Atau jangan-jangan sudah bayangin yang tidak-tidak sama si dia? Eits! jangan dibayangin sambil ngelamun aja, yuuk mari kita bahas bersama tentang nikah muda?

1Sulit Tapi Bukan Mustahil

febiec.wordpress.com

Rasanya kalau ngomong nikah bagi pemuda emang rada berat bin sulit, apalagi bagi pemuda yang masih kuliah, duit minta ortu, biaya hidup masih terlunta-lunta, gimana ngurusin anak orang kalau ingin nikah muda?

Jadi kalau kamu benar-benar niat nikah muda, kamu persiapkan sekarang juga, minta persetujuan ortu dari sekarang,  buat target deadline kalau perlu, cari peluang penghasilan dan tentunya segera datang ke calon mertua kamu.

Tapi seberat apapun tetap saja ada jalan keluar dan solusi kok, walau kamu belum banyak berpenghasilan, insyaALLAH kalau kamu serius, ALLAH akan berikan jalan kok, percayalah dan banyak berdoa sama ALLAH.

2Nikah Hanya Soal Sah, Bukan Wah

muslimminang.wordpress.com

Yang terpenting bagi kamu jika ingin nikah muda pahami dulu urgensi nikah, pentingnya nikah dan nikah itu apa sich.

Jika kamu sudah paham tentu kamu akan mengerti bahwa nikah bukan mencari “wah”,  melakukan pesta besar-besaran, mahar yang mahal, makanan yang enak dll.

Nikah itu hanya soal “sah”, sangat sederhana dan tidak ada kewajiban untuk mencari “wah”, karena “wah” itu cuma budaya yang justru menjadi boomerang di jaman sekarang. Emang sich kadang “wah” itu perlu, tapi kalau gak bisa sampai tua gimana?

So, yakin kamu mau kena senjata boomerang itu juga? Kalau kena sakit tau!

3Nikah Adalah Ibadah, Bukan Budaya!

wedlite.com

Satu lagi yang terpenting dalam mengerti soal pernikahan adalah nikah adalah ibadah, ibadah yang di sunnah kan dan dicontohkan baginda Rasulullah. Tujuan utama nikah pun adalah menyempurnakan separuh agama, jadi ibadah paling utama.

Jika kamu anggap nikah adalah budaya yang kadang dilakukan karena terpaksa atau kebiasaan untuk mencari pelampiasan nafsu, mending kamu kubur mimpi kamu nikah muda, mending kamu nikah tua umur 40 tahun saja, titik!

4Pandangan Keluarga

sleeplessinkl.com

Satu hal yang perlu kamu catat bagi perempuan yang ingin nikah muda, jika ada laki-laki bertamu berniat melamar kamu, pasti yang pertama ditanya orang tua adalah soal pekerjaan, itu pasti !

Sangat jarang sekali orang tua yang tanya begini, laki-laki itu sholat subuh nya jamaah tidak? Sholat tahajudnya berapa kali dalam seminggu? Atau hafalan alquran nya berapa jus? Rasanya hampir tidak ada guys. Itu belum saudara yang lainnya lho!

Jadi jangan dianggap menghadapi keluarga akan mudah begitu saja, makanya persiapkan 1-2 bulan sebelum melamar anak orang kamu punya penghasilan, walau cuma sedikit, itu mampu mengatasi semacam pertanyaan kayak gitu lho, insyaALLAH bisa !

5Iman dan Mental Baja

kompasiana.com

Yup, nikah muda perlu iman yang kuat dan sehat, serta mental sekuat baja, karena mau tidak mau, tahu atau tidak tahu, kamu akan jadi bahan pembicaraan lho, gosip renyah serenyah kripik ketela atau banyak timbul prasangka yang aneh-aneh.

Banyak mungkin orang yang berprasangka begini,  mungkin kamu hamil duluan, kamu dianggap anak berpikiran aneh atau anak gak berbakti pada orang tua dan lain sebagainya.

Sedikit atau banyak kamu lama-lama kamu akan mengetahuinya, mendengarnya bahkan yang paling menyakitkan adalah yang berprasangka itu adalah orang terdekat kita. Jadi iman dan mental baja harus kamu punya.

Memang seberat itu nikah muda tapi  jangan salah ya, nikah muda termasuk prestasi keren lho, gak percaya? Buktikan sendiri rasanya ! Sianida!

 

SHARE